14 Rekomendasi Film India Sedih yang Dijamin Menguras Air Mata

film india sedih

Tak hanya identik dengan tariannya, film India juga terkenal memiliki alur cerita yang menarik untuk diikuti. Apalagi ketika mengangkat kisah sedih—dijamin akan sukses membuat hatimu tersobek-sobek. Jika kamu memiliki waktu luang dan sedang mencari daftar tontonan, ini 14 film India sedih yang dapat menguras air mata.

Taare Zameen Par (2007)

film india sedih
Foto: www.imdb.com

Ishaan Awasthi (Darsheel Safary) adalah seorang siswa yang tidak bisa mengikut kegiatan di sekolahnya dengan baik. Pasalnya ia masih kesulitan untuk membaca dan menulis. Karena kedua orang tuanya tidak sanggup untuk mendidiknya, akhirnya Ishaan dikirim ke sekolah asrama.

Setibanya di sana, Ishaan tidak betah dan merasa depresi serta cemas. Ia pun terus-menerus mencoba untuk bunuh diri dan memanjat pagar. Namun, kondisi ini berubah ketika Ishaan bertemu dengan seorang guru seni baru yang bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan).

Devdas (2002)

Foto: www.imdb.com

Dibintangi oleh aktor kenamaan India, Shah Rukh Khan, Devdas diangkat dari sebuah novel karya Sharat Chandra Chatopadhyay dengan judul serupa. Film ini menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Devdas (Shah Rukh Khan) yang harus berpisah dengan kekasihnya, Paro (Aishwarya Rai Bachchan).

Sebabnya, kisah percintaan ini terhalang oleh kasta sosial dan ditentang oleh orang tua Devdas yang merupakan keluarga terpandang. Akibat kejadian ini, hidup Devdas menjadi hancur dan kecanduan alkohol.

My Name Is Khan (2010)

film india sedih
Foto: www.imdb.com

Film India sedih ini menceritakan tentang Rizwan (Shah Rukh Khan), seorang anak laki-laki berkebutuhan khusus. Meski mengidap autisme, Rizwan memiliki keahlian untuk memperbaiki barang-barang. Sejak sang ibu meninggal, akhirnya Rizwan tinggal di Amerika bersama saudara laki-lakinya yang bernama Zakir (Jimmy Shergill).

Aashiqui 2 (2013)

Foto: www.imdb.com

Rahul Jaykar (Aditya Roy) merupakan penyanyi terkenal yang gemar mengonsumsi alkohol. Suatu ketika ia bertemu dengan seorang wanita bernama Arohi (Shraddha Kapoor) yang sedang bernyanyi. Karena tertarik dengan suara Arohi, Rahul pun menghampiri dan menawarkannya untuk menjadi penyanyi terkenal.

Setelah berhasil melakukan rekaman, Arohi pun menjadi penyanyi terkenal dan berhasil mendapatkan nominasi penyanyi India terbaik. Di tengah kesuksesan yang dialami Arohi, Rahul malah mengalami kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan.

Kal Ho Na Ho (2003)

Foto: www.imdb.com

Film Bollywood yang sukses di tahun 2003 ini mengisahkan teentang seorang gadis bernama Naina (Preity Zinta) yang jatuh cinta terhadap Aman (Shah Rukh Khan), tetangganya yang menderita sakit parah.

Karena sadar akan kondisinya dan tidak ingin Naina merasa sedih, Aman pun menjodohkan gadis itu dengan sahabatnya, Rohit Patel (Saif Ail Khan). Aman juga berbohong dan mengatakan pada Naina bahwa ia telah menikah dengan Priya (Sonali Bendre), yang sebenarnya adalah dokter dari Aman.

Fanaa (2006)

Foto: www.imdb.com

Film yang menguras air mata ini menceritakan tentang Zooni Ali (Kajol) yang tidak bisa melihat. Ia tengah melakukan perjalanan bersama para sahabatnya dan bertemu dengan seorang laki-laki bernama Rehan Khan (Aamir Khan).

Meski telah diingatkan oleh para sahabatnya, namun Zooni tetap jatuh cinta dan menghabiskan malam bersama Rehan. Akhirnya, Zooni pun melakukan serangkaian operasi agar dirinya bisa kembali melihat. Namun sayang, setelah itu Rehan justru menghilang dan ditemukan telah terbunuh dalam serangan bom.

Stanley Ka Dabba (2011)

film india sedih
Foto: www.imdb.com

Film India sedih ini mengangkat kisah seorang anak kecil bernama Stanley (Partho A. Gupte) yang berasal dari keluarga sederhana. Peraturan di sekolahnya mengatakan bahwa setiap murid diwajibkan untuk membawa bekal jika ingin masuk sekolah.

Karena hal tersebut, setiap hari Stanley hanya membawa kotak makan kosong. Ia juga selalu pergi ke toilet setiap jam istirahat agar tidak diketahui teman-temannya. Namun pada akhirnya, teman-teman Stanley pun mengetahuinya dan memberikan sedikit bekalnya kepada Stanley agar ia bisa sekolah.

Ghajini (2008)

film india sedih
Foto: www.imdb.com

Setelah berusaha untuk menyelamatkan kekasihnya, Kalpana (Asin Ttomtukal), Sanjay (Aamir Khan) justru kehilangan ingatannya. Karena hanya mampu mengingat selama 15 menit, ia pun terus menulis segala sesuatu dengan membuat tato di tubuhnya.

Dengan berbekal tato yang dibuatnya, Sanjay pun berusaha untuk menggali semua infomasi yang telah terjadi. Ia juga berniat untuk membalas dendam terhadap Ghajini (Pradeep Rawat) yang berusaha membunuh kekasihnya.

Bajrangi Bhaijaan (2015)

Foto: www.imdb.com

Bajrangi (Salman Khan) tiba-tiba menemukan seorang gadis kecil (Harshaali Malhotra) yang diduga terpisah dengan orang tuanya. Sayangnya, gadis tersebut tidak ingin berbicara dengannya, bahkan dengan semua orang.

Akhirnya Bajrangi memberi nama Munni untuknya, dan berusaha mengantarkan kembali ke keluarganya. Berbagai macam cara pun ia lakukan untuk mengantar Munni pulang ke Pakistan, hingga akhirnya ia harus dipenjara karena dianggap sebagai mata-mata India.

Veer Zaara (2004)

Foto: www.imdb.com

Disutradarai oleh Yash Chopra, film ini menceritakan tentang kisah cinta seorang pilot bernama Veer (Shah Rukh Khan) dengan seorang gadis Pakistan bernama Zaara (Preity Zinta). Sayangnya Zaara telah memiliki tunangan dan akan segera menikah.

Sang tunangan pun memfitnah Veer yang datang ke Pakistan untuk membawa Zaara kembali ke India. Ia pun dipenjara. Setelah sekian lama, datang lah seorang pengacara muda bernama Saamiya (Rani Mukherjee) yang ingin membela Veer. Namun Veer tidak ingin berbicara sama sekali karena tak ingin menyakiti harga diri Zaara.

October (2018)

film india sedih
Foto: www.imdb.com

Dan (Varun Dhawan) merupakan seorang pria yang sedang bekerja di salah satu hotel di Delhi. Sesungguhnya, Dan tidak menyukai pekerjaannya dan sangat ceroboh. Di sisi lain, ia memiliki seorang rekan kerja bernama Shiuli Iyer (Banita Sandhu) yang sangat mahir dalam pekerjaannya.

Suatu ketika, Shiuli dan rekan lainnya berada di atas teras. Karena Dan tidak ikut berkumpul, Shiuli pun mencarinya dan tidak sengaja tergelincir hingga mengalami koma. Setelah itu pun Dan merasa menyesal dan terus merawat Shiuli.

Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Foto: www.imdb.com

Rahul (Shah Rukh Khan) telah diadopsi oleh Yash (Amitabh Bachan) yang merupakan keluarga miliarder. Setelah menyelesaikan pendidikannya di luar negeri, Rahul kembali ke India dan jatuh cinta pada Anjali Sharma (Kajol).

Sayangnya, kisah cinta keduanya terhalang karena Anjali berasal dari keluarga miskin. Yash pun mengancam Rahul dan terus mengingatkan atas statusnya di keluarga ini. Karena sakit hati, Rahul akhirnya pergi meninggalkan rumah.

Padmaavat (2018)

film india sedih
Foto: www.imdb.com

Padmaavat merupakan kisah tentang kesetiaan seorang Ratu Rajput yang bernama Rani Padmavati (Deepika Padukone) terhadap suaminya, Maharawal Ratan Singh (Shahid Kapoor). Terkenal sangat cantik dan pintar, Sultan Alauddin (Ranveer Singh) pun berniat untuk merebutnya.

Berbagai cara pun dilakukan oleh Sultan Alauddin demi mendapatkan Padmavati. Hingga akhirnya ia berhasil menahan Ratan Singh dan meminta Padmavati datang untuk membebaskan suaminya. Film India sedih ini sempat ditentang keras karena dinilai menyinggung dan tidak sesuai sejarah hidup Dewi Rani Padmavati.

Dil Bechara (2020)

film india sedih
Foto: www.imdb.com

Dil Bechara diadaptasi dari film The Fault in Our Stars yang tayang 2014 silam. Kizie Basu (Sanjana Sanghi) telah menderita kanker tiroid yang telah memengaruhi paru-parunya, sehingga ia harus selalu membawa tabung oksigen. Suatu hari, Kizie bertemu dengan Manny (Sushant Singh Rajput) dan keduanya pun mulai saling jatuh cinta.

Film ini menjadi karya terakhir dari Sushant Singh Rajput sebelum ia memutuskan untuk bunuh diri pada tahun lalu.