13 Rekomendasi Cerita Novel Terbaik Sepanjang Masa

Foto: Istimewa

Bagi beberapa orang, menghabiskan waktu untuk membaca buku merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Terlebih lagi saat ini telah banyak cerita novel yang seru dan menarik untuk diikuti.

Jika kamu berniat untuk menambah koleksi buku, berikut 13 rekomendasi cerita novel terbaik sepanjang masa yang wajib untuk dibaca.

To Kill a Mockingbird | Harper Lee

Foto: www.goodreads.com

Atticus Finch adalah seorang pengacara yang hidup di antara diskriminasi, ketidakadilan, dan kebencian. Meski begitu, Finch tetap meminta anak-anaknya agar tidak tersinggung dan marah kepada orang-orang.

Lingkungan sekitar Finch tinggal menganggapnya sebagai nigger-lover dan membencinya.

Sebab pria ini membela Tom, seorang kulit hitam yang dituduh memperkosa seorang perempuan kulit putih, yang pada kenyataannya Tom tidak melakukan hal tersebut.

Finch pun berupaya untuk menegakkan keadilan supaya Tom bisa bebas dan terlepas dari tuduhan tersebut.

1984 | George Orwell

Foto: www.goodreads.com

Cerita novel ini mengisahkan tentang dunia yang terbagi menjadi tiga poros, yakni Oceania, Eurasia, dan Eastasia. Winston, pria ini berusaha untuk menjadi warga negara yang baik dengan mematuhi setiap aturan partai.

Ia tidak berani untuk melakukan perlawanan, sebab selama ini pemerintah terus membuat warga tidak memiliki privasi. Bahkan sejarah pun ditulis ulang sesuai dengan kehendak partai, ini membuat negara memiliki kuasa penuh atas rakyatnya. 

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone | J.K. Rowling

Foto: www.goodreads.com

Di ulang tahunnya yang ke-11, Harry Potter baru mengetahui bahwa ia adalah keturunan penyihir yang kuat.

Ini semua berkat kehadiran Hagrid yang juga memberitahu bahwa kedua orang tua Harry meninggal karena melawan penyihir jahat bernama Lord Voldemort.

Setelah mengetahui hal tersebut, Harry pun dibawa oleh Hagrid untuk bersekolah di Hogwarts, sekolah khusus penyihir.

Setelah memasuki sekolah sihir ini, Harry pun mulai mengetahui sedikit demi sedikit masa lalu kedua orang tuanya, terutama ketika masih menjadi siswa Hogwarts.

The Great Gatsby | F. Scott Fitzgerald

Foto: www.goodreads.com

Jay Gatsby adalah orang kaya baru yang tinggal di Long Island dan sering mengadakan pesta di rumahnya serta mengundang orang-orang untuk hadir.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengetahui wajah dan sikap Gatsby karena ia merupakan sosok yang misterius dan tertutup.

Tak ketinggalan, Nick Carraway, yang merupakan tetangga baru di sebelah rumah Gatsby pun ikut menghadiri pesta tersebut.

Baca Juga :  11 Rekomendasi Novel Tentang Godaan Sang Pelakor

Gatsby dengan sengaja mengundang Nick karena ia telah mengetahui bahwa pria ini adalah sepupu dari wanita yang sangat dicintainya, Daisy.

Gatsby pun melakukan segala cara dan meminta bantuan kepada Nick untuk mempertemukannya dengan Daisy.

The Diary of a Young Girl | Anne Frank

Foto: www.amazon.com

Cerita novel ini berkisah tentang buku harian Anne Frank yang diberi nama Kitty yang mengisahkan seluruh perjuangan gadis ini selama hidupnya. Di tahun 1942, Anne dan keluarganya harus bersembunyi di loteng dan terputus dari dunia luar.

Mereka mengalami kelaparan dan tekanan tiada henti. Selama berada dalam persembunyiannya, Anne pun terus menulis segala hal yang ia alami.

The Hobbit | J.R.R. Tolkien

Foto: www.goodreads.com

13 kurcaci mendatangi rumah Bilbo karena mengira bahwa ia adalah seorang pencuri berpengalaman.

Dengan terpaksa, Bilbo pun bergabung ke dalam sebuah petualangan panjang untuk mencari Smaug, naga jahat yang telah merampas harta Kurcaci di zaman dahulu.

Dalam perjalanannya, mereka sempat mengalami banyak rintangan. Mulai dari harus menghadapi pasukan goblin, hingga menemukan cincin emas yang membuatnya tidak terlihat orang lain ketika menggunakannya.

The Little Prince | Antoine de Saint

Foto: www.goodreads.com

Seorang pilot baru saja mengalami musibah karena pesawatnya tiba-tiba mogok di Gurun Sahara. Ia pun memutuskan untuk memperbaikinya sendiri, karena mengingat tidak ada satu orang pun yang berada di sana.

Namun ketika pagi hari, ia terkejut setelah mendapati adanya seorang anak kecil yang memintanya untuk menggambarkan seekor domba.

Sang pilot pun sangat terheran mendengar hal tersebut, dan setelah beberapa kali anak laki-laki itu memintanya untuk menggambar, barulah pilot mengabulkan permintaan yang unik tersebut.

The Grapes of Wrath | John Steinbeck

Foto: www.amazon.co.uk

Pada tahun 1930-an, kekeringan telah melanda wilayah American Great Plains dan menyebabkan jutaan hektar tanah berubah menjadi area tandus.

Ribuan keluarga telah kehilangan ladangnya, sehingga mereka memutuskan untuk pindah ke wilayah barat demi mendapatkan kehidupan baru yang lebih layak.

Keluarga Joad pun ikut pindah ke California dan bekerja sebagai pemetik buah. Namun sayangnya, keluarga ini mendapatkan perlakuan yang tidak adil, baik dari masyarakat California maupun polisi lokal.

Brave New World | Aldous Huxley

Foto: www.goodreads.com

Cerita novel ini fokus pada kehidupan dunia baru yang terjadi pada beberapa abad di masa depan. Dunia di mana pemerintahannya telah menelusuri akar ketidakbahagiaan manusia, yang ternyata bermuara pada keluarga, seni, dan Tuhan.

Di masa ini, pembuatan dan pengembangan manusia dilakukan di laboratorium yang pada akhirnya dipisahkan dalam tiga kasta. Dari semua manusia yang ada, terdapat satu orang yang tidak berperilaku seperti orang-orang dunia baru.

Bernard Max lebih senang untuk menyendiri dan tidak memiliki kebiasaan mengonsumsi sebuah obat yang biasa digunakan masyarakat dunia baru agar terhindar dari stres.

Baca Juga :  Ini 11 Rekomendasi Novel Singkat Yang Bisa Dibaca Habis Dalam Sekali Duduk

Gone with the Wind | Margaret Mitchell

Foto: www.goodreads.com

Novel dengan cerita terbaik ini mengisahkan tentang Scarlett O’Hara yang mencintai seorang pria bernama Ashley Wilkes. Naasnya, cinta gadis ini tidak terbalas sehingga ia akhirnya menikah dengan Charles yang tidak berumur panjang.

Setelah menjadi janda, perempuan ini pun akhirnya fokus untuk melakukan berbagai cara licik dan mengambil keuntungan dari para pria yang dekat dengannya. Termasuk memanfaatkan Rhett Butler, seorang pria yang sejak awal tertarik padanya.

Hampir seluruh orang di sekitarnya menganggap bahwa Rhett adalah pasangan yang cocok, karena sama-sama memiliki sifat yang keras seperti Scarlett.

Charlotte’s Web | E.B. White

Foto: www.amazon.com

Sejak pindah ke peternakan Zuckerman, Wilbur bertemu dengan banyak hewan, terutama seekor laba-laba bernama Charlotte.

Suatu hari babi ini mendengar kabar bahwa ia akan disembelih di malam Natal, Wilbur pun akhirnya mengadu pada Charlotte.

Akhirnya Charlotte pun berusaha untuk membantu Wilbur hingga Zuckerman memutuskan untuk membawa babi itu dan mengikutkannya lomba. Laba-laba ini pun menemani sahabatnya meski sebenarnya ia merasa tidak enak badan.

Mengejutkannya, ketika Wilbur berhasil memenangkan kompetisi, Charlotte sudah sangat lemas dan mati. Agar tidak meninggalkan Wilbur sendirian, laba-laba ini menitipkan sebuah wadah kecil yang berisi ribuan telurnya.

A Wrinkle in Time | Madeleine L’Engle

Foto: www.bookdepository.com

Selama ini, Meg Murry dan adiknya yang bernama Charles Wallace, hidup tanpa seorang ayah yang merupakan seorang ilmuwan dan telah menghilang tanpa kabar selama bertahun-tahun.

Hingga akhirnya, mereka pun bertekad untuk mencari sang ayah.

Dibantu oleh temannya yang bernama Calvin O’Keefe, mereka bertiga pun mendapatkan arahan dari tiga wanita misterius, Mrs. Whatsit, Mrs. Who, dan Mrs. Which untuk menemukan sang ayah.

Anak-anak ini pun menempuh perjalanan dan bertemu dengan banyak rintangan untuk menuju sebuah planet tempat di mana ayah mereka berada.

The Giving Tree | Shel Silverstein

Foto: www.amazon.co.uk

Cerita novel ini memiliki pesan yang sangat mendalam karena mengisahkan tentang sebatang pohon yang bersahabat dengan seorang anak laki-laki. Sejak kecil, anak laki-laki ini selalu bermain bersama hingga membuat mereka saling menyayangi.

Beranjak dewasa, sang pohon sering kali merasa kesepian karena anak laki-laki ini tidak mau bermain bersamanya. Namun ia akan datang kepada sang pohon ketika sedang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan.