Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang

celana kain
Foto: Istimewa

Dari banyaknya pakaian yang ada di lemari, mungkin kamu akan lebih sering memilih bawahan berbahan jeans karena mudah dan nyaman untuk dikenakan. Namun ketika cuaca makin panas, celana jeans sepertinya kurang nyaman. Solusinya? Celana kain.

Bingung celana kain apa saja yang wajib dimiliki? Berikut 7 jenis celana kain yang harus kamu punya.

Jenis-Jenis Celana Kain

celana kain
Foto: www.rawpixel.com

Berikut jenis-jenis celana yang bisa dengan mudah kamu temukan:

Celana baggy

Bawahan jenis ini merupakan pakaian terbaik untuk dikenakan ketika musim panas. Sebab, celana kain yang longgar ini akan membuatmu merasa nyaman saat harus bergaya santai maupun formal.

Tak hanya itu, model celana yang sempat populer di tahun 80-an ini juga mudah untuk digunakan saat bergaya. Karena kamu memadukannya untuk outfit apa pun.

celana kain
ZARA – Baggy Cargo Trousers
celana kain 2 | | Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang
Neumor – Baggy Long Pant

Celana chino

Biasanya, bawahan yang terbuat dari katun atau twill ini akan identik dengan gaya yang formal. Akan tetapi saat ini kamu bisa mengenakan celana chino dengan kesan yang kasual.

Dengan bahannya yang ringan dan fleksibel, kamu pun akan terkesan lebih modern. Kamu bisa memadukannya dengan knitwear atau basic t-shirt.

Love Bonito Lennox Peg Leg Chino Pants | | Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang
Love, Bonito – Lennox Peg Leg Chino Pants
celana kain
Marks & Spencer – Cotton Rich Tapered Chinos

Celana kulot

Celana dengan potongan A-line ini biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman. Selain itu, celana kulot ini juga dirancang dengan kualitas yang baik dan ringan.

Di samping itu, kulot juga menjadi bawahan yang digemari oleh banyak orang karena mudah untuk digunakan dalam berbagai keperluan, baik itu kasual maupun formal. Jangan lupa aturan pakai kulit: salah satu item lain, entah itu atasan atau sepatu, sebaiknya memiliki warna yang sama dengan kulot yang kamu pakai.

Mango Culottes Suit Trousers | | Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang
Mango – Culottes Suit Trousers
Mango Linen Blend Culotte Trousers | | Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang
Mango – Linen-Blend Culotte Trousers

Legging

Meski tidak semua celana kain dapat meregang, namun terdapat bahan katun yang dikombinasikan dengan spandek, Sehingga menghasilkan legging yang menjadi favorit kebanyakan orang.

Biasanya celana ini memiliki desain yang akan menempel pada kulit sehingga bisa membentuk postur tubuh.

Umumnya celana ini digunakan untuk berolahraga atau ketika ingin tampil dengan gaya santai. Namun, coba padukan dengan oversize knitwear atau blazer, dan tada… kamu seperti model profesional.

OFF WHITE High Waisted Leggings in Black | | Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang
OFF-WHITE – High-Waisted Leggings in Black
celana kain
Lorna Jane – Booty Phone Pocket Ankle Biter Leggings

Cropped pants

Cropped pants atau yang dulu dikenal dengan sebutan celana capri, menjadi salah satu pakaian yang sangat simpel untuk digunakan. Namun, pastinya kamu tidak akan ketinggalan bergaya ketika menggunakan bawahan yang memiliki panjang di atas mata kaki.

Salah satu padanan celana crop sederhana tapi efeknya maut adalah memadukannya dengan kemeja putih dan dipadukan dengan rompi rajutan.

celana kain
French Connection – Crolenda PU Tapered Suit Trousers
celana kain
iROO – Basic Straight Cut Pants

Celana jogger

Terbuat dari katun sweat-pants, menjadikan celana kain ini sangat nyaman untuk digunakan. Meski awalnya kebanyakan orang menggunakannya saat berolahraga, namun bawahan yang satu ini juga sangat cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Ssst… bisa dipakai ke kantor juga lho, cukup mengombinasikannya dengan high heels atau statement blouse kebanggaanmu.

celana kain
True Religion – Belted Pant
London Rag Celana Jogger Dua Warna Pasir Hijau | | Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang
London Rag – Celana Jogger Dua Warna Pasir Hijau

Tailored trousers

Biasanya celana ini menjadi pilihan terbaik untuk digunakan ketika bekerja. Dibuat dengan bahan yang ringan dan berpotongan longgar, maka kulitmu pun akan lebih mudah bernapas karena celana kain ini tidak terlalu ketat.

Celana kain ini bisa dipakai dengan apa saja, mulai dari kaus putih polos hingga chunky trainers untuk tampilan yang lebih trendi.

celana kain
H&M – Tailored Trousers
Mango Cotton Pleated Trousers | | Bosan dengan Jeans? Ini 7 Celana Kain yang Wajib Kamu Miliki Sekarang
Mango – Cotton Pleated Trousers

Kelebihan dari Celana Kain

celana kain
Foto: www.freepik.com

Berikut beberapa kelebihan dari menggunakan celana berbahan kain:

Ringan

Dibandingkan dengan jeans yang sering kali menjadi favorit dari kebanyakan orang, bawahan berbahan kain memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Untuk itu, celana kain sangat nyaman ketika digunakan sehari-hari.

Tahan lama

Meski ringan, namun bawahan yang dibuat dari bahan kain ini menjadi salah satu pakaian yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Apalagi jika kamu memilih bahan yang berkualitas.

Dirancang dengan breathable

Bawahan ini memang sengaja dibuat dengan teknologi breathable, sehingga memiliki bahan yang lembut dan halus, Selain itu, celana kain juga sangat cocok untuk dikenakan saat musim panas, serta mampu menyerap keringat.

Mudah ditemukan

Celana jenis ini memang mudah untuk dimiliki karena dapat ditemukan di toko pakaian atau situs belanja online. Pastinya dengan menawarkan berbagai model dan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan selera.

Tidak kehilangan bentuknya

Biasanya celana jeans yang telah lama dan sering digunakan, lama kelamaan akan berubah baik itu dari warna atau bentuknya. Menariknya hal ini sangat berbeda dengan celana kain. Sebab, bawahan ini tidak akan kehilangan bentuknya seiring dengan berjalannya waktu.

Larangan dan Anjuran Mengenakan Celana Kain

celana kain
Foto: www.canva.com

Berikut beberapa anjuran dan larangan ketika menggunakan bawahan kain:

Anjuran

  • Kenakan celana kain selama musim panas, karena bawahan ini akan membuatmu merasa nyaman dan menyerap keringat yang berlebihan.
  • Pilih celana dengan bahan yang ringan dan cepat mengering.

Larangan

  • Jangan kenakan celana katun yang tidak memiliki kualitas baik, karena bawahan ini tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.
  • Pastikan kamu tidak mengenakannya ketika musim dingin, karena celana ini tidak akan memberikan kehangatan pada tubuh.

Tips Merawat Celana Kain

celana kain
Foto: www.freepik.com

Untuk membuat bawahan berbahan kain agar tetap awet, kamu perlu memperhatikan perawatannya.

Cuci dengan tangan

Disarankan untuk tidak mencuci celana katun dengan mesin cuci. Hal ini bertujuan untuk menghindari bawahan ini terkena gesekan atau beban dari pakaian lain. Sebab, nantinya pakaian akan mengubah bentuk dari celana.

Namun jika kamu berniat untuk membersihkan noda dengan menggunakan mesin cuci, maka pisahkan terlebih dahulu celana katun dengan jenis celana lain.

Bersihkan celana dengan perlahan

Menyikat celana berbahan katun ternyata dapat merusak pola serat dari pakaian. Untuk itu, kamu perlu membersihkan noda dengan menyikat pakaian secara perlahan dan halus.

Balik celana ketika dicuci

Sebaiknya, kamu membalik celana ketika akan dicuci. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna dari celana kain agar tetap seperti semula.

Proses pengeringan

Setelah berhasil mencuci celana kain, maka kamu bisa menjemurnya di bawah matahari dengan posisi bagian luar berada di dalam. Sebab, sinar matahari dapat mengakibatkan pakaian mudah memudar.

error: Konten dilindungi !!