Ingin Sepatu Putih Terlihat Seperti Baru? Ini Tips Membersihkannya

cara membersihkan sepatu putih
Foto: www.freepik.com

Sepatu putih memang masih menjadi barang yang populer hingga saat ini. Ketika sedang mengenakan setelan jas, gaun, jeans atau pakaian santai, alas kaki yang satu ini menjadi salah satu item paling serbaguna. Meski begitu, perlu diingat bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk sepatu putih yang harus terkena noda. Lantas bagaimana cara membersihkan sepatu putih?

Untungnya, banyak cara untuk membersihkan sepatu dengan warna yang suci ini, dan kamu bisa melakukannya dengan mudah. Namun perlu diingat bahwa setiap jenis sepatu maka akan berbeda cara membersihkannya. Praktikkan tips ini agar sepatu putihmu mirip sepatu baru.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit Putih

cara membersihkan sepatu putih
Foto: www.pexels.com

Kulit merupakan salah satu bahan yang lebih mudah untuk dibersihkan karena tidak mudah menyerap air. Berikut cara membersihkan sepatu kulit berwarna putih secara menyeluruh:

1. Siapkan bahan

Untuk membersihkan sepatu kulit, kamu memerlukan handuk kertas, sabun batang, kain katun, dan magic eraser atau spons khusus untuk membersihkan noda.

2. Bersihkan bagian permukaan

Kemudian, basahi handuk kertas dan lap bagian luar sepatu dengan lembut. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran besar yang tersangkut di beberapa bagian sepatu. Setelah itu, biarkan sepatu mengering selama 10 menit.

3. Membersihkan bagian sol

Basahi spons khusus dan peras, lalu lap dengan gerakan ke atas dan ke bawah sol sepatu hingga noda tersebut hilang.

4. Gosok dengan sabun

Langkah terakhir, basahi kain katun dengan sabun batangan, lalu gosokkan secara lembut ke bagian atas sepatu hingga semua nodanya menghilang. Setelah itu bersihkan sisa sabun serta residunya dengan kain lembap, dan biarkan sepatu mengering selama 10 menit.

Agar terlihat serasi dengan sepatu putih, jangan lupa untuk membersihkan bagian tali sepatu. Cara membersihkannya cukup mudah, yakni dengan merendam tali sepatu ke dalam air hangat yang telah diberi sabun. Lalu biarkan selama 10 menit dan kamu bisa menggosoknya hingga bersih.

Cara Membersihkan Sepatu Kanvas Putih

Foto: www.unsplash.com

Mungkin, kanvas menjadi salah satu bahan yang sangat sulit untuk dibersihkan. Namun ternyata hal ini cukup sederhana untuk dilakukan, karena kamu bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan mudah di dapur.

1. Menyiapkan bahan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah pergi ke dapur dan mencari soda kue serta cuka putih.

2. Mencampurkan bahan

Setelah kedua bahan tersebut siap, maka kini saatnya mencampur satu sendok makan soda kue dengan dua sendok makan cuka putih. Lalu campurkan satu cangkir air hangat dan aduk hingga menyerupai pasta.

3. Bersihkan dengan lembut

Celupkan kain atau sikat gigi yang tidak terpakai ke dalam pasta, kemudian gosokkan secara perlahan hingga seluruh noda dan kotoran terangkat. Lalu bersihkan sisa pasta dan biarkan sepatu mengering dengan sendirinya.

4. Gunakan air hangat

Namun jika kamu tidak memiliki soda kue dan cuka, maka kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun lembut dan air hangat. Gosok secara perlahan hingga semua noda terangkat, lalu bilas hingga bersih dan biarkan mengering.  

Yang paling penting adalah jangan pernah mengeringkan sepatu dengan menggunakan alat pengering rambut. Karena hanya akan membuat sepatumu menjadi lebih cepat rusak.

Cara Membersihkan Sepatu Suede Putih

cara membersihkan sepatu putih
Foto: www.freepik.com

Suede merupakan kain yang lembut dan paling mudah terkena noda dan kotoran. Untuk itu, membersihkan sepatu dengan jenis bahan yang satu ini menjadi sedikit rumit dan menghabiskan waktu. Berikut cara membersihkan sepatu suede dengan lembut:

1. Mengumpulkan peralatan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan kain katun yang lembut, penghapus pensil, cuka putih, dan sikat khusus untuk bahan suede.

2. Bersihkan sepatu

Selanjutnya, kamu bisa mulai membersihkan dengan menepuk-nepuk sepatumu dengan kain lembut untuk membantu menghilangkan kelembapannya. Lalu, gosokkan penghapus pensil secara lembut ke area yang terkena noda.

3. Keringkan

Letakkan handuk kertas pada bagian noda yang basah, lalu tekan dengan perlahan. Pastikan kamu tidak menggosok kotoran dan noda tersebut, karena hal ini justru akan membuat noda menyebar ke seluruh sepatu.

4. Singkirkan noda yang tersisa

Setelah itu, celupkan kain lembut ke dalam cuka putih lalu gosok dengan perlahan pada bagian noda yang tersisa. Kemudian biarkan sepatu mengering dan gosok bagian luar sepatu dengan sikat suede. Hal ini akan membantumu mendapatkan kembali tekstur lembut dari beludru.

Cara Merawat Sepatu Putih

Foto: www.freepik.com

Selain membersihkannya secara rutin, kamu juga perlu merawat sepatu putih agar tahan lama dan tidak mudah berubah warna.

Simpan di dalam ruangan

Setelah dipakai seharian, biasakan untuk tidak menyimpan sepatu di luar rumah. Karena, paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan warna sehingga sepatu putih kesayanganmu menjadi pudar dan berubah kekuningan.

Jangan pernah membersihkan sepatu dengan mesin cuci

Ketika ingin mencuci sepatu namun malas untuk melakukannya, usahakan untuk tidak menaruh sepatu di mesin cuci. Karena memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci hanya akan menambah goresan di sepatumu.

Gunakan sepatu sesuai kebutuhan

Selain membersihkan, yang paling penting adalah kamu perlu memerhatikan kapan dan di mana akan mengenakan sepatu putih. Jika untuk menghadiri acara yang penting dan dalam keadaan cuaca yang cerah, maka gunakan sepatu putih. Namun jika sedang musim hujan dan muncul banyak genangan air, maka hindari menggunakan sepatu dengan warna yang bersih itu.

Rekomendasi Sepatu Putih

cara membersihkan sepatu putih
Winston Smith – Janet Heel Pump Shoes White
cara membersihkan sepatu putih
Veja – V-12 B-Mesh Sneakers
cara membersihkan sepatu putih
Birkenstock – Bend Low Smooth Leather Sneakers
ALDO – Astalewen Sneakers
cara membersihkan sepatu putih
ZARA – Mokasin Rata Rantai
Marsèll – Velvet Platform Sandals
ZARA – Sepatu Rata Tanpa Tumit Rajutan
cara membersihkan sepatu putih
Converse – Chuck Taylor All Star Canvas – Ox
Nike – Women’s Court Legacy Slip-ons