8 Destinasi Wisata Dalam Negeri Terbaik Untuk Tahun Baru 2022

wisata tahun baru 2022

Sudah siap untuk kembali berpetualang di tahun baru? Meski pandemi COVID-19 masih ada di sekitar kita, namun kamu tetap bisa mencoba wisata tahun baru 2022 dengan menaati peraturan serta selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Meski masih tidak dianjurkan untuk berpergian ke luar negeri, namun kamu tidak perlu khawatir karena terdapat tempat-tempat menakjubkan di dalam negeri. Dan pastinya bisa dikunjungi saat sedang solo traveling atau pergi berlibur dengan sahabat dan keluarga.

Palembang

Pagoda Sembilan Lantai, Pulau Kemaro
Foto: www.canva.com/Pagoda Sembilan Lantai, Pulau Kemaro

Apa yang kamu ingat saat mendengar kata ‘Palembang’? Yup, Jembatan Ampera yang menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi saat kamu berada di kota asal pempek ini.

Tak hanya itu, kamu juga bisa singgah ke Pulau Kemaro, Pagoda sembilan lantai, Klenteng Hok Tjing Rio, hingga mencicipi kuliner khas yang menggugah selera.

Mulai dari pempek yang terbuat dari daging ikan, sampai mie celor yang yang diisi dengan mie telur yang ditambah tauge, telur, kucai, dan daging udang. Uh-uh, membayangkannya saja sudah membuatmu meneteskan air liur.  

Yogyakarta

Taman Sari, Yogyakarta
Foto: www.canva.com/Taman Sari, Yogyakarta

Beristirahat sejenak di kota Yogyakarta, kamu bisa mengunjungi Hutan Mangrove Kulom Progo. Selain dijadikan sebagai tempat konservasi alam, tempat ini juga menjadi destinasi wisata yang wajib kamu singgahi.

Jika ingin mempelajari sejarah dan kebudayaan, melipirlah ke Taman Sari yang memiliki tiga kolam pemandian yang digunakan oleh para raja.

Selain itu, jangan lupakan Pantai Kukup, Kaliadem, Bukit Kali Kuning, Museum Ullen Sentali, Taman Pelangi, hingga Upside Down World. Pastinya berjalan-jalan mengitari Malioboro di malam hari juga menjadi aktivitas yang tidak boleh terlewatkan.     

Medan

Danau Toba, Medan
Foto: www.canva.com/Danau Toba, Medan

Pusat pemerintahan provinsi Sumatera Utara ini merupakan daerah dataran rendah yang menjadi tempat pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Babura dan Sungai Deli. Untukmu yang beru pertama kali berkungjung ke Medan, sangat disarankan untuk menjelajahi Istana Maimun, dan Tjong A Fie Mansion.

Tak ketinggalan, kunjungi juga Merdeka Walk, Gedung London Sumatra, Masjid Raya Al-mashun, Vihara Gunung Timur, serta Kuil Shri Mariamman.

Akan terasa kurang jika singgah ke Medan tanpa mencicipi kuliner khas ibu kota Sumatera Utara ini, mulai dari soto Medan, bolu, hingga durian yang menggugah selera.

Surabaya

Jembatan Suramadu, Surabaya
Foto: www.canva.com/Jembatan Suramadu, Surabaya

Ketika kamu berniat untuk mengunjungi Kota Pahlawan, terdapat daftar desinasi wisata tahun baru 2022 yang tidak boleh terlewatkan. Mulai dari Kampung Arab, Kelenteng Sanggar Agung, Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Patung Suro dan Boyo, Food Junction Grand Pakuwon, dan Kebun Binatang Surabaya Hotel Majapahit.

Jika berkunjung dengan keluarga, maka cobalah untuk mampir ke Ekowisata Mangrove yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Selain menikmati pemandangan yang menyegarkan, tempat wisata ini juga bisa menjadi media edukasi untuk memperkenalkan alam pada anak-anak.

Baca Juga :  Senang Bergaya Kasual? Ini 11 Rekomendasi Sepatu Adidas Yang Paling Keren

Makassar

Masjid 99 Kubah, Makassar
Foto: www.canva.com/Masjid 99 Kubah, Makassar

Beralih ke Indonesia bagian timur, Makassar menawarkan berbagai destinasi wisata tahun baru 2022 yang wajib untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga tempat-tempat yang kekinian.

Dapatkan pemandangan alam yang menenangkan dengan mengunjungi Pantai Losari, Air Terjun Leang Paniki, Pantai Kanipang, serta Air Terjun Tamalula.

Tidak lupa, kamu juga wajib mampir ke Apparalang, Batu Lappa, dan Helena Sky Bridge Bantimurung yang dijamin akan membuatmu puas untuk berlibur.  

Bali

Pura Tanah Lot, Bali
Foto: www.freepik.com/Pura Tanah Lot, Bali

Tak hanya bagi turis mancanegara, Bali juga selalu menjadi top of mind bagi turis domestik. Baik saat berkunjung sendiri atau bersama keluarga, kamu bisa merasakan kekayaan budaya dan kultur Bali yang sangat kental.

Pulau Dewata yang eksotis ini juga selalu memberikan memori yang spesial, sehingga tak jarang kebanyakan orang selalu ingin kembali mengunjunginya. Mulai dari Pura Tanah Lot dengan latar belakang laut selatan, hingga kawasan Seminyak yang terkenal dengan kemewahannya.

Saat berkunjung bersama keluarga, jangan sampai lupa untuk mendatangi Bali Safari Marine Park yang setiap jenis satwanya akan berkeliaran bebas.

Flores

Labuan Bajo, Flores
Foto: www.canva.com/Labuan Bajo, Flores

Salah satu pulau dengan kekayaan alam yang luar biasa ini, menjadi tempat wisata tahun baru 2022 yang wajib dikunjungi. Jika biasanya kebanyakan orang akan mengunjungi Labuan Bajo, maka kamu bisa mengeksplorasinya lebih dalam, dengan datang ke Desa Wae Rebo yang terdiri dari beberapa rumah adat.

Kemudian, teruskan perjalananmu untuk mengunjungi air terjun Cunca Wulang yang berlokasi di Mbeiling. Uniknya, aliran air dari lokasi ini diapit oleh tebing yang menjulang tinggi.

Untukmu yang masih merasa kurang dengan pemandangan alamnya, jejakkan kaki di Taman Nasional Kelimutu yang memiliki tiga buah kawah dengan warna yang berbeda-beda.

Lombok

Gili Meno, Lombok
Foto: www.canva.com/Gili Meno, Lombok

Terkenal dengan memiliki banyak pulau kecil atau yang biasa disebut dengan gili, Lombok pun menjadi wisata tahun baru 2022 yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu kunjungi. Apalagi Gili Trawangan, salah satu ikon tempat wisata yang satu ini.

Tak hanya pasir putih dan alam bawah laut yang indah, gili ini juga dilengkapi dengan penginapan yang mewah.

Untukmu yang senang berpetualang, jangan lupa mencoba snorkeling. Dijamin, kamu akan berdecak kagum setelah melihat terumbu karang dan biota laut yang mempesona.