Ingin Tahu Apakah Hubungan Punya Masa Depan? Perbanyak Ritual Bareng

ritual hubungan
Foto: www.stocksy.com

Ada banyak cara mencari tahu apakah hubungan cintamu punya potensi mengarah yang ke sesuatu yang serius (menikah, misalnya), mulai dari mengamati karakternya, melihatnya memperlakukan pelayan restoran, hingga My List-nya di Netflix. Dan menurut sebuah studi baru, memperbanyak ritual hubungan (bukan berbau sihir) seperti liburan bareng dan menghadiri perayaan lainnya bisa membuat kamu dan dia saling mengenal lebih dalam.

Apa yang Dilakukan Penelitian ini?

Studi yang dilakukan oleh Universitas Illinois ini melibatkan 48 individual (24 pasangan). Mereka mewawancara dengan mendalam pasangan yang berusia sekitar 23 tahun dan telah menjalin hubungan cinta selama 2,5 tahun. Partisipan ini dipilih secara acak dari sebuah studi yang lebih besar yang menganalisa komitmen untuk menikah pada pasangan heteroseksual selama sembilan bulan.

Untuk penelitian ini, para peneliti melihat dampak ritual hubungan yang dimiliki pasangan. Uniknya, mereka menemukan komitmen untuk menikah bisa meningkat atau menurun, tergantung pada kemampuan interkasi pasangannya saat menghadiri sebuah ritual.

Ritual ini bisa berarti perayaan ulang tahun, undangan pernikahan, liburan bersama dan lain-lain.

Apa Dampak Ritual Hubungan terhadap Komitmen?

“Ritual sepertinya benar-benar memiliki sebuah peranan dalam menghentikan atau memperlambat individual, membuat mereka bisa melihat hubungannya dengan lebih baik. Ritual ini menolong mereka melihat, ‘seperti inilah kalau kami menjadi pasangan’; ‘seperti inilah jika kami menjadi sebuah keluarga,'” jelas Chris Maniotes, penulis utama studi ini.

Uh-uh, pasalnya, saat menghadiri berbagi ritual kamu bisa melihat tingkah laku pasangan, caranya berkomunikasi dan interaksi yang dilakukannya dengan orang lain, yang sulit dilihat dalam situasi normal. Dan saat menghadapi ritual (liburan bareng yang berantakan, misalnya), kamu bisa melihat bagaimana pasanganmu menghadapi konflik dan situasi sulit.

Ini artinya, ritual yang mungkin sekilas seperti tidak penting ini… sebenarnya super penting untuk membuatmu mengenal pasanganmu lebih dalam.

Ritual hubungan mungkin saja bukan faktor paling penting dalam menentukan apakah kamu dan dia bisa melangkah ke arah yang lebih serius. Akan tetapi, saat memiliki pengalaman dan melihat pasangan bersikap dalam situasi sosial yang berbeda, ini membuatmu bisa lebih tahu siapa dia yang sebenarnya.

Selanjutnya: Ini arti komitmen yang sebenarnya dalam sebuah hubungan cinta.

podcast button