Hindari Kesalahan Ini Saat Mendekorasi Ruang Tamu

dekorasi ruang tamu
Foto: www.gettyimages.com

Tidak bisa disangkal bahwa memang bahwa urusan mendekorasi bisa membuat kita merasa bingung, bahan jika hanya akan menghias satu ruangan di rumah. Hal termudah adalah mengewa jasa desainer interior, tapi ini terkadang mustahil terutama jika dana yang kamu miliki terbatas. Jika ini adalah kondisimu saat ini, padahal kamu super duper ingin mengubah dekorasi ruang tamu yang kondisinya sudah memprihatinkan, tipsnya di bawah ini. Ruang tamu impianmu itu bisa tercapai jika kamu menghindari lima kesalahan ini. Dan menerapkan beberapa hal untuk membuat ruangan tersebut nyaman.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Dekorasi Ruang Tamu

Foto: www.stocksy.com

Apa saja kesalahan-kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat menghias dan melakukan dekorasi ruang tamu? Coba perhatikan dan cacat informasi di bawah ini.

Salah Memilih Sofa

Foto: www.stocksy.com

Sebuah ruang tamu yang ciamik berawal dari sebuah sofa yang ciamik pula.Jika ruang tamu yang ada sekarang ini membuatmu kurang sreg, mungkin sofa adalah salah satu penyebabnya. Oleh karenanya berikan perhatian lebih pada saat memilih sofa. Perhatikan tingginya (dudukan yang terlalu rendah membuat seseorang sudah berdiri dan duduk) dan buat gambar rencana furnitur sebelum membeli sofa. Jadi, perhatikan faktor kenyamannya dan cocok dengan tema dekorasi rumah secara keseluruhan.

Oh, dalam hal membeli sofa, impulse buying sangat tidak disarankan karena kemungkinan besar hanya akan membuatmu menyesal. Dan ada baiknya membeli sofa berkualitas agar tahan lama dan tidak terlihat murahan. Plus, cobalah memilih sofa bergaya simpel, tanpa terlalu banyak ornamen dan detail karena lebih mudah dicocokkan dengan furnitur lain.

Membeli Karpet yang Terlalu Kecil

dekorasi ruang tamu
Foto: www.gettyimages.com

Salah satu pelaku yang membuat dekorasi ruang tamu terlihat salah adalah ukuran karpet yang tidak tepat. Jika kamu memilih untuk meletakkan karpet di ruang tamu, ada baiknya untuk memperhatikan ukuran yang tepat. Pada umumnya, ruang tamu memerlukan paling tidak karpet dengan ukuran 2 x 3 m atau 3 x 4 m. Ini artinya hindari karpet dengan ukuran di bawah 2 x 3 m. Harga karpet besar memang lebih mahal, tapi ini adalah salah satu aspek terpenting dari sebuah ruangan. Anggap saja ini sebuah investasi untuk membuat rumah tetap cantik selama bertahun-tahun.

Menyusun Ruang Tamu seperti Katalog

Foto: www.gettyimages.com

Gambar ruang tamu di katalog IKEA memang terlihat cantik, tapi belum tentu cocok untuk rumah dan kepribadianmu. Agar ruang tamu tidak terlalu seperti ‘kamu membeli semua barang dari IKEA’, cobalah untuk mengombinasikan elemen retro dan modern, kontempored dan tradisional agar ruangan terlihat lebih menarik.

Menggantung Hiasan Dinding dengan Kurang Tepat

dekorasi ruang tamu
Foto: www.unsplash.com

Salah menggantung hiasan di dinding sama seperti ketika sebuah tokoh jagoan memakai rambut palsu yang salah. Dengan kata lain, membuat mata sakit, dan berharap bisa menyingkirkan dan membuangnya. Aturan umum, hiasan dinding sebaiknya digantung pada level mata. Namun jika langit-langit rumah terlalu rendah atau tinggi, prinsip ini sulit diterapkan. Dalam hal ini, gantung hiasan dinding pada kuadran ketiga (hitungannya dari lantai).

Oh, dalam hal ini pemilihan hiasan dinding yang tepat juga sangat penting. Gantungan dinding atau lukisan dinding yang terlihat murahan akan merusak estetika ruangan. Alih-alih membeli produk massal, coba pesan sesuai dengan kepribadian. Ada banyak kok, servis seperti ini yang menyediakan lukisan keren dengan harga terjangkau.

Terlalu Banyak Pernak-Pernik

Foto: www.stocksy.com

Terlalu banyak aksesoris, tidak perlu semahal apapun harganya, bisa membunuh dekorasi ruang tamu. Batasi diri membeli pernak-pernik yang tidak perlu. Dan untuk pengaturannya, lakukan pengelompokkan, seperti meletakannya di atas meja, lemari atau rak agar terlihat rapi dan enak dipandang mata.

Lakukan Ini untuk Membuat Ruang Cantik dan Nyaman

Oleh karena kamu sudah tahu apa kesalahan yang sebaiknya dihindari saat mendekorasi ruang tamu, berikut lima hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruangan ini nyaman.

Tambahkan Bantal di Sofa atau Kursi

dekorasi ruang tamu
Foto: www.gettyimages.com

Bantal-bantal kecil adalah alas dari ruang tamu yang nyaman. Atur beberapa bantal di sofa dan kursi, dan tambahkan bantal lantai untuk membuat ruang semakin cantik.

Pilih Meja yang Tepat

Foto: www.gettyimages.com

Oleh karena ruang tamu ini akan menjadi lokasi anggota keluarga dan tamu bercengkrama dan nongkrong, keberadaan meja sangat penting. Meja ini akan menjadi alas makanan dan minuman, serta pernak-pernik agar terlihat rapi. Oh, meja ini juga memastikan remote TV tidak akan hilang. Kayu atau meja terbuat dari kaca adalah pilihan teraman.

Percantik dengan Tanaman Hias

Foto: www.unsplash.com

Ah, ini wajib hukumnya agar ruangan tamu terlihat lebih nyaman, asri dan segar. Ada banyak jenis tanaman hias di dalam rumah yang bisa kamu pilih, mulai dari yang membutuhkan perawatan ekstra hingga yang sulit mati bahkan ketika kamu lupa menyiramnya. Pastinya, masukkan tanaman hias ke dalam rumahmu.

Tambahkan Sistem Pencahayaan

Foto: www.unsplash.com

Pemilihan lampu yang tepat akan membuat ruang tamu semakin cantik dan nyaman. Jika memungkinkan, kombinasikan berbagai jenis lampu, mulai dari chandelier, pendant, lampu meja, lampu lantai bahkan lampu yang menempel di dinding. Lampu-lampu kecil bisa kamu arahkan ke gantungan dinding kebanggaanmu, sementara lampu tebal yang terletak di sudut meja bisa menciptakan ambiens nyaman ke sekitar ruangan.

Selanjutnya: Ini daftar tanaman hias indoor yang akan membuat rumahmu tambah cantik.

podcast button