Apakah Kamu Cocok Memiliki Rambut Pendek Sebahu? Ini Cara Mencari Tahu

rambut pendek sebahu
Foto: www.shutterstock.com

Seseorang yang sudah terbiasa dengan gaya rambut panjang bisa panik ketika memikirkan akan memotongnya menjadi rambut pendek sebahu, misalnya. Apalagi jika disarankan menggantinya menjadi pixie. Ow-ow. Namun, memotong rambut adalah salah satu cara tercepat untuk memberikan napas baru pada rambut yang tidak berubah sejak jaman iPhone 4.

Sebelum akhirnya memberanikan diri untuk melakukan revolusi penampilan, mungkin kamu penasaran akan seperti apa penampakanmu dengan rambut pendek sebahu. Yah, wajar sih, soalnya salah potong rambut adalah bencana siaga 3. Pastinya, setiap orang bisa terlihat ciamik dengan rambut pendek jika dilengkapi dengan rasa percaya diri dan potongan rambut yang tepat mengikuti wajah, tekstur dan kepribadian.

Ingin tahu apa yang harus kamu lakukan sebelum membabat dan memiliki rambut pendek sebahu? Ini beberapa langkah yang bisa kamu terapkan.

Langkah #1: Pertimbangan Bentuk Wajah

Jangan takut untuk memberi tahu kepada hair stylist bagian wajah mana yang paling kamu sukai. Jika mata adalah jawabannya, penata rambut mungkin akan menyarankan kamu untuk memiliki poni atau potongan lainnya yang menonjolkannya. Akan tetapi bentuk wajah bukan menjadi penentu utama, karena rambut pendek sebahu cocok untuk semua tipe bentuk wajah.

Langkah #2: Pertimbangkan Tipe Rambut dan Teksturnya

Tekstur rambut juga akan bisa membantumu membayangkan seperti apa penampakanmu saat memiliki rambut pendek sebahu. Meski begitu aturan seperti “rambut keriting tidak boleh terlalu pendek” atau “rambut tipis tidak boleh terlalu panjang” sudah menjadi sesuatu yang basi. Dengan kata lain, jika rambutmu keriting dan ingin dipotong pendek, silakan saja. Kuncinya adalah menemukan penata rambut yang memiliki kekuatan magis untuk membuat rambut keriting dengan model pendek.

Langkah #3: Pikirkan Gaya Hidupmu

Berbeda dengan anggapanmu selama ini, rambut pendek juga bisa sangat high-maintenance. Rambut panjang hanya perlu diuwel-uwel atau disanggul saat kamu tidak memiliki untuk berdandan, rambut pendek sebahu memiliki tantangan yang berbeda. Plus, rambut pendek biasanya membutuhkan trimming rutin (idealnya setiap empat hingga enam minggu) agar bentuknya tetap rapi.

Belum lagi jika kamu memiliki rambut pendek sebahu dengan poni. Ini akan membutuhkan touch up lebih sering, misalnya dua kali seminggu. Jadi, jika kamu tidak ingin menghabiskan waktu, tenaga dan uang untuk menjaga rambut lebih pendek, bob tanpa poni atau poni samping adalah pilihan yang tepat.

Langkah #4: Pertimbangkan Faktor Kepribadian

Tidak hanya makanan yang dikonsumsi, rambut juga bisa menjadi gambaran kepribadian kita. Dan tenang saja, rambut pendek sebahu cocok untuk semua orang. Jadi, jika ide memiliki rambut lebih pendek membuatmu girang dan bahagia, silakan dibabat. Setelah memotongnya, kamu hanya perlu menambahkan rasa percaya diri agar terlihat semakin memukau.

Langkah #5: Pilih Model Potongan Rambut Pendek Sebahu

Setelah mempertimbangkan dan memikirkan bentuk wajah, tipe rambut, gaya hidup dan kepribadian, bagian selanjutnya adalah memilih potongan rambut. Ada banyak model rambut pendek sebahu, sehingga kamu hanya perlu memilihnya. Bingung cara memilih model rambut yang mana yang sesuai denganmu? Berikut beberapa pilihan rambut pendek sebahu.

Lob

Panjang model rambut ini antara leher bagian tengah dan bahu. ini cocok untuk kamu yang ingin punya rambut panjang tapi tidak sabar menunggu hingga super panjang.

Shag

Rambut pendek dengan layer ini memberikan kesan gaya rocker dan pada saat yang bersamaan terkesan minimalis. Rambut ini memang diperuntukkan untuk orang yang ingin terlihat sedikit berantakan. Semakin sedikit diatur, semakin bagus.

Rambut dengan Poni

Jika kamu masih saja belum yakin untuk memiliki rambut pendek sebahu, cara tercepat dan termudah untuk memberikan sentuhan baru pada rambut panjangmu adalah dengan memberikan ponsi. Fringe cut berfungsi untuk membuat wajah terlihat lebih panjang, sementara blunt cut agar terkesan lebih modern. Dan poni samping untuk menambahkan volume. Coba diskusikan dengan hair stylist poni seperti apa yang kamu inginkan dan saran apa yang dia bisa berikan.

Selanjutnya: Bingung memutuskan model rambut yang cocok untuk badanmu yang petite? Coba cek contekannya di sini.