Begini Cara Merawat dan Menjaga Kecantikan Rambut Keriting

Foto: www.unsplash.com

Sudah menjadi rahasia umum: perempuan rambut lurus ingin rambut keriting, dan perempuan rambut keriting mendambakan rambut lurus. Hal yang bisa kamu lakukan untuk rambutmu—dan membuatmu tidak pusing—adalah memanfaatkan tekstur alaminya. Dan jika kamu dianugerahi rambut keriting, terkadang memang sulit mengaturnya karena… gampang banget kusut! Akan tetapi, ternyata ada cara untuk menjaga keriwilnya tetap sehat dan cantik sepanjang hari. Berikut ini adalah perawatan rambut keriting yang harus kamu lakukan.

Pilih Sampo yang Tepat

Langkah awal dalam perawatan rambut keriting agar terlihat sehat dan cantik adalah memilih produk yang tepat, dan itu dimulai dari sampo. Sebagai pemilik rambut keriting, kamu pasti tahu rambutmu cenderung cepat kering (ini akibat dari minyak yang diproduksi oleh kulit kepala tidak menjalar ke helai rambut dengan mudah). Jadi kamu membutuhkan produk yang menghidrasi, melembutkan dan melindungi serta pada saat yang bersamaan menjaga bentuk keriwilnya yang cantik. Oleh karenanya, cari sampo yang mengandung wheatgerm oil, shea butter, dan minyak kacang (seperti almond dan macadamia), dan glycerin.

Bumble and Bumble – Bb. Curl (Care) Sulfate Free Shampoo (All Curl Types)

Hindari Keramas Terlalu Sering dan Gunakan Kondisioner

Keramas sering hanya berlaku bagi rambut baby-hair; untuk tipe lain, dua atau tiga kali dalam seminggu sudah cukup. Bukan berarti tidak boleh dibasahi ya, tapi tidak dengan menggunakan sampo karena kamu membutuhkan minyak natural untuk mengendalikan keriwilmu. Cukup lakukan “co-washing” yang merupakan singkatan dari “conditioner washing”. Ini artinya kamu membersihkan helai rambut hanya dengan kondisioner, tanpa sampo. Teknik berguna untuk mengunci kelembapan dan memastikan rambutmu terjaga dari dalam dan luar. Pssst: pakai kondisioner secukupnya.

MOROCCANOIL – Moisturizing Repair Conditioner 1

Saat Ingin Mewarnai Rambut Keriting, Lakukan Konsultasi Mendalam

Berniat mewarnai rambut keritingmu dengan warna merah? Kunjungilah salon atau penata rambut yang benar-benar tahu menangani rambut keriting. Pasalnya, para ahli ini akan bisa menjawab semua pertanyaanmu dan memberikan saran terbaik agar ekspektasimu terjawab dengan tepat.

Living Proof – No Frizz Leave-In Cond

Berteman Baik dengan Minyak Kelapa

Sebelum keramas, aplikasikan minyak kelapa untuk memperbaiki dan menjaga rambut kesayangan tetap sehat. Berikan perhatian lebih terutama pada bagian ujung rambut dan diamkan selama 30 menit dan hindari sinar matahari langsung. Untuk lebih aman, tutupi rambut dengan handuk atau plastic cap agar minyak meresep lebih baik.

KOPARI – Coconut Melt

Selalu Gunakan Sisir

Menyikat rambut dengan tangan bisa melukai keriwil rambutmu, serta merusak pola natural dan menyebabkan kekusutan. Oleh karenanya, sebagai salah satu perawatan rambut keriting super penting adalah selalu gunakan sisir—dengan gigi lebar. Keuntungan lain menggunakan sisir ini: membantu mendistribusikan produk yang kamu pakai agar lebih merata.

℗Le Yitenan – Sandalwood Comb

Atur Gaya Rambut Saat Masih Basah

Ketika rambut masih basah adalah saat yang paling tepat dan gampang untuk mengatur gaya rambut yang kamu inginkan. Aplikasikan produk pengatur rambut dari akar ke ujur rambut, dan gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutan dan meratakan krim yang kamu pakai. Lalu, ingat tiga langkah: genggam, remas, dan gumpalkan. Lakukan gerakan ini mulai dari bawah ke atas rambut. Dan saat melakukan ini, tahan godaan untuk menyisir dengan tangan karena akan mengganggu pola rambutmu. Oh, kamu tidak perlu terobsesi untuk mendapatkan bentuk yang sempurna, karena ketidaksempurnaanlah yang membuat rambutmu terlihat lebih keren.

DevaCurl SuperCream – Coconut Curl Styler

Pakai Alat Pengeriting Rambut dengan Bijaksana

Curling iron adalah sebuah cara cerdas untuk mendapatkan atau mempercantik tektur alami rambut keritingmu. Lalu, gunakan hair spray setelah memakai curling iron. Oh, ini hanya perlu kamu pakai jika kamu ingin mengendalikan keliaran rambutmu, ya.

Briogeo – Farewell Frizz Blow Dry Perfection and Heat Protectant Créme

Pakai Masker secara Teratur

Sekali seminggu, gunakan masker yang berfungsi membersihkan dan menutrisi rambut lebih dalam. Perawatan ini juga akan membantu rambutmu tetap terhidrasi, alias tidak terlihat kering seperti pasir di gurun sahara. Ohya, jangan lupa untuk membilas masker dengan menyeluruh agar produk ini tidak menumpuk di kutikula (kebiasaan ini adalah salah satu penyebab rambut rontok).

Amika – Soulfood Nourishing Mask

Keringkan Rambut secara Alami

Menggosok-gosok rambut dengan handuk bisa menyebabkan rambut kusut. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengeringkan rambut keriting adalah dengan membiarkannya kering secara alami. Dan hindari menyentuh rambut terlalu banyak pada periode tersebut untuk menghindari rambut kusut.

Sephora Collection – Curl Coat – Defining Curl Balm

Gunakan Diffuser (Sesekali)

Menggunakan diffuser untuk mengatur gaya rambut agar terlihat lebih bervolume—dipersilahkan. Setelah menggunakan produk rambut, baurkan rambut dengan mengangkat diffuser ke kulit kepala sambil memiringkan badan ke satu sisi. Lalu, geser diffuser dari bawah garis rambut (dekat telinga dan tengkuk) menuju puncak kepala. Gerakan ini akan menciptkan volume pada rambut.

DevaCurl – DevaFuser Hair Dryer Universal Diffuser

Oh, masih ingin tahu lebih banyak tentang cara memiliki rambut sehat? Ikuti saran dari dermatolog ini.

podcast button