Terungkap: Rahasia Rambut Sehat dari Seorang Dermatolog

rahasia rambut sehat
Foto: www.gettyimages.com

Meski hari jungkir balik dan morat-marit, sepertinya ada satu hal yang bisa membantu suasana hati sedikit lebih baik: rambut sehat dan berkilau. Saat ke toilet dan berkaca, cahaya rambut sepertinya bisa memberikan secercah harapan bahwa harimu akan membaik. Jadi, bagaimana cara memiliki rambut sehat sepanjang hari, tidak peduli seperti apa suasana hatimu? LIMONE menghubungi seorang ahli untuk membocorkan rahasia rambut sehat. Berikut penjelasannya.

Apakah yang wajib kamu dilakukan untuk memiliki rambut sehat?

rahasia rambut sehat
Foto: www.gettyimages.com

Menurut dr. Dhini Indah Nugriaty, Sp.KK, dari MS Glow Clinic, Malang dan RSU Mitra Delima, perawatan dasar rambut yang baik misalnya membersihkan rambut dengan sampo secara teratur. Dan “merawatnya dengan tidak menggosokkan rambut di handuk dengan keras, tidak terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok,” kata Dhini melalui pesan singkat.

Selain itu, yang tidak kalah penting: mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, vitamin A, vitamin E, zinc, selenium juga merupakan rahasia rambut sehat. “Seperti brokoli, telur, kacang-kacangan, gandum sebagai nutrisi dari dalam yang membantu pertumbuhan rambut.”

Bagaimana dengan pemakaian produk? Dhini menyampaikan bahwa idealnya produk perawatan rambut perlu digunakan untuk mendukung #hairgoals (baca: rahasia rambut sehat). “Misalnya untuk rambut yang mulai mengalami kerontokan, sebaiknya menggunakan sampo dan serum atau obat yang sesuai atau yang telah diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin,” tambahnya.

Oh, oh, bagaimana dengan mengikat rambut? Dhini berpendapat mengikat rambut tidak berpengaruh dengan pertumbuhan  rambut. Juga bukanlah penyebab kerontokan rambut. “Mengikat rambut asal tidak terlalu kencang dan tidak berlebihan juga tidak akan mempengaruhi rambut menjadi rontok. Memotong rambut juga tidak mempengaruhi kerontokan rambut,” katanya.

Selaini itu, ada satu mitos lagi yang menurutnya tidak benar. Yakni, “tidak betul bahwa dengan memotong rambut, rambut akan lebih cepat panjang. Soalnya, pertumbuhan rambut tiap-tiap orang tentu berbeda-beda. Sesuai dengan siklus pertumbuhan rambutnya dan ditentukan juga oleh genetiknya,” tegasnya.

Seefektif apa pengobatan rumahan untuk membuat rambut sehat?

Foto: www.istockphoto.com

Menurut Dhini pengobatan rumahan untuk memperkuat, menebalkan dan menumbuhkan rambut sampai saat ini belum ada data medis yang mendukung keefektifannya. Dalam arti, belum ada pembuktian medis seperti pada produk-produk yang menggunakan bahan kimia dan diproduksi merek tertentu.

“Akan tetapi, penggunaan aloe vera bisa dibilang efektif, karena telah terbukti dalam literatur-literatur. Hanya belum ada clinical trial-nya saja,” Dhini membeberkan. “Aloe vera yang kaya akan mineral membantu untuk menutrisi, menebalkan, dan memperkuat rambut,” tukasnya. Yeaaay, we love you aloe vera!

Bagaimana cara memilih produk perawatan rambut yang tepat?

Foto: www.istockphoto.com

Dhini memaparkan bahwa dalam memilih produk perawatan rambut, yang paling penting diperhatikan adalah komposisi utamanya. “Misalnya produk sampo untuk menumbuhkan rambut pada pria atau wanita yang mulai mengalami kerontokan. Sebaiknya mengandung pumpkin seed extract, atau zinc picolinate yang dapat mengubah konversi dihirotesteteron (DHT) menjadi testosterone.”

Sedangkan cara memilih produk serum dan kondisioner rambut yang tepat, “kamu perlu perhatikan komposisinya. Apakah mengandung kopexil (turunan dari minoxidil), arginin, biotin, atau D panthenol yang juga membantu pertumbuhan rambut,” tambahnya.

Adakah aturan penggunaan produk perawatan yang wajib diketahui?

rahasia rambut sehat
Foto: www.gettyimages.com

Pasalnya, kita tidak mau alih-alih membuat rambut sehat, produk tertentu malah menjadikannya mengerikan. Misalnya, saat mencoba produk perawatan rambut rontok. Ngeri ‘kan kalau mayoritas rambut mendadak menghilang karena salah memakai produk?

“Pemakaian sampo untuk mengurangi kerontokan ataupun menguatkan rambut hampir sama dengan pemakaian sampo pada umumnya. Hanya saja setelah dioleskan, perlu dipijat sedikit di tempat yang mengalami kerontokan. Setelah itu dibilas,” Dhini membeberkan.

Aha! Begitu, ternyata.

Sementara untuk penggunaan serum, “dipakai atau dioles secara merata di kulit kepala yang mengalami kerontokan setelah keramas, 2 sampai 3 kali seminggu.”

Dan untuk kamu yang selalu penasaran tentang cara memakai kondisioner yang benar, ingat bahwa kondisioner dipakai di batang rambut, dan fungsinya untuk melembapkan rambut. “Dipakai setelah sampo. Kondisioner disarankan dipakai 2 sampai 3 kali seminggu,” terang Dhini. “Jadi, kalau untuk menebalkan rambut, cukup gunakan sampo dan serum. Kalau untuk melembapkan serta menghidrasi rambut, maka kondisioner pun diperlukan,” tegasnya.

Berbicara tentang rambut dan makanan, ilmuwan bilang bahwa makanan ini bisa mencegah uban datang terlalu cepat.

podcast button