5 Hal Ini Akan Membuat Pagimu Lebih Menyenangkan

Foto: www.stocksy.com
Last updated:

“Pokoknya, besok pagi harus lebih menyenangkan,” tekadmu tadi malam sambil mengatur alarm. Kenyataannya, besok paginya, kita… tadaaa… s*#t. [email protected]#$%[email protected] Tenang, kamu tidak menderita kelainan apa pun. Bahkan sebuah survey menyimpulkan bahwa rata-rata orang Amerika mengucapkan sumpah serapah setiap pagi (bahkan ketika langit cerah dan burung berkicau). Lantas apa yang bisa kita, mahluk fana ini, lakukan agar pagi lebih menyenangkan?

Lakukan lima hal ini dan niscaya pagimu lebih menyenangkan. Tidak berhasil di hari pertama? Praktikkan lagi—dan dipersilakan mengucapkan satu-dua kata serapah karena mengumpat adalah salah satu bukti bahwa kamu pintar.

1. Siapkan Segala Sesuatu Malam Sebelumnya

Jika memungkinkan siapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan—mulai dari bekal, dokumen, pakaian, tas, dsb—malam sebelumnya. Hal ini akan membuatmu lebih tenang dan kalem di pagi hari.

2. Bereskan dan Rapikan Kamar

Kita mendengarnya berkali-kali dari Marie Kondo. Berbagai ahli pun setuju bahwa kondisi yang berantakan, “membuat mental kita capek dan jadi tidak rileks,” ujar Sally Augustin, PhD, seorang psikolog lingkungan dan penulis buku “Designology: How to Find Your PlaceType and Align Your Life with Design.” Jadi, demi pagi yang cerah dan menyenangkan, bereskan kamarmu sebelum tidur.

3. Lakukan Peregangan

Gretchen Rubin, penulis buku “The Happiness Project dan Better than Before,” menyarankan untuk melakukan peregangan selama beberapa menit. Bukan peregangan serius dan bisa menimbulkan tulang keseleo atau cedera, melainkan seperti sesederhana menggerakkan jempol dan lutut ke kanan dan ke kiri. “Saya merenggangkan seluruh badan,” tulisnya sehingga lebih siap menghadapi hari. Jika memungkinkan lakukan olahraga pagi seperti yoga atau joging.

4. Hindari Menekan Alarm Berkali-kali

Ah, ini kebiasaan yang sepertinya sulit dibasmi. Solusinya adalah mengatur waktu bangun realistis—tidak terlalu pagi, tidak terlalu siang; misalnya 15 menit sebelum kamu harus bangun. Gunakan menit-menit yang tersedia (sebelum mandi dan gosok gigi) untuk memberikan waktu kepada diri untuk “kembali ke bumi”. Atau duduk diam selama beberapa menit—tanpa gadget, ya.

5. Ciptakan Rutinitas Pagi yang Realistis

Oleh karena kita tahu betapa hebohnya pagi hari, sangat disarankan untuk menciptakan sebuah rutinitas pagi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Silakan mengambil inspirasi dari orang lain, tapi ingat bahwa apa yang berhasil dilakukan mereka belum tentu sukses di hidupmu. Dan begitu pula sebaliknya. Prinsipnya sih, buat rutinitas yang tidak terlalu ribet, tidak bikin stress, tidak membuatmu tertekan. Kamu bisa melakukannya secara auto pilot tanpa harus menguras otak.

Apakah kamu punya resep rahasia agar pagimu lebih adem? Bagikan di bagian komentar, ya.

Selanjutnya: Dan melakukan aktivitas ini di pagi hari bisa mengurangi risiko kanker.