Minum Teh Hijau dan Kopi Sebanyak Ini Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Akibat Diabetes

minum teh hijau
Foto: www.unsplash.com

Siapa di sini yang sedang mempertimbangkan mengurangi kafein? Sepertinya pikir dua-tiga kali (kecuali kamu sedang hamil). Terutama untuk orang yang menderita diabetes tipe 2, sebuah penelitian baru memperlihatkan bahwa beberapa jenis minuman berkafein memiliki kemampuan melindungi tubuh. Uh-uh, studi ini menemukan bahwa rutin minum teh hijau dan kopi bisa merendahkan risiko meninggal akibat diabetes tipe 2.

Apa yang Ditemukan oleh Penelitian Ini?

Untuk meneliti kehebatan dari dua jenis minum tersebut, para ilmuwan melihat 4.923 pasien Jepang yang memiliki kondisi diabetes tipe 2. Para partisipan ini rata-rata berusia 66 tahun dan diamati selama lima tahun.

Selama periode studi, setiap orang mengisi sebuah kuesioner yang menjelaskan kebiasaan makan dan minum mereka secara jelas. Dalam hal ini juga termasuk berapa banyak kopi dan teh hijau yang mereka minum setiap hari. Selain itu, faktor gaya hidup mereka juga menjadi pertimbangan, seperti kebiasaan merokok, olahraga, alkohol, dan kualitas tidur.

Selama masa studi, 309 meninggal, dengan penyebab utama kanker dan penyakit kardiovaskular. Penelitian ini memperlihatkan bahwa mereka yang meminum kopi, teh hijau atau keduanya memiliki risiko lebih rendah meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan diabetes. Seperti penyakit sirkulasi, demensia, kanker dan patah tulang.

Berapa Banyak Teh Hijau yang Mereka Minum?

Penikmat teh hijau mengalami risiko lebih rendah hingga 15% jika mereka minum satu gelas per hari. Risiko semakin rendah saat mereka menikmati dua hingga tiga gelas teh hijau per hari, yakni (27%). Sementara mereka yang menikmati lebih dari empat gelas teh hijau adalah 40%. Bagaimana dengan kopi, dengan jumlah yang sama, penikmat kopi mengalami penurunan risiko masing-masing 12%, 19% dan 41%.

Menurut penemuan ini, mereka yang melipatgandakan konsumsi dua jenis minuman ini lebih terlindungi dari penyakit yang berkaitan dengan diabetes. Yakni, minum teh hijau empat gelas atau lebih per hari, dan dua atau lebih kopi per hari, bisa menurunkan risiko meninggal hingga 63%.

Apakah artinya hasil penelitian ini bagi kesehatan kita sehari-hari?

Oleh karena penelitian ini bersifat observasi, ini artinya belum ada keterangan jelas sebab-akibat antara minuman berkafein dengan risiko meninggal akibat penyakit berhubungan dengan diabetes. Penjelasan dini adalah mungkin karena kedua minuman ini kaya akan antioksidan, sehingga bisa meningkatkan kesehatan.

Selanjutnya: Pecinta kopi hitam? Kopi sebaiknya tidak minum saat kamu mengalami ini.