Ingin Tahu Apakah Masker Wajahmu Efektif? Lakukan Tes 1 Detik Ini

masker pelindung wajah efektif
Foto: www.gettyimages.com

Sekarang, bisa dipastikan hampir 99,9% item wajib yang kamu pakai setiap hari adalah masker pelindung wajah. Namun ada banyak jenis dan bahan masker, ini membuat kita bertanya-tanya: bagaimana cara mengetahui bahwa masker pelindung wajah efektif dan mampu melindung kita dari virus?

Dalam sebuah wawancara dengan Dr. Natasha Chida, seorang asisten direktur program penyakit menular di Johns Hopkins University School of Medicine, menyampaikan bahwa sebuah trik “meniup lilin” bisa mengetes apakah masker pelindung wajah efektif atau sebaliknya.

“Satu tes yang bagus adalah jika kamu sedang memakai masker dan kamu mencoba untuk meniup lilin. Jika kamu tidak bisa meniup lilin, maka masker kamu berfungsi dengan benar untuk mencegah udara dari mulut keluar,” katanya.

Oke, mumpung masih istirahat makan siang, mari mencobanya.

Trik ini butuh kita lakukan karena tujuan utama mengenakan masker pelindung wajah adalah mengurangi kemungkinan kita menularkan virus kepada orang lain.

“Tujuannya adalah bukan untuk memproteksi diri sendiri, melainkan untuk melindungi orang lain di sekitarmu. Masker-masker pelindung wajah seperti ini sangat efektif mencegah kamu menularkan sesuatu ke orang lain,” kata Dr. Chida.

Oh, satu lagi (seandainya kamu butuh diingatkan): memakai masker wajah harus dikombinasikan dengan social distancing. Memakai masker bukan berarti kamu sah dan boleh mepet-mepet dengan orang lain. Atau bahkan selfie bareng (lalu memamerkannya di media sosial). Jaga jarak mesti tetap dilakukan meski kamu sudah memakai masker.

Dan jika kamu berada di kantor?

“Jika kamu sedang berada di ruangan tertutup dan ada orang lain di sana dan tidak bisa menjaga jarak, sepertinya kamu harus tetap memakai masker,” kata Chida. “Jika kamu nyaman dan masih bisa melakukannya, memakai masker adalah cara teraman,” tegasnya.

Satu lagi: tetap pakai masker saat menggunakan face shield. Partikel di udara bisa “masuk ke dalam face shield yang bisa kamu [dan orang lain] hirup, jadi kamu tetap butuh memakai masker,” katanya.

Selanjutnya: hanya dengan ini nyeri di punggung bisa berkurang.

podcast button