FYI, Makan Apel dan Minum Teh Bisa Membantu Mengurangi Tekanan Darah

makan apel
Foto: www.stocksy.com

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 17,9 juta orang di dunia meninggal setiap tahunnya karena penyakit kardiovaskular. Dan berbagai studi menunjukkan bahwa penyakit ini sangat berhubungan erat dengan pola makan, dan tekanan darah menjadi salah satu indikator. Di sebuah studi baru yang diterbitkan minggu lalu menemukan ada hubungan antara asupan flavonals yang tinggi dengan tekanan darah lebih rendah. Yep, ini artinya kamu mesti rajin makan apel.

Studi yang diterbitkan di Scientific Reports ini sangat istimewa. Pasalnya, ini adalah studi epidemiologi pertama dengan skala besar yang secara obyektif menginvestigasi hubungan antara senyawa bioaktif spesifik dengan kesehatan. Yep, dalam hal ini flavanol. Dan jika studi-studi sebelumnya mengandalkan self-reported data untuk mendapatkan kesimpulan, peneliti ini melibatkan lebih dari 25.000 secara langsung.

Dan jika studi-studi sebelumnya mengambil kesimpulan berdasarkan laporan diet partisipan, studi baru ini mendasarkan pengukuran asupan flavanol berdasarkan biomarker nutrisi untuk hasil yang lebih pasti. Biomarker nutrisi adalah indikator yang mencakup asupan makan, metabolisme atau status gizi yang ada di dalam darah.

Dan apa yang mereka temukan? Para peneliti ini menemukan bahwa partisipan yang memiliki tekanan darah lebih rendah mengonsumsi asupan flavanol yang lebih banyak.

“Apa yang studi ini berikan adalah penemuan objektif tentang kaitan antara flavanol—ditemukan di teh dan sejumlah buah—dan tekanan darah,” kata profesor Gunter Kuhnle, nutrisionis dari Universitas Reading. Ini artinya, ilmuwan dan sains sekarang bisa dengan percaya diri menyatakan bahwa flavanol bisa mengurangi tekanan darah.

Oh, jika kamu penasaran apa itu flavanol: seperti yang disebutkan di atas, ini adalah senyawa alami yang biasa ditemukan di berbagai buah dan sayur. Senyawa ini yang juga membuat makanan seperti anggur merah dan cokelat memiliki manfaat untuk kesehatan. Dalam makanan alami, flavanol bisa ditemukan di dalam apel, beri, dan teh. Jadi, silakan makan apel dan beri serta teh kesukaanmu dengan regular, ya.

Selanjutnya: Melakukan ini setiap pagi bisa mengurangi risiko kanker.