Kekurangan Vitamin K Ternyata Dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan Ini

kekurangan vitamin k dapat menyebabkan
Foto: www.canva.com

Tahukah kamu bahwa kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan?

Vitamin K merupakan kelompok vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki peran penting dalam tubuh, mulai dari pembekuan darah, metabolisme tulang, dan mengatur kadar kalsium. k

Karena kekurangan vitamin K dapat menyebabkan terganggunya beberapa fungsi kesehatan, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini secara cukup.

Apa Itu Vitamin K?

kekurangan vitamin k dapat menyebabkan
Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, terdapat dua jenis utama vitamin K, yakni vitamin K1 (phylloquione) yang berasal dari tumbuhan terutama sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung.

Serta vitamin K2 (menaquinone) yang dapat kamu dapatkan dari makanan hewani dan mekanan fermentasi.

Asupan vitamin K yang direkomendasikan akan bergantung pada usia dan jenis kelamin. Pada wanita berusia 19 tahun harus mengonsumsi 90 mcg setiap harinya, sedang pria mengonsumsi 120 mcg.

Nantinya vitamin K ini akan mengaktifkan protein yang berperan dalam pembekuan darah, metabolisme kalsium, dan kesehatan jantung.

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa sebenarnya peran dari vitamin K1 dan K2 sangatlah berbeda.

Hal ini didukung oleh penelitian bahwa pada K2 (MK-4) dapat mengurangi klasifikasi pembuluh darah, namun peran tersebut tidak ditemukan pada vitamin K1.

Manfaat Vitamin K Dalam Tubuh

Foto: www.freepik.com

Berikut beberapa manfaat baik dari vitamin K dalam tubuh.

Kesehatan tulang

Banyak ahli yang percaya bahwa vitamin K dapat mengaktifkan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Menurut beberapa penelitian, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Selain itu, penelitian lain juga mengungkapkan bahwa suplementasi vitamin K2 secara signifikan dapat mengurangi risiko patah tulang.

Meski manfaatnya baik, namun diperlukan studi lanjutan untuk mengetahui efek vitamin K1 dan K2 pada kesehatan tulang.

Pembekuan darah

Beberapa protein yang terlibat dalam pembekuan darah ternyata bergantung pada vitamin K.

Meski pembekuan darah mungkin dianggap hal yang buruk, namun tanpa hal tersebut kamu bisa saja mengalami perdarahan yang berlebihan saat cedera ringan sekalipun.

Beberapa orang memiliki gangguan pembekuan darah sehingga harus mengonsumsi obat untuk mencegah darah membeku terlalu mudah.

Jika kamu mengonsumsinya, maka harus menjaga asupan vitamin K secara konsisten, karena efeknya akan kuat terhadap pembekuan darah.

Menurut sebuah studi, satu porsi natto yang mengandung vitamin K2 dapat mengubah ukuran pembekuan darah. Hal ini dapat memberikan efek yang lebih besar daripada mengonsumsi makanan tinggi vitamin K1.

Mencegah penyakit jantung

Saat kalsium menumpuk pada arteri di sekitar jantung, ini bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Vitamin K diyakini bisa membantu untuk mencegah kalsium agar tidak disimpan di arteri.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama hampir 10 tahun, orang yang memiliki asupan nutrisi K2 tertinggi memiliki risiko lebih rendah meninggal karena penyakit jantung.

Sementara studi lain yang dilakukan pada 16 ribu wanita menemukan bahwa peserta dengan asupan K2 tertinggi memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Meningkatkan kesehatan gigi

Salah satu protein pengatur utama dalam kesehatan gigi adalah osteocalcin, protein yang dapat diaktifkan oleh nutrisi K2. Oleh karena itu, para peneliti berspekulasi bahwa vitamin ini bisa memengaruhi kesehatan gigi.

Osteocalcin ini dapat memicu mekanisme yang merangsang pertumbuhan dentin baru, yakni jaringan yang terkalsifikasi di bawah email gigi.

Dalam prosesnya, vitamin A dan vitamin D juga diyakini memiliki peran yang penting, sehingga bisa bekerja secara sinergis dengan nutrisi K2.

Melawan kanker

Sebuah studi klinis menunjukkan bahwa vitamin K2 dapat mengurangi kekambuhan kanker hati dan meningkatkan waktu bertahan hidup.

Selain itu, asupan K2 yang tinggi juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat stadium lanjut. Dan menariknya, manfaat ini tidak bisa ditemukan ketika mengonsumsi vitamin K1.

Kekurangan Vitamin K Dapat Menyebabkan Ini

Foto: www.freepik.com

Pada dasarnya, defisiensi vitamin K sangatlah jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat. Sehingga kondisi ini biasanya akan dialami oleh individu yang malnutrisi parah dan orang yang menggunakan obat pembekuan darah.

Namun, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perdarahan berlebihan yang tidak mudah berhenti. Hal ini perlu segera dikonsultasikan dengan dokter untuk dievaluasi lebih lanjut.

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan vitamin K yang cukup. Hal ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi makanan sumber.

Cara Menghindari Kekurangan Vitamin K

kekurangan vitamin k dapat menyebabkan
Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, tubuh perlu mendapatkan asupan vitamin K sebanyak 90 mcg per hari untuk wanita dan 120 mcg per hari untuk pria.

Untungnya, terdapat cara mudah untuk memenuhi kadarnya, karena ada banyak sumber vitamin K yang bisa kamu konsumsi.

Seperti menambahkan bayam ke dalam telur dadar atau salad, selain itu bisa juga dengan menambahkan ½ cangkir brokoli atau kubis brussel sebagai makanan pendamping untuk makan malam.

Mengonsumsi sumber lemak seperti kuning telur dan minyak zaitun juga dapat membantu tubuh menyerap vitamin K dengan lebih baik.

Natto, makanan fermentasi ini juga kaya akan vitamin K2, sehingga kamu bisa mencoba untuk mengonsumsinya meski memiliki aroma dan rasa yang kurang menyenangkan.

Tidak lupa untuk mengonsumsi bagian daging ayam berwarna gelap, seperti daging kaki dan bagian paha yang mengandung vitamin K2 dalam jumlah sedang.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Vitamin K sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yakni vitamin K1 yang ditemukan dalam sayuran hijau dan vitamin K2 yang terkandung di dalam sumber hewani. Yang lebih mengejutkan, K2 dapat diserap lebih baik daripada K1.

Meski begitu, keduanya tetap memberikan efek yang baik untuk kesehatan. Sebab vitamin K memiliki peran penting dalam pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan tulang.

Oleh karenanya, sangat penting untuk mencukupi asupannya. Karena kekurangan vitamin K dapat menyebabkan beberapa fungsi kesehatan yang terganggu.