Bingung Memilih Sepatu untuk Dipadukan dengan Gaun? Ini Contekannya

Jika yang selama ini membuatmu ragu memakai gaun adalah ‘harus dipadankan dengan jenis sepatu wanita apa’, kamu berada di tempat yang tepat. Pasalnya, keraguanmu tersebut akan berubah menjadi sebuah keyakinan dan tidak cemas lagi memakai gaun. Gaun apapun.

Namun sebelum membahas lebih lanjut jenis sepatu wanita yang cocok untuk floral atau mini dress yang baru kamu beli kemarin, panduan dasar singkat di bawah ini mungkin wajib diingat karena super menolong.

Panduan Dasar Memilih Jenis Sepatu yang Cocok untuk Gaun

Jika hemline di atas lutut

Ingat baik-baik mantra ini: semakin pendek hemline-nya, semakin pendek hak sepatu. Memakai gaun/rok super pendek dan memadukannya dengan stiletto dengan hak setinggi gunung Himalaya akan membuat penampilanmu terlihat (ehem) cenderung norak. Namun, jika dipadankan dengan loafer, ballet flat atau white sneakers, efeknya akan lebih cantik dan keren.  

Jika hemline di bawah lutut

Jika sepatu hak tinggi akan terlihat berlebihan jika dipadukan dengan rok/gaun pendek, maka memadukan rok atau gaun pendek dengan sepatu rata akan membuat penampilan terlihat lusuh. Ketika hampir semua bagian kakimu tertutup, sebaiknya kamu memadukannya dengan sepatu dengan hak yang lebih tinggi.

Akan tetapi sama seperti tips fashion lain, panduan di atas (dan di bawah ini) adalah hanya sebuah saran. Jadi, jika kamu tetap ingin memakai maxi dress dengan flat shoes—sangat diijinkan. Namun, seandainya kamu butuh penuntun tentang jenis sepatu wanita apa yang cocok untuk dipadupadankan dengan gaun, silakan cek daftar di bawah ini.

7 Model Sepatu Terbaik untuk Dipakai dengan Gaun

Block Heels

Entah apa yang membuat block heels menjadi salah satu jodoh gaun yang paling cocok. Namun yang pasti jenis sepatu wanita membuat penampilanmu langsung elegan dan chic ketika dikombinasikan dengan gaun, misalnya wrap dress atau midi dress.

ALDO – Doreclya Open Toe Ankle Strap Block Heels
Christian Wijnants – Block Heel Pumps
Ankle Boots

Ketika cuaca memungkinkan (tidak terlalu panas dan hujan), ankle boots adalah pilihan terbaik untuk dipadukan dengan gaun. Meski kamu diberikan kebebasan untuk me-mix and match-nya dengan jenis gaun apapun, tapi ankle boots paling keren saat berpadu dengan midi dan maxi dress.

Oh, meski ankle boots berwarna merupakan pilihan klasik, warna cokelat merupakan opsi lain yang patut dicoba. Lalu, padukan dengan gaun berwarna pastel atau putih. Dan jika ingin memakai ankle boots plus maxi dress ke kantor, untuk memberikan kesan profesional padukan dengan blazer.

Mango – Heel Ankle Boots
Saint Laurent – Metallic Ankle Boots
White Sneakers

Jika memadukan sandal datar dengan gaun atau rok panjang bukanlah gayamu (dan kamu bukan pecinta heels), jalan tengahnya adalah memilih sneakers. Pilih yang terbaik dari kanvas atau dengan platform berukuran satu hingga dua inci untuk membuat kaki terlihat lebih panjang. 

Ingin memakai gaun cantikmu tanpa menimbulkan kesan terlalu heboh dan formal? Padukan dengan sneakers putih. Jenis sepatu wanita ini sangat cocok dipadukan dengan mini, maxi, midi … dan semua model gaun lainnya.

Nike – Women’s NikeCourt Vision Low
SUPERGA – 2630 COTU Canvas Sneaker
Strappy Sandals

Bisa jadi strappy sandals merupakan model yang lebih heboh tahun lalu, tapi sepertinya jenis sepatu ini tetap bertahan di 2020. Sangat cocok dipadukan dengan gaun terheboh yang kamu miliki untuk memberikan efek yang minimalis. 

Dan strappy sandals dengan hak datar juga keren jika dipadukan dengan gaun non-formal saat kamu sedang merasa ingin ekstra cantik dan chic. Satu catatan: meski sandal ini cocok dipadukan dengan berbagai gaun (cocktail, gaun malam dan midi), tetapi mungkin efeknya akan mengecewakan jika dikombinasikan dengan longer frocks—atau jika kamu memiliki postur tubuh pendek. Disarankan untuk memakai sandal ini dengan gaun yang hemline tepat di pergelangan kaki.

ZARA – Sandal Rata Pita Terikat
Jenis sepatu wanita
Ulla Johnson – Kaya 75mm Strappy Sandals
Espadrilles

Salah satu yang selalu identik dengan musim panas, dan kebetulan belahan jiwa gaun. Kombinasi hak tinggi/rendahnya akan membuat setiap pemakai gaun terlihat effortless

Espadrilles merupakan pilihan yang cocok saat kamu ingin memakai gaun, tapi tidak ingin terkesan terlalu formal. Dan sepatu ini adalah opsi terbaik jika gaun atau rokmu panjang dan kamu ingin berjalan dengan nyaman.

Jenis sepatu wanita
H&M – Wedge-heeled Espadrilles
Jenis sepatu wanita
Tory Burch – Colour Block Wedge Espadrilles
Slip-On Sandals

Bertentangan dengan opini banyak orang, ternyata ketika memakai gaun, heels bukanlah segalanya. Faktanya di dunia mode, banyak penghuninya memilih memadukan gaun tercantik mereka dengan sepatu atau sandal hak datar sederhana. 

Tertarik mencoba sandal datar dengan gaun? Model sandal ini paling cocok dipadukan dengan tea dresses, midi, mini, dan semua gaun yang ada di lemarimu. Pilih leather slide untuk efek yang lebih mengesankan.

Jenis sepatu wanita
ALDO – Lucinda Slide Sandals
Jenis sepatu wanita
Manebi – Knotted Suede Sliders
Ballet Pumps

Sama dengan prinsip sandal datar di atas, sepatu balerina adalah pilihan yang tepat untuk dipadukan, terutama jika kamu ingin merasa nyaman dan membebaskan kaki sejenak dari heels. Sangat diijinkan untuk memadukan flats dengan gaun dan memakainya ke kantor. Dan seandainya kamu ingin tahu gaun apa yang paling tepat dipasangkan dengan flat shoes, jawabannya: semua gaun.

Jenis sepatu wanita
Charles & Keith – Button Detail Ballerina Flats
Jenis sepatu wanita
Manolo Blahnik – Nabu Ballerina Shoes

Selanjutnya: Ini tujuh model sepatu yang wajib menghuni lemari perempuan usia 30an.

podcast button