14 Rekomendasi Film India Lama yang Tidak Terlupakan

film india lama
Foto: Istimewa

Sejak tahun 90-an, film India memang menjadi tayangan favorit bagi berbagai kalangan. Dengan ciri khas diselingi adegan menyanyi dan menari, jalan cerita yang diangkat juga menarik dan mengundang rasa penasaran. Berikut 14 film India lama yang masih populer hingga saat ini. 

Hum Aapke Hain Koun (1994)

film india lama
Foto: www.imdb.com

Rajesh Nath (Mohnish Bahl) dan Prem Nath (Salman Khan) merupakan kakak beradik. Setelah berhasil mengelola sendiri bisnis keluarganya, Rajesh pun dijodohkan dengan Pooja (Renuka Shahane).

Namun ketika terdapat musibah yang menimpa Pooja hingga menyebabkannya meninggal dunia, Rajesh pun dipaksa untuk menikahkan Nisha (Madhuri Dixit), yang merupakan adik iparnya.

Film India lama ini berhasil mendapatkan keuntungan sebesar dua miliar pada penayangan pertamanya. Selain itu, Hum Aapke Hain Koun juga meraih beberapa penghargaan, yakni Sutradara Terbaik, Film Terbaik, dan Aktris Terbaik dalam Penghargaan Filmfare. Serta menjadi film populer terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Foto: www.imdb.com

Simran (Kajol) selama ini selalu bermimpi bertemu dengan pria idamannya. Namun ayahnya Baldev (Amrish Puri) justru akan menjodohkannya dengan Kujeet (Parmeet Sethi) yang merupakan teman sang ayah. Simran pun merasa kecewa dengan keputusan ayahnya, karena ia tidak ingin menikahi seseorang yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Sewaktu melakukan perjalaan ke Eropa, Simran tidak sengaja bertemu dengan Raj (Shah Rukh Khan). Mereka berdua pun tertinggal kereta dan berpisah dari teman-temannya. Akhirnya, Raj dan Simran memutuskan untuk melanjutkan perjalanan secara bersama.

Kuch Kuch Hota Hai (1998)

film india lama
Foto: www.imdb.com

Film India lama ini memiliki genre romantis yang mendapatkan penilaian 7,6 di IMDb dan 92% di situs Rotten Tomatoes. Selain itu, film ini juga berhasil mendapatkan banyak penghargaan, mulai dari Film Terbaik di penghargaan Filmfare, Penghargaan Zee Cine, Screen Awards, dan Penghargaan Film Bollywood.

Film ini menceritakan tentang Anjali Khanna (Sana Saeed) yang sedang membaca surat terakhir dari ibunya, Tina (Rani Mukerji), yang ditulis sebelum meninggal. Tina meminta putrinya untuk menyatukan kembali sang ayah, Rahul (Shah Rukh Khan), dengan seorang wanita bernama Anjali Sharma (Kajol).

Mohabbatein (2000)

Foto: www.imdb.com

Salah satu film India lama yang populer ini menceritakan tentang Raj (Shah Rukh Khan) yang berkuliah di kampus khusus laki-laki. Sang kepala sekolah Narayan Shankar (Amitach Bachchan) tidak memperbolehkan mahasiswanya menjalan hubungan cinta dengan perempuan mana pun.

Namun, Raj justru bertemu dengan seorang perempuan cantik bernama Megha (Aishwarya Rai). Yang mengejutkan adalah ternyata Megha merupakan anak dari Shankar.

Lagaan (2001)

film india lama
Foto: www.imdb.com

Suatu ketika, Bhuvan (Aamir Khan) secara tidak sengaja mengejek pertandingan kriket yang tengah diselenggarakan oleh Andrew Russel (Paul Blackthome). Mendengar ejekan tersebut, Rusell pun menantang Bhuvan untuk bertanding dan menawarkan pembatalan pajak jika penduduk desa mampu mengalahkan anak buahnya.

Namun jika kalah, warga desa harus membayar tiga kali dari pajak normal. Bhuvan pun akhirnya menyetujui tantangan tersebut tanpa berunding dengan penduduk desa. Ia melakukan segala persiapan demi memenangkan pertandingan tersebut.

Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Foto: www.imdb.com

Meski telah rilis dari tahun 2001, kepopuleran Kabhi Khushi Kabhie Gham tidak kunjung surut. Sebab film India lama ini menghadirkan aktor papan atas dengan jalan cerita yang menarik. Rahul (Shah Rukh Khan) baru saja kembali ke India setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri.

Saat ingin mengenalkan kekasihnya, Anjali Sharma (Kajol), keluarga Rahul menentangnya. Sebab, Anjali berasal dari keluarga miskin. Meski awalnya Rahul berjanji untuk mengikuti saran keluarganya, namun setelah mengetahui ayah Anjali meninggal, ia pun menjadi bimbang.

Koi... Mil Gaya (2003)

film india lama
Foto: www.imdb.com

Seorang ilmuwan ternama Sanjay Mehra (Rakesh Roshan) dan istrinya, Sonia Mehra (Rekha), berhasil menemukan alat untuk berkomunikasi dengan alien.

Sayangnya, ketika ingin mempublikasikan penemuannya, keduanya mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan Sanjay meninggal dunia. Akhirnya, alat canggih tersebut disimpan di dalam gudang selama bertahun-tahun.

Tak disangka, sang anak Rohit Mehra (Hrithik Roshan), yang berkebutuhan khusus tidak sengaja menemukan alat tersebut. Saking bagusnya, film India lama ini memperoleh penghargaan National Film Award untuk kategori Film Terbaik tentang Masalah Sosial.

Rang De Basanti (2006)

Foto: www.imdb.com

Sue McKinley (Alice Patten) merupakan seorang sutradara yang berniat untuk membuat film yang menceritakan kisah masa lalu kakeknya sewaktu menjadi anggota militer. Akhirnya ia pun pergi ke India untuk mencari aktor yang dapat membantunya.

Di sana, Sue bertemu dengan Sonia (Soha Ali Khan) yang berteman dengan DJ (Aamir Khan), Aslam (Kunal Kapoor), Karan (Siddharth Narayan), dan Sukhi (Sharman Joshi).

Taare Zameen Par (2007)

film india lama
Foto: www.imdb.com

Ishaan Awasthi (Darsheel Safary) merupakan seorang siswa yang masih kesulitan membaca dan menulis. Karena kedua orang tuanya tidak sanggup untuk mendidiknya, ia pun dikirim ke sekolah asrama.

Namun setibanya di sana, ia menjadi depresi dan cemas. Hal itu juga menyebabkan Ishaan berniat untuk bunuh diri dan kabur dari asrama.

Untungnya ada seorang guru seni bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) yang berusaha untuk memahami keadaan Ishaan.

3 Idiots (2009)

Foto: www.imdb.com

Diangkat dari novel dengan judul Five Point Someone karya Chetan Bhagat, film ini menceritakan tentang tiga mahasiswa jurusan teknik mesin yakni Farhan (Madhavan), Raju (Sharman Joshi), dan Rancho (Aamir Khan).

Mereka berusaha untuk bertahan dari penindasan yang dilakukan oleh rektor kejam yang bernama Dr. Viru Sahastrabuddhe (Boman Irani). Sebab, Dr. Viru memberikan berbagai macam aturan yang sangat mengekang mahasiswanya.

My Name is Khan (2010)

film india lama
Foto: www.imdb.com

Rizwan (Shah Rukh Khan) merupakan seorang anak laki-laki yang berkebutuhan khusus. Meski begitu, ia memiliki keahlian untuk memperbaiki barang-barang.

Sejak ibunya meninggal, Rizwan pun akhirnya harus tinggal dengan kakaknya, Zakir (Jimmy Shergill), di Amerika. Ia pun harus kembali beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Kahaani (2012)

Foto: www.imdb.com

Kahaani mengangkat tema feminisme dan keibuan dalam masyarakat India. Film ini menceritakan tentang Vidya Bagchi (Vidya Balan), seorang ibu yang sedang hamil dan tengah bekerja.

Vidya datang dari London ke Kolkata untuk mencari suaminya yang hilang. Meski sulit, namun Vidya terus mencoba untuk mencari keberadaan suaminya.

Dangal (2016)

film india lama
Foto: www.imdb.com

Film India lama yang menyajikan drama keluarga yang diangkat dari kisah nyata Mahavir Singh Phogat, yang diperankan oleh Aamir Khan, mantan pegulat yang dulunya pernah menjadi juara nasional. Sayangnya, ia tidak melanjutkan karirnya, namun Mahavir menginginkan anak laki-lakinya dapat meneruskan mimpinya.

Kabar buruknya, ia tidak memiliki anak laki-laki. Meski sempat putus asa, namun Mahavir akhirnya memutuskan untuk melatih kedua anak perempuannya untuk menjadi pegulat hebat.   

PK (2014)

Foto: www.imdb.com

Drama komedi satir ini disutradarai oleh Rajkumar Hhirani yang menceritakan tentang alien humanoid (Aamir Khan) yang datang ke bumi untuk menjalankan misi.

Suatu ketika, alien ini melakukan perjalanan ke Delhi untuk mencari remot yang dicuri. Karena tingkahnya aneh, orang-orang pun menganggap dirinya mabuk dan memanggilnya dengan sebutan PK.

Warga pun mengatakan kepadanya bahwa hanya Tuhan yang dapat membantunya untuk menemukan remot itu. PK pun akhirnya mencoba untuk menemukan Tuhan, namun ia merasa bingung karena terdapat berbagai agama dan tradisi yang ada di Delhi.