Sebelum Oscar Berlangsung, 10 Film Terbaik Ini Wajib Ditonton

Foto: www.shutterstock.com

Yep, memang nominasi film yang bertanding di Oscar belum diumumkan. Namun, melirik dari beberapa penghargaan yang sudah memberitahukan nominenya, atau bahkan sudah memproklamirkan pemenangnya (Golden Globe, misalnya), sepertinya ini10 film menuju Oscar. LIMONE tidak memasukkan Joker ke dalam daftar ini, karena kami berasumsi kamu sudah menontonnya (mungkin lebih dari sekali?). Jika asumsi itu salah, silakan tonton film musuh Batman itu. Lalu, lanjutkan dengan menikmati 10 film menuju Oscar ini.

Previous
Next

The Irishman 

Foto: www.imdb.com

Ini film pertama dari 10 film menuju Oscar yang harus kamu tonton. Film ini memang puanjaaang, tepatnya 3 jam 29 menit. Akan tetapi, waktu itu tidak akan terbuang sia-sia. Percayalah. Film ini bercerita tentang Frank Sheeran (Robert De Niro), seorang sopir truk yang banting stir menjadi pembunuh bayaran dan terlibat dengan mafia. Saat dirilis di Netflix November lalu, film ini mendapat banyak pujian terutama kepada Martin Scorsese (sutradara) dan atas penampilan De Niro, Al Pacino, dan Joe Pesci.

Tonton di: Netflix

1917

Foto: www.imdb.com

Pecinta film perang wajib menonton film ini ketika tayang di Indonesia (kabarnya minggu ketiga bulan ini). Film yang berlatar belakang Perang Dunia I ini menceritakan dua prajurit Inggris Lance Cpl. Schofield dan Lance Cpl. Blake. Keduanya mendapat perintah yang kesulitannya hampir mirip dengan mendarat di Mars, yakni melewati teritori musuh untuk mengirimkan pesan. Bukan pesan biasa, karena pesan ini bisa menyelamatkan 1600 prajurit, termasuk saudara laki-laki Blake. Menegangkan? Pasti. Dramatis? Well, sutradaranya adalah Sam Mendes (American Beauty, Skyfall)—jadi tidak perlu diragukan lagi.

Tonton di: Bioskop

Marriage Story

Foto: www.imdb.com

Pecinta Big Little Lies wajib menonton film satu ini. Menggambarkan proses perceraian seorang sutradara dan istrinya yang berprofesi sebagai aktor, film ini sukses menjadi hits ketika pertama kali dirilis di Netflix. Tidak hanya bisa menikmati kehandalan akting Adam Driver (yep, pemeran Dark Vader) dan Scarlett Johansson, kamu juga akan banyak belajar tentang hubungan dan satu kata yang bikin galau banyak orang: cinta. Ohya, film ini juga mendapatkan banyak nominasi di berbagai penghargaan film, di antaranya Bafta dan Golden Globe 2020. 

Tonton di: Netflix

For Sama

Foto: www.imdb.com

For Sama adalah sebuah film dokumenter yang mengikuti jalan hidup Waad al-Kateab, perempuan Suriah berusia 26 tahun dan seorang pembuat film. Dia memfilmkan sendiri lima tahun hidupnya selama berada di kota perang, Aleppo, Suriah. Hidupnya semakin pelik ketika harus memilih: meninggalkan kota demi menyelamatkan anaknya atau tetap di kota tersebut. Film ini dianugerahi Prix L’Œil d’Or untuk Best Documentary di Cannes Film Festival 2019.

Tonton di: Netflix, Amazon Prime 

Parasite

Foto: www.imdb.com

Tema ceritanya sederhana: keluarga miskin bekerja untuk keluarga kaya. Namun, berkat kepiawaian sang sutradara Bong Joon-ho (Okja), kesederhanaan ini menjadi cerita yang tidak bisa diprediksi. Ada banyak isu sosial yang diangkat lewat film ini yang disuguhkan dengan unsur komedi, kekerasan dan ketegangan yang pas. Intinya, kamu tidak akan menyesal menonton film ini —bahkan mungkin ingin menontonnya berkali-kali. Saking kerennya, film ini memenangkan Palme d’or di Cannes Film Festival tahun lalu (film Korea Selatan pertama yang berhasil melakukannya) dan Best Foreign Language Film di Golden Globe 2020 (film Korea Selatan pertama yang berhasil memenangkan Golden Globe).

Tonton di: Amazon Prime Video, Bioskop, On-Demand Service

A Beautiful Day in the Neighborhood

10 film menuju Oscar
Foto: www.imdb.com

Seorang jurnalis Lloyd Vogel (Matthew Rhys) ditugaskan menulis profil ikon televisi Fred Rogers (Tom Hanks) untuk majalah Esquire. Seperti kebanyakan film Hanks, setelah menonton film ini kamu akan merasa bahagia dan terhibur. Film ini dinobatkan oleh TIME sebagai salah satu film terbaik tahun ini. Atas aktingnya sebagai Rogers, Hanks mendapatikan nominasi di Golden Globes, Critics’ Choice, Screen Actors Guild Awards dan BAFTA Awards.

Tonton di: Amazon Prime Video, Bioskop

The Farewell

10 film menuju Oscar
Foto: www.imdb.com

LIMONE pertama kali mendengar cerita ini di sebuah episode podcast This American Life di tahun 2016—dan memang episode yang wajib didengar. Dan film ini diambil berdasarkan cerita itu. Sebuah keluarga yang memutuskan untuk mengadakan pesta pernikahan yang sebenarnya merupakan sebuah pesta perpisahan untuk nenek mereka yang sedang sakit. Plot twist-nya: sang nenek tidak tahu sama sekali bahwa dirinya menderita kanker. Ohya, cerita ini adalah kisah nyata dari hidup Lulu Wang, sutradara dan penulis skenario film ini. Yep, dirinya membagikan cerita itu untuk pertama kalinya di podcast tersebut. Awkwafina mendapatkan best actress in a musical or comedy award di Golden Globe kemarin atas kehebatannya memerankan karakter utama film ini, Billi.

Tonton di: Amazon Prime Video, Google Play, iTunes

The Great Hack

10 film menuju Oscar
Foto: www.imdb.com

Masih ingat skandal data yang melibatkan Cambridge Analytica dan Facebook beberapa tahun yang lalu? Nah, di film dokumentar Carole Cadwalladr membedah peristiwa tersebut dengan sangat detail dan menyeluruh. Meski film ini bukan film horor dengan hantu atau setan, tapi kamu dijamin akan merinding dan merasa takut saat menontonnya. Dan oh, jaga rahangmu baik-baik ya, karena fakta yang diungkapkan akan membuatmu ternganga selama 2 jam 19 menit.

Tonton di: Netflix

Jojo Rabbit

10 film menuju Oscar
Foto: www.imdb.com

Prinsip utama saat menonton film ini: anti-benci. Pasalnya, seorang anak kecil bernama Jojo yang kesepian memiliki seorang teman bernama … Adolf Hitler. Konflik diri dan identitas anak berusia 10 tahun itu diuji ketika mengetahui bahwa ibunya sedang menyembunykan seorang gadis Yahudi. Film ini dengan latar belakang Perang Dunia II ini lucu dan sangat menyentuh.

Tonton di: Bioskop

Honeyland

10 film menuju Oscar
Foto: www.imdb.com

Film dokumenter ini akan membuatmu terkagum-kagum dan terharu. Seorang perempuan beekeeper bernama Hatidze (50 tahun) di Makedonia Utara yang menjaga lebah dengan menggunakan metode kuno. Konflik dan ketegangan kemudian terjadi ketika tetangga baru datang dan menggunakan metode yang berbeda untuk mengambil madu. Pengambilan gambar film ini dlakukan selama tiga tahun dengan memakai kamera tidak terlihat. Hebatnya, tidak sekalipun Hatidze melirik ke kamera.

Tonton di: Google Play, YouTube

itu daftar 10 film menuju Oscar. Sementara ini adalah daftar film romantis dari periode 90an yang akan membuatmu termehek-mehek.

podcast button