Bilang Bosmu: “PowerPoint Sudah Basi”—dan Ini Alternatif yang Lebih Efektif

PowerPoint tidak efektif
Foto: www.istockphoto.com

Apa persamaan Steve Jobs, Jeff Weiner (CEO LinkedIn), Jack Dorsey, (CEO Twitter), Jeff Bezos (CEO Amazon)? Selain super sukses, ketiga orang masuk ke dalam kategori ‘pembenci PowerPoint’. Oh, sebelum kamu bilang “tapi ‘kan, Jobs selalu memakai PowerPoint saat mempresentasikan produknya?”—itu sesuatu yang berbeda. Jobs menggunakan presentasi grafis untuk menunjukkan produknya. Bukan sebagai media utama untuk memaparkan idenya, tulis Geoffrey James, seorang penulis buku dan kolumnis, di publikasi Inc.

Mengapa PowerPoint Tidak Efektif?

James berargumen PowerPoint, membuat orang malas “berdiskusi” dan membuat pendengarnya menjadi pasif. Belum lagi jika di dalam materi PowerPoint disertakan foto-foto dan animasi yang dibuat dengan harapan akan membuat presentasi tidak begitu membosankan. “Ini merupakan asumsi yang merendahkan karena menganggap kolega lain adalah anak kecil yang perhatiannya hanya bisa ditarik dengan gambar-gambar mencolok,” tulisnya di Inc.

Sebuah studi di 2008 menemukan bahwa penggunaan PowerPoint di Purdue University membuat mahasiswa kurang bisa menyerap informasi jika dibandingkan dengan si dosen memberikan materi secara verbal. Sebuah studi dari Harvard menyimpulkan bahwa PowerPoint tidak lebih baik dari presentasi verbal tanpa bantuan visual.

Dengan kata lain, PowerPoint merupakan sesuatu yang sia-sia. Segala usahamu, begadang satu purnama dan membuat kantong mata lebih tebal dari panda untuk memproduksi PowerPoint itu— tidak ada gunanya. Oh.

Ini Alternatif Presentasi Lain yang Lebih Efektif

Jadi adakah metode presentasi lain yang lebih efektif, membuat pendengarnya aktif dan akhirnya melahirkan ide yang bisa mengubah dunia—atau paling tidak kondisi di kantormu? Di publikasi Inc., Geoffrey James memberikan beberapa alternatif.

  • Gunakan briefing document. Bagikan di awal rapat dan isinya adalah menjelaskan dengan singkat “isu apa yang akan didiskusikan” agar semua peserta memiliki pengertian yang sama.
  • Gunakan papan tulis agar rapat lebih interaktif dan dorong peserta rapat untuk menuliskan dengan tangan tentang ide dan informasi yang mereka dapat.
  • Siapkan pidato. Metode ini cocok dipakai dalam situasi pengumuman produk baru (seperti yang dilakukan Steve Jobs) atau rapat besar. Intinya, pertemuan yang tidak melibatkan diskusi. Jika ingin menaruh gambar belakangmu, silakan saja. Asal hati-hati agar tidak memecah konsentrasi peserta rapat. Tips dari James: tonton video Ted Talks atau video pidato bagus lainnya. “Kamu akan melihat [di video itu] mereka sangat jarang menggunakan grafis, dan tidak pernah dalam bentuk bullet-point,” tulisnya.

Untuk yang membutuhkan inspirasi, berikut rekomendasi Ted Talks yang harus kamu tonton—terutama jika statusmu masih lajang.