Enam Aktivitas Ini Membantu Mengurangi BB pada Orang yang Obesitas

tipe olahraga untuk obesitas karena genetik
Foto: www.shutterstock.com

Untuk kamu yang memiliki masalah kelebihan berat badan dan obesitas—ternyata ada cara mencapai berat badan ideal dan menjaganya tetap stabil. Uh-uh. Meski jika obesitas yang kamu alami adalah berkat faktor genetik. Hal ini disimpulkan sebuah studi yang dipublikasikan oleh PLOS Genetics pada Agustus tahun lalu tentang tipe aktivitas untuk mengurangi berat badan (BB) pada obesitas karena genetik.

Untuk mencari tahu metode apa yang bisa dilakukan agar berat badan pada mereka yang mengalami obesitas, para peneliti merekrut lebih dari 18.000 orang dewasa. Partisipan yang berusia antara 30 sampai 70 tahun ini kemudian diamati, baik dari segi genetik per individual maupun rutinitas olahraga mereka. Profil genetik didapatkan dari sampel darah, dan olahraga yang dilakukan mereka selama lebih dari 30 menit dengan frekuensi sekali seminggu.

Seperti yang kita tahu, selain asupan kalori dan lingkungan, genetik juga menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan obesitas. Meski memang patut dicatat bahwa kekuatan pengaruh genetik terhadap kelebihan berat, berbeda pada setiap orang. Menurut sebuah penelitian lain dari tahun 2009, pada sejumlah orang pengaruhnya bisa sampai 20%, sementara pada orang lain bisa setinggi 70% sampai 80%.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi berat badan pada mereka yang memiliki masalah obesitas karena genetik? Menurut penelitian baru ini, sebagian besar aktivitas fisik bisa melakukannya. Akan tetapi ada enam olahraga yang paling efektif untuk mereka yang obesitas karena genetik. Yaaas. Yakni (dari urutan paling efektif): joging, naik gunung, jalan, jalan cepat, menari, dan yoga dengan sesi yang panjang.

Alasannya? Enam olahraga tadi mengharuskan kita melakukan gerakan-gerakan dengan intensitas tinggi sehingga membakar kalori lebih banyak. Terlebih, oleh karena jenis olahraga tadi cenderung menyenangkan untuk dilakukan, jadi kemungkinan besar orang akan tetap dengan senang hati melakoninya untuk jangka panjang. Alhasil, berat badan lebih stabil.

Oh, jika kamu memang bukan penggemar olahraga yang bikin ngos-ngosan, harus coba tipe olahraga ini. Dijamin suka.

podcast button