Makanan Ini Paling Ampuh Membakar Lemak

Foto: www.pexels.com
Last updated:

Di dunia ini salah satu yang ingin kita bakar dengan sukarela dan dalam jumlah cukup banyak adalah lemak. Dan ternyata selain olahraga dan hidup aktif, pembakaran lemak juga bisa dibantu oleh beberapa jenis makanan. Yesss! Intinya, makanan ini bisa meningkatkan fungsi tiroid sehingga membantu sistem di dalam tubuh untuk melakukan detoks secara natural. Hebatnya lagi, makanan dengan efek termogenik (lemak terbakar selagi kita mengunyah) ini bisa kita beli di mana-mana—bahkan warung sebelah! Berikut lima makanan yang ampuh membakar lemak, menurut sains.

ALPUKAT

Foto: www.shutterstock.com

Jika besok tukang sayur kompleks mampir, jangan lupa memborong “buah atau sayur, ya?” ini (jawabannya: buah). Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition Journal, responden yang mengonsumsi setengah alpukat saat makan siang dilaporkan mengalami penurunan keinginan untuk makan (sampai 40%) berjam-jam setelah makan. Wow! Asal tahu saja, alpukat mengandung monounsaturated fats, mannoheptulose, sebuah jenis gula yang menumpulkan perilisan insulin dan meningkatkan penyerapan konsumsi—dua kunci penting untuk mengurangi lemak. Selain itu, buah ini penuh dengan antioksidan, rendah kalori dan kaya vitamin.

TELUR

Foto: www.shutterstock.com

Siapa yang tidak bisa hidup tanpa telur? Beruntunglah kamu karena makanan lonjong ini penuh dengan lemak Omega-3 yang berguna meningkatkan sensivitas insulin. Artinya lingkaran lemak di sekitar perut bisa berkurang!

Ibarat pasangan, telur adalah sumber protein paling sempurna, karena mengandung 9 asam amino esensial dan polyunsaturated fats yang dapat mengurangi inflamasi secara alami dengan cara menekan produksi enzim yang mengikis tulang rawan.

TOGE

Foto: www.canva.com

Tambahkan lebih banyak toge ke dalam bakso dan menu sehari-hari karena sayuran imut ini adalah sumber serat baik, berbagai vitamin, mineral (kalsium, potasium, dan zat besi). Kandungan enzim yang tinggi di dalam toge juga membantu tubuh mengasimilasi nutrisi dan mencerna makanan lebih baik.

CABE

Foto: www.canva.com

Yesss… cabe termasuk dalam kategori ini. Tidak hanya kaya akan vitamin A, C, B6, dan K, juga potasium, cabe merah juga mengandung capsaicin, senyawa yang memiliki efek termogenik. Tubuh akan membakar kalori lebih banyak sampai 20 menit sesudah konsumsi.

TEH HIJAU

Foto: www.shutterstock.com

Bentuknya hanya lembaran hijau, tapi green tea mengandung berbagai hal baik untuk fungsi otak, mengurangi rasa ‘pengen makan melulu’ dan terbukti mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Sementara matcha mengandung catechin, antioksidan super hebat yang bisa mendetoks tubuh secara alami.

Wah, ternyata tidak sulit mencari makanan yang bisa membantu membakar lemak? Dari lima makanan disebut di atas, mana yang paling tidak kamu suka? Ooops, orang dewasa ada juga lho, yang benci sayur!