13 Drama Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2020

drama korea terbaik

Tunjuk tangan siapa yang selalu mengisi akhir pekan dengan binge-watching drama Korea? Uh-uh, K-drama memang menjadi hiburan favorit bagi semua kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Dan negara itu pun terus memproduksi drama serial  yang menyajikan alur cerita yang menarik serta para pemain yang menawan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini cukup banyak drama Korea yang dapat dinikmati penonton. Jika kamu berniat untuk menonton namun bingung harus menonton yang mana, berikut LIMONE sajikan 13 drama Korea terbaik 2020.

It’s Okay to Not Be Okay

drama korea terbaik
Foto: www.imdb.com

Drama ini menceritakan Moon Kang Tae, seorang pria yang bekerja di bangsal psikiatri. Ia memiliki tugas untuk mencatat kondisi pasien dan membantu pasien yang mengalami kejadian aneh. Ia bertemu dengan Ko Moon Young, seorang penulis buku anak-anak yang terkenal.

Namun Moon Young menderita gangguan kepribadian antisosial, sehingga memiliki sikap egois, sombong, dan kasar. Keduanya perlahan mulai menyembuhkan luka emosional satu sama lain. Seiring berjalannya waktu, akhirnya mulai terungkap kebenaran masa lalu yang menghantui hidup mereka selama ini. 

Mystic Pop-up Bar

drama korea terbaik
Foto: www.imdb.com

Mystic Pop-up Bar menyajikan 3 latar tempat yakni dunia asli, alam mimpi, dan alam baka. Drama ini mengisahkan tentang seorang wanita yang berusia 500 tahun bernama Wol Ju. Ia merupakan pemilik kedai pinggir jalan yang bertugas untuk menyelesaikan masalah dari 100.000 orang. Jika ia tidak berhasil, maka ia akan lenyap dan dikirim ke neraka.

Ketika kebingungan untuk menyelesaikan misi, ia bertemu dengan Han Kang Bae, seorang pegawai toko yang memiliki kekuatan khusus. Kang Bae akhirnya membantu Wol Ju dan Manajer Gwi, asisten dari Wol Joo. Dapatkah mereka membantu 100.000 orang? 

Itaewon Class

drama korea terbaik
Foto: www.imdb.com

Ketika hari pertama pindah ke sekolah barunya, Park Sae-Ro-Yi harus meninju teman sekelasnya yang bernama Jang Geun-Won yang telah mem-bully rekan sekelasnya yang lain. Ternyata Geung-Won adalah anak dari Jang Dae-Hee, bos dari ayah Sae-Ro-Yi. Dae-Hee menuntut Sae-Ro-Yi untuk meminta maaf, namun ia justru menolaknya sehingga membuatnya dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya dipecat.

Akibatnya, sang ayah meninggal karena ditabrak oleh Geun-Won. Ia pun akhirnya membalas dendam kepada Geun-Wom. Sayangnya, ia tidak mendapatkan keadilan dan justru dipenjara. Selepas dari penjara, ia memutuskan untuk membalas dendam lagi.

Hospital Playlist

drama korea terbaik
Foto: www.imdb.com

Drama ini menceritakan tentang lima dokter yang telah berteman akrab sejak kuliah, yakni Lee Ik Joon, Ahn Jeong Won, Kim Jun Wan, Yang Seok Hyeong, dan Chae Song Hwa. Pertemanan itu berlangsung hingga mereka menjadi dokter spesialis yang hebat dan bekerja di rumah sakit yang sama, Rumah Sakit Yuljae. Mereka menjalani hidup dengan sederhana di tengah suasana rumah sakit yang menegangkan.

Drama ini menggambarkan kehidupan dokter, layaknya seperti manusia biasa yang sering mengonsumsi mi instan dan membentuk sebuah band di tengah kegiatan yang padat. Untuk mendalami karakter, para aktor bertemu dan belajar langsung dari para dokter, hingga masuk ke ruang operasi untuk mempelajarinya. 

The School Nurse Files

Foto: www.imdb.com

The School Nurse Files mengisahkan tentang Ahn Eun Young, seorang perawat yang bekerja di sebuah sekolah. Ia memiliki kemampuan melihat makhluk supranatural yang berbentuk seperti jeli. Untuk memasmi makhluk-mahluk aneh itu, ia menggunakan pedang mainan.

Oleh karena penasaran dengan misteri sekolah tersebut, Eun Young berniat memecahkannya dengan bantuan seorang guru Mandarin bernama Hong In Pyo. In Pyo memiliki kekuatan khusus yang bisa mengisi kembali kekuatan Eun Young dan melindunginya.

Start-Up

Foto: www.imdb.com

Untuk membantu sang nenek mencari uang, Seo Dal Mi harus rela keluar dari universitas dan mengambil pekerjaan paruh waktu. Ia pun bermimpi untuk menjadi orang sukses seperti Steve Jobs. Di sisi lain, Nam Do San merupakan CEO dari Samsan Tech yang merupakan pemenang olimpiade matematika. Ia merintis perusahaan pemrograman yang sudah berdiri selama dua tahun, bersama teman-temannya.

Namun hingga saat ini, perusahaan tersebut tidak berjalan dengan baik. Mereka berusaha untuk mendapatkan investor demi mendapatkan uang. Suatu ketika, Nam Do San bertemu dengan Dal Mi, hubungan keduanya semakin dekat hingga akhirnya merintis perusahaan bersama.

Tale of The Nine Tailed

Foto: www.imdb.com

Lee Yeon, merupakan roh gunung yang mengorbankan hidupnya sebagai dewa gunung demi menghidupkan kembali wanita yang ia cintai, A Eum. Lee Yeon kini menjadi rubah berekor sembilan namun dalam wujud manusia.

Di kehidupan lain, Nam Ji A, seorang dokumenter yang mencari cerita tentang hal-hal supranatural. Ia teringat akan kejadian tahun 1999 saat ia mengalami kecelakaan dan ada seorang pria yang menyelamatkannya. Saat meninjau kembali rekaman CCTV dari tempat kejadian tersebut, ia melihat seorang pria menyelamatkannya dengan payung merah dan dia adalah Lee Yeon.

Flower of Evil

drama korea terbaik
Foto: www.imdb.com

Menceritakan tentang seorang wanita bernama Cha Ji Won, yakni seorang detektif yang menikah dengan Baek Hee Sung. Pernikahan ini dikaruniai seorang putri. Baek Hee Sung merupakan suami dan ayah yang berkomitmen. Namun di balik itu semua, Hee Sung menyembunyikan masa lalunya yang kelam dan hidup menggunakan identitas orang lain, serta menipu keluarganya terkait identitas aslinya. Ji Won pun akhirnya mulai curiga dan berusaha mencari kebenaran dari jati diri Hee Sung. 

Search

Foto: www.imdb.com

Drama bertema militer ini menceritakan pertempuran di zona demiliterisasi Korea. Karena kasus pembunuhan yang terjadi di zona demiliterisasi, maka pemimpin militer memutuskan untuk membentuk grup pencarian, salah satu anggota yang terpilih adalah Yong Dong Jin. Ia merupakan sersan yang hampir menyelesaikan masa tugas yang memiliki kemampuan sebagai pawang anjing pelacak.

Dong Jin ternyata harus bertugas dengan Son Ye Rim, mantan kekasihnya. Konflik semakin memanas ketika mereka menyadari bahwa penyebab pembunuhan di zona demiliterisasi bukanlah manusia biasa. 

The Uncanny Counter

drama korea terbaik
Foto: www.imdb.com

The Uncanny Counter merupakan drama yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Drama Korea ini mengisahkan tentang sekelompok orang yang tergabung dalam grup bernama Counter. Mereka bertugas untuk memburu roh jahat yang berniat hidup kekal di bumi.

Untuk menjalankan misinya, mereka menyamar sebagai karyawan di sebuah restoran. Anggota Counter memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Mulai dari kekuatan fisik hingga membaca ingatan seseorang. Tak hanya itu, mereka juga memiliki masa lalu yang berbeda-beda. Lantas, dapatkah mereka menangkap roh jahat dengan menggunakan kekuatan yang mereka miliki? 

18 Again

Foto: www.imdb.com

Sepasang suami istri Hong Dae Young dan Jung Da Jung memiliki anak kembar berusia 18 tahun. Rumah tangga mereka awalnya baik-baik saja, namun tiba-tiba Jung Da Jung menggugat cerai. Dae Young akhirnya melakukan segala cara untuk mempertahankan keluarganya. Namun tiba-tiba tubuh Dae Young berubah menjadi remaja kembali. Ia pun mencoba menerima takdir dan menjalankan kehidupan sebagai Dae Young muda.

Ia kembali ke sekolah di tempat yang sama dengan kedua anaknya. Saat itulah dia mengetahui bahwa putrinya bekerja sambilan di sebuah mini market. Sementara putranya sering mendapatkan perundungan dari rekan sekolahnya. Dae Young muda pun bertekad  untuk melindungi anak-anaknya.

Record of Youth

Foto: www.imdb.com

Record of Youth menceritakan tentang Sa Hye Jun, seorang laki-laki yang berprofesi sebagai model dan bekerja paruh waktu di sebuah restoran. Ia memiliki teman bernama Won Hae Hyo yang juga seorang model terkenal. Meski berprofesi sama, keduanya memiliki latar belakang dan status ekonomi yang berbeda.

Suatu hari, Hye Jun dan Hae Hyo bertemu dengan Ahn Joeng Ha, seorang penata rias yang juga penggemar berat Hye Jun. mereka bertiga memiliki keinginan untuk mewujudkan impiannya masing-masing, namun mereka harus berhadapan dengan tantangan hidup yang beragam.

Private Lives

Foto: www.imdb.com

Drama Korea ini mengisahkan aksi empat penipu dalam mengungkap rahasia besar negara serta kehidupan pribadi orang lain. Cha Joo Eun, seorang penipu yang berpenampilan seperti perempuan yang manis dan lugu. Suatu hari Joo Eun bertemu dengan Lee Jung Hwan, seorang manajer yang identitasnya sulit untuk diketahui. Joo Eun dan Jung Hwan jatuh cinta dan memutuskan untuk berkencan dengan tetap menjalankan perannya sebagai penipu. Joo Eun memiliki pesaing terkuat yakni Jung Bok Ki dan Kim Jae Wook, sesama penipu yang mampu meraih keuntungan dalam jumlah besar.

Selanjutnya: Daftar Film Korea Sedih yang Akan Membuat Air Mata Mengalir Deras.