10 Film Korea Sedih yang Akan Menguras Emosi dan Air Mata

film korea sedih
Foto: Istimewa

Siapa yang menyukai kesedihan? Mayoritas mahluk hidup di Bumi ini mungkin akan tidak mengangkat tangan saat pertanyaan tersebut dilontarkan. Namun hal ini tidak berlaku untuk film. Banyak orang yang justru menyukai film dengan genre sedih. Salah satu negara yang banyak memproduksi film sedih adalah Korea.

Negeri gingseng ini nyatanya tidak hanya menghasilkan drama romantis, Korea juga memproduksi film yang dapat menguras air mata dan mengaduk-aduk emosimu. Jangan lupa untuk siapkan diri dan tissue untuk menemanimu menonton 10 rekomendasi film Korea sedih berikut ini.

Kim Ji Young Born 1982 (2019)

film korea sedih
Foto: www.imdb.com

Kim Ji Young Born 1982 merupakan film Korea sedih yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang Ji Young, perempuan yang terpaksa berhenti dari pekerjaannya dan harus menjadi seorang ibu rumah tangga seutuhnya. Hal ini membuatnya kelelahan dan membuat Ji Young bertingkah aneh. Ia terkadang berperan sebagai orang lain seperti berbicara dengan cara yang mirip ibunya atau neneknya.

Suaminya, Dae Hyeon, merasakan istrinya berubah hingga akhirnya Dae Hyeon mendatangi seorang psikiater.  Sementara Ji Young masih merasa dirinya baik-baik saja. Film ini menuai kontroversi dari masyarakat Korea Selatan hingga membuat petisi kepada presiden untuk melarang penayangan film Kim Ji Young Born 1982.

Be With You (2018)

Foto: www.imdb.com

Mengisahkan tentang keluarga kecil yang terdiri dari sang ibu bernama Soo Ah; ayah, Woo Jin; dan seorang anak laki-laki, Ji Ho. Awalnya, keluarga kecil ini hidup dengan penuh kebahagiaan. Namun tiba-tiba sang ibu meninggal karena sakit dan membuat Woo Jin harus menjadi orang tua tunggal.

Sang anak, Ji Hoo masih merasa bahwa ibunya belum meninggal dan berdasarkan buku cerita yang sering ia baca, ia pun percaya bahwa ibunya suatu saat akan kembali. Suatu ketika, Ji Ho dan Woo Jin menemukan wanita yang mirip dengan Soo Ah, apakah ini berarti Soo Ah hidup kembali?

A Moment to Remember (2004)

film korea sedih
Foto: www.imdb.com

Film legendaris ini merupakan salah satu film Korea sedih yang mendapatkan penilaian tinggi sebesar 8,2 di IMDb. Menceritakan tentang seorang wanita yang bernama Su Jin yang tanpa sengaja bertemu dengan Chul Soo. Karena merasa tertarik, akhirnya Su Jin mulai mendekatinya hingga akhirnya mereka menikah.

Namun masalah muncul ketika Su Jin sering melupakan banyak hal, bahkan ia sampai lupa jalan pulang ke rumah. Akhirnya Su Jin menemui dokter dan mengetahui bahwa ia mengidap Alzheimer. Lama kelamaan sang suami mengetahui penyakit Su Jin, dan bersikeras membuat Su Jin tidak melupakannya. Sayangnya, Su Jin memilih meninggalkan Chul Soo karena merasa akan membebani suaminya. Lantas apakah Chul Soo menerima keputusan Su Jin? Persiapkan masker mata setelah menonton film Korea sedih ini.

The Preparation (2017)

film korea sedih
Foto: www.imdb.com

Segala sesuatu yang dipersiapkan dengan baik pasti akan menghasilkan keberhasilan. Begitupun yang dipikirkan oleh Ae Soon, ibu tunggal yang memiliki seorang anak dengan keterbelakangan mental yang hanya memahami tidur, makan, dan bermain.

Sewaktu didiagnosis mengidap penyakit kanker ganas dan diprediksi hanya memiliki waktu kurang lebih selama 6 bulan, hal pertama yang Ae Soon pikirkan adalah kehidupan sang anak. Ia pun akhirnya melatih putranya untuk dapat bertahan dan melanjutkan hidup ketika ia meninggal. 

My Annoying Brother (2016)

film korea sedih
Foto: www.imdb.com

Film Korea sedih ini mengisahkan tentang seorang atlet judo, Doo Young, yang kehilangan penglihatannya secara permanen akibat cedera dalam sebuah kompetisi. Doo Young merupakan anak yatim piatu dan hanya memiliki seorang kakak, Doo Shik, yang merupakan seorang narapidana.

Dengan kondisi sang adik yang mengalami buta permanen, Doo Shik menjadikan kesempatan ini untuk keluar dari penjara dengan alasan ingin merawat adiknya. Sayangnya setelah keluar dari penjara, Doo Shik justru mengabaikan sang adik. Seiring berjalannya waktu, hubungan keluarga ini akhirnya mulai harmonis. Namun hal buruk tiba-tiba harus menghadapi keluarga ini, Doo Shik didiagnosis menderita kanker stadium akhir. Ah, membaca sinopsis saja membuat hati sedih, ya.

Miracle in Cell No 7 (2013)

Foto: www.imdb.com

Film Korea sedih ini menceritakan perjuangan seorang ayah, Yong Go, yang ingin membelikan sebuah tas untuk anaknya, Ye Sung. Sayangnya tas tersebut sudah dibeli oleh gadis lain, Ji Yeong. Ketika Yong Go bertekad untuk meminta pemilik toko untuk tidak menjual tas tersebut, ayah Ji Yeong justru memukuli Yong Go. Untungnya, Ji Yeong berbaik hati dan menunjukkan toko lain yang menjual tas itu.

Namun nasib berkata lain, di perjalanan Ji Yeong justru meninggal dunia, Yong Go pun dituduh membunuh Ji Yeong. Ayah Ji Yeong memaksa Yong Go untuk mengaku bahwa ia telah membunuh Ji Yeong. Ia juga mengancam akan membunuh Ye Sung jika Yong Go tidak menurutinya. Apakah yang akan dilakukan Yong Go?

Hope (2013)

film korea sedih
Foto: www.imdb.com

Hope merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Menceritakan tentang seorang anak perempuan, Im So Won, yang memiliki trauma karena pelecehan yang dialaminya. ketika So Won akan berangkat sekolah, ia tiba-tiba diperkosa oleh seorang pria di dalam toilet umum. Akibat pemerkosaan yang sadis, So Won pengalami trauma berat yang membuatnya takut untuk bertemu pria dewasa, termasuk ayahnya.

Sang ayah akhirnya melakukan beragam cara untuk dapat bertemu dengan putri semata wayangnya. Dengan cerita yang mengangkat isu sosial, film ini mendapatkan penghargaan kategori film terbaik dalam Blue Dragon Film Awards ke-34. 

On Your Wedding Day (2018)

Foto: www.imdb.com

Film ini menceritakan tentang perjuangan Hwang Woo Yeon untuk mendapatkan hati Seung Hee, murid baru di sekolahnya. Ia pun membantu Seung Hee untuk menjadi pacar pura-pura agar Seung Hee tidak diganggu di sekolah. Akhirnya keduanya menjadi dekat dan sering menghabiskan waktu berdua. Sayangnya kedekatan mereka tidak bertahan lama lantaran Seung Hee harus pindah ke kota lain. Kejadian ini membuat Woo Yeon dan Seung Hee tidak pernah bertukar kabar.

Hingga akhirnya Woo yeon melihat foto Seung Hee di sebuah brosur pendaftaran mahasiswa baru. Dengan tekad yang kuat, akhirnya Woo Yeon memutuskan untuk belajar dengan giat hingga akhirnya bisa masuk ke Universitas Hankook. Ia akhirnya bertemu dengan Seung Hee yang telah memiliki seorang kekasih. 

One Day (2017)

Foto: www.imdb.com

One Day bercerita tentang seorang staff asuransi, Gang Soo, yang mengalami depresi setelah kematian sang istri. Lambat laun akhirnya Gang Soo dapat kembali bekerja dan bertugas untuk memeriksa kasus seorang wanita bernama Mi So yang sedang dalam keadaan koma. Ketika tiba di rumah sakit,

Gang Soo bertemu dengan Mi So dan anehnya hanya ia yang bisa melihat wanita ini. Mi So menyadari bahwa dirinya adalah seorang roh karena ia melihat tubuhnya berbaring di ranjang rumah sakit. Ketika ia mengetahui bahwa Gang Soo dapat melihatnya, ia pun berharap Gang Soo dapat membantunya mewujudkan sesuatu.

Ode to My Father (2014)

Foto: www.imdb.com

Film ini bercerita tentang sosok Deok Soo yang mencoba melarikan diri dari zona perang hingga akhirnya harus kehilangan ayah dan adiknya. Ia akhirnya melakukan perjalanan ke kota Busan dengan keluarganya yang tersisa.

Selama di Busan, ia teringat akan janji yang diucapkannya dengan sang ayah untuk melindungi dan menjaga keluarganya. Akhirnya Deok Soo bekerja keras untuk menghidupi keluarganya yang tersisa dengan berbagai macam cara. Tidak hanya menjadi (sepertinya) salah satu film Korea tersedih, film ini menduduki peringkat kedua dalam daftar film terlaris Korea sepanjang masa.

Selanjutnya: Film Komedi Korea Terbaik Wajib Tonton.