13 Rekomendasi Buku dengan Tema Pengorbanan yang Wajib Kamu Baca

pengorbanan
Foto: Istimewa

Ada banyak tema buku yang bisa membuat kita baper bahkan mungkin menangis tersedu-sedu, salah satunya adalah pengorbanan yang dilakukan demi menyelamatkan orang-orang yang dicintai. Jika kamu adalah pecinta buku yang membuat hati tercekat dan mengharu-biru, maka berikut 13 rekomendasi novel dengan tema pengorbanan yang bisa kamu baca.  

Harry Potter and the Deathly Hallows | J. K. Rowling

pengorbanan
Foto: www.goodreads.com

Setelah memasuki usia 17 tahun, kini Harry Potter mulai diincar oleh Voldemort dan para pengikutnya. Bersama kedua sahabatnya, Ron dan Hermione, Harry pun melakukan perjalanan demi menghindari musuh terbesarnya. Selain itu, mereka bertiga juga mulai menyelidiki simbol-simbol yang diwarisi oleh Albus Dumbledore.

Di sisi lain, ketiganya dan seluruh penghuni Hogwarts juga harus mati-matian mempertahankan sekolah mereka. Alhasil, terjadilah adu sihir yang membuat banyak tokoh menghembuskan napas terakhir mereka. Beberapa tokoh penting seperti Fred Weasley, Remus Lupin, dan Nymphadora Tonks berani untuk melakukan pengorbanan demi mendukung Harry.  

Last Sacrifice | Richelle Mead

Foto: www.goodreads.com

Seri keenam dari Vampire Academy ini melanjutkan kisah Rose Hathaway yang senang untuk melanggar hukum. Ia melarikan diri dari Akademi St. Vladimir, jatuh cinta dengan gurunya, dan berani menantang Ratu Tatiana. Saat ini, Rose dipenjara dengan tuduhan pembunuhan seorang raja.

Dan sekarang, Rose baru tersadar bahwa ia telah kehilangan kesempatan kedua. Rose pun mulai bertanya-tanya siapa yang akan menyelamatkannya untuk terbebas dari tuduhan yang mengancam hidupnya.

The Promise of Jenny Jones | Maggie Osborne

pengorbanan
Foto: www.goodreads.com

Seorang ibu mengorbankan diri dengan rela ditembak mati menggantikan Jenny Jones. Sebagai gantinya, Jenny harus berjanji untuk bisa mengantarkan anak perempuannya hingga selamat ke California.

Awalnya, hubungan Jenny dan anak perempuan tersebut, Graciela, sangat tidak harmonis. Namun, dengan berlalunya waktu, keduanya berhasil mengatasi perbedaan mereka. Selain itu, hadir Ty Sanders, seorang koboi misterius dengan agenda tersembunyi.

The Help | Kathryn Stockett

pengorbanan
Foto: www.goodreads.com

Buku ini mengangkat tema perbudakan yang menjadi bagian dari masyarakat Amerika pada 1960an. The Help diceritakan dengan sudut pandang tiga orang tokoh utama, yakni Aibileen, yang merupakan seorang pengasuh anak, di mana ia mencintai anak yang diasuhnya dengan sepenuh hati layaknya seperti anaknya sendiri.

Selain itu, terdapat kisah Minny yang bekerja sebagai juru masak di kediaman Miss Hilly, teman dari Miss Skeeter dan majikan Aibileen. Cerita pun dilanjutkan oleh Miss Skeeter, perempuan kulit putih yang  memiliki cita-cita sebagai seorang penulis.

The Lovely Bones | Alice Sebold

Foto: www.goodreads.com

Susie Salmon, seorang anak perempuan muda yang baru saja melewati ladang jagung sebagai jalan pintas untuk menuju rumahnya. Ia pun bertemu dengan George Harvey, tetangganya yang tinggal sendirian. Harvey pun membujuk Susie untuk melihat sebuah ruangan bawah tanah yang baru saja digali olehnya.

Ketika Susie masuk ke ruangan tersebut, Harvey memperkosa dan memutilasi tubuhnya. Serta memasukkan potongan mayatnya ke dalam brankas besar. Ayah Susie, Jack, merasa tidak terima dan melakukan segala cara untuk menyelidiki kematian putrinya.

Dear John | Nicholas Sparks

pengorbanan
Foto: www.goodreads.com

John hidup di pesisir pantai bersama dengan sang ayah. Karena tidak pernah memarahinya, John pun menjadi sosok yang pemberontak dan merasa bebas. Ia pun selalu bersikap acuh kepada sang ayah. Suatu ketika, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Savannah. Berkat gadis itu, John baru menyadari bahwa sang ayah menderita penyakit Asperger.

Karena merasa bersalah, John pun akhirnya berubah dan mulai merawat sang ayah. Di tengah kesibukannya, ia rela mendampingi ayahnya yang sakit parah hingga menghembuskan napas terakhir.

The Secret Life of Bees | Sue Monk Kidd

pengorbanan
Foto: www.goodreads.com

Hidup Lily Owens dipenuhi oleh kenangan buruk, mengingat ibunya terbunuh dan ayahnya yang memiliki sifat kejam. Karena putus asa, Lily pun melarikan diri dibantu dengan pengasuhnya, Rosaleen. Mereka berdua tiba di Tiburon, kota yang menyimpan masa lalu ibunya. Lily pun bertemu dengan tiga perempuan yang memiliki hubungan dengan sang ibu, yakni August, July, dan May.

To Kill a Mockingbird | Harper Lee

pengorbanan
Foto: www.goodreads.com

Scout tinggal bersama dengan ayahnya, Atticus dan kakak laki-lakinya, Jem, di sebuah pinggiran kota. Ia dan Jem sering melakukan petualangan, dan yang paling menantang ketika menyelidiki tentang Boo Radley, tetangga mereka yang tidak pernah terlihat wujudnya. Namun siapa sangka bahwa Boo justru menyelamatkan nyawa Scout dan Jem ketika ingin dicelakai oleh Bob Ewell.

Pasalnya, Bob Ewell memiliki dendam terhadap Atticus sehingga ingin melukai Scout dan Jem. Berkat pengorbanan yang dilakukan oleh Boo, kedua anak Atticus pun berhasil selamat.

Soul to Take | Helen Bateman

Foto: www.goodreads.com

Soul to Take menceritakan tentang empat wanita, Vicky, Nell, Shannon, dan Sarah yang telah menjadi seorang ibu. Dalam bukunya, Helen Bateman menuturkan bagaimana sikap para wanita tersebut ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan hidup.

The Bridges of Madison County | Robert James Waller

pengorbanan
Foto: www.goodreads.com

Francesca Johnson merupakan seorang wanita yang memiliki suami dan dua orang anak. Seperti ibu rumah tangga pada umumnya, ia menghabiskan waktunya untuk menyapu, mencuci pakaian, dan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Namun sesungguhnya, ia sangat jenuh dan bosan dengan rutinitasnya. Hingga akhirnya seorang pria paruh baya bernama Robert yang mampir ke rumahnya.

Fotografer majalah ini sedang mencari informasi lokasi sebuah jembatan yang ada di kota tersebut. Berkat kejadian tersebut, benih-benih cinta pun muncul di antara keduanya.

The Memory Keeper’s Daughter | Kim Edwards

Foto: www.goodreads.com

David memutuskan untuk menyerahkan dan menitipkan putri keduanya, Phoebe, yang menderita down syndrome ke panti asuhan. Pasalnya, penyakit ini juga diderita oleh June, adik David yang meninggal di usianya ke-12 tahun. David tidak ingin Norah, istrinya, menderita kehilangan seperti yang dialami oleh ibunya dulu.

Karena merasa tidak tega, Caroline Gill, sang pengasuh, justru membawa Phoebe dan merawatnya. Ia pun melakukan segala cara dan pengorbanan agar Phoebe dapat tetap hidup dan tidak mendapatkan perlakuan buruk dari lingkungan sekitar.

The Last Song | Nicholas Sparks

Foto: www.goodreads.com

Ronnie merupakan seorang remaja yang bebas. Ia selalu berpesta dan melakukan hal-hal tidak biasa lainnya. Pemberontakan ini bukanlah tanpa alasan. Perceraian orang tuanya merupakan awal dari masalah yang terjadi dalam hidupnya. Ia sangat membenci ayahnya yang dianggap telah menelantarkan Ronnie, adiknya, dan ibunya.

The Pilot’s Wife | Anita Shreve

Foto: www.goodreads.com

Menjadi seorang istri pilot membuat Kathryn selalu memikirkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada suaminya, Jack Lyons. Apalagi ketika suatu malam, seseorang datang dan mengabarkan bahwa pesawat yang dikemudikan Jack meledak dan jatuh. Padahal, di hari terakhir ia bertemu dengan suaminya, Kathryn merasa tidak mendapatkan firasat apa pun.

Beberapa orang menduga bahwa Jack melakukan upaya bunuh diri dan terlibat dalam sebuah konspirasi. Namun, Kathryn masih tidak percaya dan di sisi lain harus melindungi anak semata wayangnya. Ia pun berjuang untuk tetap hidup dan pada saat bersamaan, berusaha mengungkap rahasia di balik kematian suaminya.