Bukan Sihir Bukan Sulap: Lakukan Ini agar Dapur Lebih Cantik

Foto: www.shutterstock.com

Ah, dapur—tempat segala keajaiban terjadi, mulai dari memasak sampai pembicaran dari hati ke hati bersama anggota keluarga lain. Akan tetapi, kita sering kali lupa menjaga kerapian dan kecantikannya, apalagi jika posisinya di sudut terjauh di dalam rumah. Makin parah jika kita penganut paham, “ah, ntar juga berantakan lagi.” Nah, lho! Mengerti banget sih, terutama jika “jangankan bersihin dapur, bersihin diri sendiri aja nggak punya waktu.” Well, untuk membantu meringankan hidupmu (sedikit), coba terapkan beberapa tips berikut agar dapur lebih cantik.

Buat Aturan di Dapur

IKEA – Tempat Sampah Berpedal, Biru

Peraturan seperti: setiap kali menggunakan barang, kembalikan ke tempat semula. Atau, bersihkan segera setelah memakai. Tuliskan peraturan ini, tempelkan di tempat-tempat strategis (pintu kulkas, pintu lemari, pintu dapur, dll)—bila perlu bagikan di WhatsApp group. Buat kesepakatan dengan anggota keluarga atau pengguna dapurnya tentang konsekuensi jika tidak melakukannya.

Oh, jangan lupa: setiap orang (kecuali balita) yang melihat tempat sampah penuh—wajib mengosongkannya.

Kelompokkan Perkakas Dapur

Livien Furniture – Celine Slide Cabinet

Ah, yang satu ini mungkin butuh satu harian untuk melakukannya. Pilih satu hari dalam seminggu bersama anggota lain—dan tepati jadwal ini.

Letakkan alat-alat masak utama yang biasa digunakan di sekitar kompor atau area memasak, sementara bumbu-bumbu di laci dekat kompor. Lalu simpan peralatan yang jarang dipakai di dalam lemari atau di rak penyimpanan. Perhatikan barang-barang yang mulai berkarat atau gagangnya sudah tak sekokoh pertama kali beli. Jika memungkinkan, ganti dengan yang baru. Ohya, agar tidak terlalu banyak tempat penyimpanan di dapur, carilah furnitur multifungsi yang bisa bertindak sebagai meja dan laci sekaligus.

Gunakan Warna Cerah

RoomMates – Coffee House Peel & Stick Wall Decals, Multicolor

Selain memperhatikan penataan barang-barangnya, warna ruangan juga perlu kamu perhatikan. Untuk dinding dapur gunakan warna yang cerah. Atau lapisi dengan kertas dinding bermotif agar tampak lebih segar.

Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Livien Furniture – Rak Dinding Dapur Raisha

Manfaatkan dinding yang kosong dengan menempelkan rak untuk menyimpan bumbu-bumbu, piring, mangkuk, panci, dsb. Ini adalah salah satu trik bila dapurmu kecil tapi koleksi perkakasmu banyak. Tatalah dengan rapi mulai dari ukuran besar ke ukuran sedang hingga paling kecil.

Tambahkan Tanaman Hijau atau Bunga

@urbanlittlegarden – Paket 6 Tanaman Indoor/Semi Outdoor

Menambah tanaman hijau di ruangan dipercaya akan memperlancar sirkulasi udara serta menghilangkan racun di dalam ruangan. Vas cantik yang diletakkan di tengah meja atau di samping jendela juga akan menyulap dapurmu menjadi lebih asri.

Lancarkan Sirkulasi Udara

topfire.id – Tirai Gorden Pendek Ukuran 150x45cm Motif Print Flamingo

Ventilasi dapur yang baik akan menghilangkan masalah bau tak sedap di dalam ruangan, serta kepulan asap ketika memasak. Oleh sebab itu, agar ruangan tetap terjaga udaranya, buka jendela dapur setiap hari. Biarkan sinar matahari langsung ke ruangan dapur agar udara tetap segar.

Pilih Peralatan yang Tepat

KitchenAid Artisan – 4.8L Stand Mixer Merah

Memiliki perangkat dapur yang lengkap memang sangat diinginkan semua orang. Akan tetapi, bukan berarti semuanya harus dalam ukuran yang besar. Untuk tidak membuat ruangan sumpek, cobalah untuk memilih peralatan sesuai dengan ukuran dapur dan lahan yang tersedia.

Sudah tidak sabar menghiasi dan merapikan dapur? Percayalah, ini adalah aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan! Dan seandainya kamu butuh liburan setelah membersihkan dapur, coba satu dari 10 destinasi ini.