Ingin Rumah Lebih Nyaman? Terapkan Konsep Ikigai di Setiap Ruangan

ikigai adalah
Foto: www.pexels.com

Pernah merasa bosan saat berada di rumah? Mungkin hal ini juga bisa dipengaruhi oleh konsep dan gaya ruangan. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan menerapkan filosofi ala Jepang yang akhir-akhir ini sering dibicarakan: ikigai. Yup, ikigai adalah cara untuk membuat hidupmu lebih bermakna.

Saat diaplikasikan pada hunian, nantinya anggota keluarga dapat merasa nyaman berada di rumah.

Apa Itu Ikigai?

ikigai adalah
Foto: www.unsplash.com

Akhir-akhir ini, kita mungkin sering mendengar kata “Ikigai”, sebuah filosofi dari bahasa Jepang yang berartikan ‘tujuan dan nilai hidup dalam menghadapi hari’.

Secara harfiah, kata ikigai adalah berasal dari kata ‘iki’ yang berarti kehidupan dan ‘gai’ yang berarti nilai. Sehingga singkatnya istilah ini untuk menjelaskan kesenangan dan makna dari kehidupan.

Tak jarang, kita pernah merasa kehilangan arah atau yang sering disebut dengan krisis eksistensi diri. Dalam kondisi tersebut, rasanya sangat sulit untuk menemukan alasan pasti agar bisa bangun di pagi hari.

Jika kamu tengah mengalaminya, maka cobalah untuk menerapkan ikigai. Sebab, semakin menemukan makna dalam kehidupan, maka tingkat harapan hidup pun semakin meningkat. Karena kamu bisa merasa senang di setiap harinya.

Begitu juga saat kamu menerapkan konsep ini pada hunian, dijamin para anggota keluarga pun akan lebih nyaman berada di rumah.

Bagaimana Cara Menemukan Ikigai?

bagaimana cara menemukan ikigai | | Ingin Rumah Lebih Nyaman? Terapkan Konsep Ikigai di Setiap Ruangan
Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, ikigai terdiri dari empat elemen, yakni passion, mission, vocation,  dan profession. Saat ingin menerapkan filosofi ini, maka kamu perlu menyeimbangkan empat elemen tersebut.

Passion

Elemen yang satu ini dapat diartikan sebagai sesuatu yang kita senangi dan merasa bahagia jika melakukan hal tersebut.

Mission

Sementara mission merupakan hal-hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. Yang mana nantinya kita bisa berkontribusi dalam hal tersebut.

Vocation

Pada elemen yang ketiga ini adalah sesuatu yang bisa kita lakukan dan menghasilkan suatu pendapatan. Sebab, demi bertahan hidup maka kita harus memiliki penghasilan.

Profession

Profession merupakan istilah untuk menggambarkan sesuatu yang menjadi keahlian kita. Ini bisa ditempuh lewat pendidikan atau kursus.

Selain diterapkan untuk menjalani hidup, istilah yang berasal dari Jepang juga bisa diaplikasikan pada hunian. Ikigai bisa dijadikan konsep rumah yang asri, menenangkan, dan pastinya memiliki tata ruang fungsional.

Bagaimana Menerapkan Konsep Ikigai di Rumah?

bagaimana menerapkan konsep ikigai dalam hunian | | Ingin Rumah Lebih Nyaman? Terapkan Konsep Ikigai di Setiap Ruangan
Foto: www.pexels.com

Kamu  bisa menerapkan konsep ikigai dengan meningkatkan kesadaran terhadap manfaat benda yang ada di seluruh penjuru hunian.

Cobalah untuk memastikan rumahmu memiliki aliran udara yang baik, dipenuhi dengan tanaman hijau, serta selalu menjaga ruangan agar tetap bersih.

Berikut cara menerapkan lima pilar ikigai pada hunian:

Mulai dari hal kecil

Jika kamu memang tertarik untuk melakukannya, maka cobalah untuk mengawalinya dengan hal yang kecil. Seperti misalnya bangun di pagi hari dengan lebih bersyukur. Kemudian dilanjutkan dengan merapikan tempat tidur.

Selanjutnya letakkan barang pada tempatnya supaya memudahkanmu untuk menemukannya.

Membebaskan diri

Ketika merapikan ruangan, mungkin kamu banyak menemukan barang-barang yang sudah tidak digunakan namun tetap disimpan. Alangkah baiknya untuk menyingkirkan barang-barang tersebut.

Mungkin memang terasa sulit, namun langkah ini memiliki peran yang besar terhadap penerimaan diri. Sehingga nantinya kamu bisa melihat suatu barang dengan lebih penting, jelas, dan pastinya positif.

Keselarasan dan kesinambungan

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial, sehingga sudah sewajarnya untuk hidup berdampingan dengan orang lain, apalagi dengan anggota keluarga yang berada di satu atap.

Oleh karena itu, saat sedang merapikan ruangan maka kamu bisa meminta bantuan pada anggota keluarga lain.

Pastinya mereka akan memberikan sudut pandang baru dengan mempertimbangkan fungsi benda dan tata ruang yang dapat nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Misalnya seperti meletakkan jam dinding yang berfungsi sebagai penunjuk waktu.

Selain itu, barang tersebut juga bisa menambah estetika ruangan.

Contoh lain seperti menambahkan diffuser dengan tambahan minyak aromaterapi di dalamnya. Selain mengharumkan ruangan, minyak esensial ini juga dapat membuat suasana menjadi lebih rileks, kemudian seluruh anggota keluarga pun bisa lebih nyaman untuk berada di rumah.

Merasa gembira dengan hal-hal kecil

Cobalah untuk menemukan hal-hal kecil yang bisa membuatmu merasa senang berada di rumah. Misalnya seperti pencahayaan dapur yang dibuat cukup terang. Atau adanya ruang khusus untuk menyimpan berbagai koleksimu dan anggota keluarga lain, seperti action figure.

Pastikan menatanya dengan rapi, maka kamu akan merasa gembira dengan hal-hal yang sederhana sekali pun.

Hadir di tempat dan waktu saat ini

Sejatinya merapikan dan menata ruangan akan memakan banyak waktu. Untuk itu, sangat disarankan agar kamu tetap fokus untuk membereskannya terlebih dahulu di satu area. Kemudian baru bergeser ke ruangan lain.

Dengan berusaha hadir di kondisi sekarang, maka pikiran pun akan terasa lebih fokus saat menata ruangan. Kinerja yang kamu keluarkan pun tetap terasa optimal dan pastinya akan menambah nilai dari ruangan tersebut.

Berkat menerapkan ikigai dalam hunian, maka setiap ruangan pun tidak hanya terlihat rapi tetapi juga lebih efisien dan pastinya fungsional.