Sebelum Workout, Ketahui Hal Ini Agar Tidak Salah

workout
Foto: www.freepik.com

Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang ideal dan sehat. Berbagai cara dilakukan untuk mendapat hasil yang diinginkan, salah satunya adalah dengan melakukan workout.

Namun, sebelum melakukan workout, kamu perlu mengetahui hal-hal ini guna menghindari kesalahan yang terjadi.

Apa Itu Workout?

Apa Itu Workout | | Sebelum Workout, Ketahui Hal Ini Agar Tidak Salah
Foto: www.freepik.com

Selain makan makanan bergizi, kamu perlu melakukan olahraga rutin agar menciptakan badan yang sehat. Banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah workout.

Tapi, tahukah kamu apa itu workout?

Simak penjelasan dari Irvan Ramadhan S.Pd, seorang Personal Trainer, mengenai workout.

“Latihan yang menggunakan semua otot, yaitu otot lengan, otot perut, otot kaki. Latihan ini akan sangat menguras energi,” jelas Coach Irvan.

Kapan Batas Waktu Terbaik Berolahraga?

Kapan Batas Waktu Terbaik Berolahraga | | Sebelum Workout, Ketahui Hal Ini Agar Tidak Salah
Foto: www.canva.com

Sebelum memulai olahraga, kamu perlu tahu batas waktu yang efektif. Pasalnya, jika berlebihan, bukannya mendapat hasil yang baik, justru tubuh kamu bisa saja sakit dan mengalami berbagai masalah lain.

“Latihan paling efektif untuk workout 45 menit sampai 60 menit. Untuk orang-orang umum, lebih baik lakukan olahraga maksimal seminggu 3 kali saja,” ungkap Coach Irvan.

Ada orang yang menyukai olahraga pada pagi hari, namun ada pula orang yang lebih suka melakukan olahraga pada sore atau malam hari. Tapi, adakah waktu yang direkomendasikan?

Workout terbaik itu di pagi hari dari jam 6 pagi sampai jam 8 pagi,” ucap Coach Irvan.

Adakah Tips Sebelum Memulai Workout?

workout
Foto: www.canva.com

“Terkadang kita lupa untuk sebelum memulai latihan, lakukan terlebih dahulu stretching. Untuk menghindari cedera saat latihan,” ucapnya

Bagi beberapa orang, malas melakukan peregangan sebelum olahraga, padahal peregangan dapat memberikan manfaat untuk tubuh, lho!

“Orang yang suka olahraga pasti badannya sehat dan gesit, tidak gampang lelah dan metobolisme dalam tubuh sehat,” tambahnya.

Berikut sederet manfaat peregangan bagi kesehatan.

1. Dapat memperkuat otot

Dengan melakukan peregangan, akan membuat otot tetap fleksibel, kuat, serta sehat. Selain itu, juga dapat membantu kamu bergerak lebih bebas.

2. Peredaran darah lancar

Melakukan peregangan, ternyata juga baik bagi  sirkulasi darah. Peregangan dapat membuat darah mengalir secara optimal ke seluruh tubuh.

3. Memperbaiki postur tubuh

Memiliki postur tubuh yang bungkuk tentunya tidak nyaman serta tidak enak dipandang. Oleh karena itu, untuk memperbaiki postur tubuh, kamu dapat melakukan peregangan.

4. Melepaskan ketegangan otot

Ketika jarang olahraga, tentunya otot menjadi kencang dan tegang. Untuk melemaskannya, kamu bisa melakukan peregangan secara rutin.

5. Mendapatkan sendi yang sehat

Ketika ingin olahraga, tentunya menginginkan sendi yang sehat dan kuat agar olahraga kamu dapat maksimal. Maka dari itu, perlu melakukan peregangan untuk menjaga kesehatan sendi.

Seperti Apa Tempat yang Efektif untuk Workout?

Seperti Apa Tempat yang Efektif untuk Workout | | Sebelum Workout, Ketahui Hal Ini Agar Tidak Salah
Foto: www.canva.com

Ketika melakukan olahraga, tentunya kamu ingin berada dalam suasana yang nyaman agar kamu bisa melakukan olahraga dengan maksimal.

Bagi sebagian orang, ada yang lebih memilih olahraga di tempat yang ramai, seperti di tempat gym atau lapangan olahraga. Ada pula orang yang menyukai olahraga di rumah dengan suasana yang tenang.

Selain itu, bagi beberapa orang lebih memilih olahraga bersama-sama dengan pasangan, keluarga, atau teman. Namun, ada juga beberapa orang yang memilih olahraga sendirian agar tetap fokus dengan gerakan olahraga.

Intinya, workout yang dapat dilakukan di mana saja.

Workout di rumah atau di gym sama saja kok, hanya beda suasana saja,” tekan Coach Irvan.

Apa Saja Gerakan Workout yang Dapat Dilakukan?

workout
Foto: www.canva.com

Bagi kamu yang baru memulai workout, tentu saja bingung dan ingin memilih olahraga yang ringan dulu. Kamu tidak perlu khawatir.

Kini, sudah banyak tutorial gerakan workout yang mudah dilakukan. Tutorial itu bisa kamu temukan di berbagai media sosial manapun, bahkan secara gratis.

“Untuk orang-orang yang masih bingung, ketika ingin olahraga sendiri, lebih baik lakukan olahraga plank. Itu bagus untuk melatih otot perut, sangat sederhana dan simpel untuk dilakukan di rumah,” saran Coach Irvan.

Adakah Alat yang Harus Ada di Rumah untuk Melakukan Workout?

Adakah Alat yang Harus Ada di Rumah untuk Melakukan Workout | | Sebelum Workout, Ketahui Hal Ini Agar Tidak Salah
Foto: www.freepik.com

“Bisa pakai skipping dan dumbbell ringan,” ucapnya

Olahraga skipping atau lompat tali merupakan olahraga ringan yang dapat dilakukan siapa saja dan di mana saja.

Olahraga ini tentunya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti membakar kalori, serta meningkatkan kesehatan jantung maupun kepadatan tulang.

Apakah ada bahayanya jika melakukan olahraga di rumah?

“Bahaya sih tidak, kalau mengerti basic teknik dalam gerakan. Tapi kalau belum mengerti, lebih baik panggil personal trainer ke rumah untuk membantu kamu olahraga lebih maksimal. Dan dengan adanya Personal Trainer, program latihan akan teratur,” sarannya.

Kesimpulan

workout
Foto: www.canva.com

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tentunya perlu melakukan olahraga rutin. Gerakan workout pun bermacam-macam, seperti plank, lunges, push up, dan lain-lain.

Selain rajin berolahraga, juga perlu dibarengi dengan makanan yang bergizi, tidur teratur, hingga perbanyak minum air mineral.