Cara Rumah Agar Lebih Menarik: Aplikasikan Warna Sekunder

warna sekunder
Foto: www.unsplash.com

Seperti padu padan pakaian, memilih warna untuk cat rumah juga menjadi hal yang membingungkan. Karena hal tersebut, kebanyakan orang akan memilih warna netral, mulai dari putih, hitam, hingga biru dongker. Namun jika kamu ingin menghadirkan nuansa yang menyenangkan, cobalah untuk menggunakan warna sekunder.

Sebab, jenis warna tersebut memiliki berbagai pilihan sehingga sangat cocok untukmu yang senang bereksperimen. Jika kamu tertarik menggunakan warna sekunder sebagai cat ruangan, maka simak artikel ini sampai habis untuk menemukan inspirasinya.

Jenis-jenis Warna

warna sekunder
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, warna terbagi menjadi tiga, yakni warna primer, warna sekunder, dan warna campuran atau tersier.

Warna primer

Sejatinya, warna primer merupakan jenis warna utama yang bukan berasal dari campuran atau paduan warna lain. Warna ini terdiri dari merah, kuning, dan biru. Nantinya, ketiga warna tersebut dapat menghasilkan warna-warna lain yang sesuai dengan seleramu.

Warna sekunder

Jenis warna yang satu ini merupakan hasil dari pencampuran dua warna primer. Ketika warna merah dicampur dengan kuning, nantinya akan menghasilkan oranye.

Sementara kuning yang ditambahkan ke dalam warna biru menghasilkan hijau. Dan biru yang dipasangkan dengan merah menghasilkan warna ungu.

Jika warna sekunder biasanya terdiri dari oranye, hijau, dan ungu, namun kenyataannya jumlahnya tidak terbatas. Hal ini akan bergantung pada takaran dari pencampuran warna yang digunakan. Seperti biru yang dicampur dengan kuning dengan takaran 1:1,5 akan menghasilkan hijau yang berbeda.

Warna tersier

Sering disebut sebagai warna ketiga, jenis yang satu ini merupakan hasil pencampuran antara warna sekunder dengan primer. Biasanya hasil dari kombinasi tersebut akan menghasilkan sebuah warna cokelat.

Uniknya warna yang dihasilkan pun tidak terbatas karena bergantung pada perbandingan yang digunakan.

Inspirasi Warna Sekunder

warna sekunder
Foto: www.freepik.com

Berikut enam warna sekunder yang bisa menjadi inspirasimu dalam memilih warna cat ruangan.

Warna oranye yang enerjik

warna sekunder
Foto: www.pinterest.com/Oh Joy

Warna sekunder yang satu ini ternyata bisa membangkitkan semangat, sehingga kamu akan menjadi lebih enerjik. Selain itu, warna oranye juga dapat membuat suasana hatimu menjadi lebih baik.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan warna ini dan mengaplikasikannya pada ruang tamu. Agar nantinya seluruh anggota keluarga dapat merasa ceria setiap harinya.

Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan dekorasi ruangan berwarna putih dan cokelat. Sebab, perpaduan ini akan membuatmu lebih nyaman untuk menghabiskan waktu di rumah.

Hijau yang alami

Foto: www.pinterest.com/RachelKromdijk

Kombinasi warna biru dan kuning ini ternyata dapat menciptakan warna hijau yang menenangkan. Salah satu warna sekunder ini akan cocok untuk diaplikasikan pada seluruh ruangan, mulai dari kamar tidur hingga dapur. Aktivitas yang sedang kamu jalani di ruangan pun akan terasa menyenangkan.

Agar tidak terlihat membosankan, kamu bisa memilih furnitur warna abu-abu dan hitam. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hijau indoor yang dapat membuat ruangan semakin terlihat asri.

Lebih mewah dengan warna ungu

Foto: www.pinterest.com/Interior Design

Meski hunian bertema minimalis, namun kamu tetap bisa menambahkan kesan mewah dan dramatis dengan menghadirkan warna ungu. Cat warna sekunder ini akan cocok digunakan pada ruangan yang membutuhkan ketenangan, sehingga kamu bisa mengaplikasikannya pada kamar tidur.

Jika tidak ingin terkesan berlebihan, cobalah untuk menambahkan dekorasi warna netral. Seperti memilih tempat tidur atau furnitur lainnya yang berwarna putih.

Hijau mint yang menyegarkan

warna sekunder
Foto: www.pinterest.com/Natalie Gisborne

Jika kamu biasanya akan menemukan warna ini pada pakaian, namun rasanya tidak akan salah jika mencoba menambahkan warna mint sebagai cat ruangan. Warna yang lembut ini akan cocok untuk diaplikasikan pada dapur, agar nantinya kamu akan semakin bersemangat untuk menyiapkan hidangan.

Agar ruangan terlihat lebih sempurna, tambahkan furnitur bernuansa kayu dan peralatan makan dengan warna yang cerah. Dijamin, dapurmu akan tampak lebih menarik dan nyaman.

Warna coral yang menyenangkan

Foto: www.pinterest.com/asianpaints.com

Turunan warna oranye ini akan menghasilkan warna yang ceria. Karena dapat meningkatkan suasana hati, sebaiknya warna coral kamu aplikasikan pada dinding ruang tidur, agar nantinya bisa lebih nyaman menghabiskan waktu di kamar.

Untukmu yang tertarik untuk menggunakan warna tersebut, cobalah untuk memadukannya dengan warna terang, seperti merah misalnya. Karena, warna tersebut bisa membuatmu semakin bersemangat. Cukup tambahkan lemari pakaian berwarna darah, maka ruang tidurmu akan semakin terlihat lebih berani.  

Hijau emerald yang glamor

Foto: www.pinterest.com/Sunny Brooke

Ketika kamu memiliki rumah dengan konsep yang mewah, maka jangan lupa untuk menggunakan hijau emerald sebagai warna cat ruangan. Sebab, turunan warna hijau ini akan membuat hunian terkesan glamor namun tetap terasa tenang.

Meski warna ini bisa diaplikasikan hampir di seluruh ruangan, namun cobalah untuk menggunakannya pada dinding kamar mandi. Dan jangan lupa untuk menambahkan aksen kayu di dalamnya agar nuansa alaminya terasa lebih kental.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan furnitur warna netral seperti bak mandi berwarna putih.