13 Paduan Warna Primer yang Wajib Ditiru

warna primer
Foto: www.unsplash.com

Sejatinya, terdapat beragam golongan warna yang ada di dunia, yakni primer, sekunder, dan netral. Warna primer merupakan warna dasar yang bukan campuran dari warna-warna lainnya, yang terdiri dari merah, biru, dan kuning.

Sementara warna sekunder merupakan hasil pencampuran warna-warna primer dengan proporsi satu banding satu. Misalnya jingga yang merupakan campuran merah dan kuning, hijau untuk campuran warna biru dan kuning, dan ungu hasil dari pencampuran merah dan biru.

Sedangkan warna netral adalah hasil dari campuran tiga warna dasar dalam proporsi seimbang. Kebanyakan warna ini sering digunakan sebagai penyeimbang dari warna-warna yang kontras di dalamnya, seperti dalam gaya berpakaian.

Meski kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan warna netral, seperti hitam dan putih, namun tidak ada salahnya untuk sesekali menggunakan warna primer dalam penampilan. Apalagi jika kamu ingin tampil beda dan bosan ketika menggunakan warna netral.

Berikut 13 padu padan warna primer yang patut dicoba.

Merah dan Hitam

Dari semua warna primer, merah merupakan warna yang paling mencolok. Saat berada di dalam cuaca yang sejuk, maka warna yang satu ini sangatlah cocok untuk digunakan. Jika kamu terlalu takut untuk tampil bold, cukup pasangkan dengan warna netral.

Seperti menggunakan kardigan yang identik dengan warna berani dan memadukannya dengan celana panjang warna hitam. Jika kamu senang dengan gaya yang sederhana, maka kedua warna ini merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan.

H&M - Fitted Cardigan
Cotton On - Straight Stretch Jean

Biru dan Gold

Jika kamu senang dengan metode layering, gaya ini merupakan salah satu cara mengenakan warna primer yang tidak boleh terlewatkan.

Ambil sweter warna biru pastel kemudian pasangkan dengan kemeja putih di dalamnya. Lalu pasangkan tas warna emas yang elegan. Outfit ini akan sangat cocok digunakan untuk pergi ke kantor.

PIMKIE - Knit Jumper
Celine - Nano Belt Shoulder Bag

Kuning dan Krem

Kuning merupakan warna yang sering kali dihindari oleh banyak orang. Selain dinilai karena terlalu mencolok, warna kulit buah lemon ini juga dianggap terlalu kontras untuk digunakan.

Namun warna ini ternyata bisa menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar. Tidak percaya? Coba kenakan blus warna kuning pastel dan pasangkan dengan tas jinjing berwarna krem.

Mango - Oversize Cotton Shirt
Chloé - Small Marcie Basket Bag

Merah dan Putih

Perpaduan warna yang sangat identik dengan bendera Indonesia ini juga bisa diaplikasikan pada penampilan.

Agar tidak terkesan mencolok, maka kamu dapat mencoba mengenakan pakaian serba putih seperti kaus dan celana pendek, lalu menambahkan rompi berwarna merah yang cantik.

Mango - Cotton Suit Waistcoat
Cotton On - The One Crew Tee

Biru dan Hijau

Walau keduanya merupakan warna yang kontras ketika dipadukan, akan tetapi hal ini bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak menggunakannya. Kamu tetap bisa memakai celana kulot warna hijau tua dan memasangkannya dengan gelang berwarna biru.

Love, Bonito - Daphne Satin Wide Leg Culottes
Bits of Bali Jewelry - Gita Blue Topaz Silver Bracelet

Kuning dan Abu-abu

Perpaduan warna hitam dan putih ini menghasilkan warna abu-abu yang lembut dan terkesan lebih netral. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih warna ini untuk dikenakan sehari-hari.

Untukmu yang senang menggunakan warna yang lembut ini, maka cobalah memadukannya dengan kuning mustard. Seperti memakai celana kotak-kotak warna kuning dan memasangkannya dengan jaket light grey yang akan membuatmu hangat sepanjang hari.

Jangan lupa untuk menambahkan sepatu Converse warna abu-abu yang dapat menyempurnakan penampilan.

Mango - Gingham Check Culotte Trousers
Converse - Chuck Taylor All Star

Merah dan Oranye

Sesungguhnya, oranye termasuk ke dalam warna sekunder yang merupakan campuran dari merah dan kuning.

Meski berasal dari warna yang sama, namun tidak ada salahnya untuk menggabungkannya ke dalam penampilan. Seperti memakai gaun warna jingga dan menambahkan tas berbentuk lingkaran dengan warna cabai ini.

H&M - A-line Satin Dress
Coach - Lunar New Year Semi Circle Bag

Biru dan Wine

Walau sama-sama berasal dari warna primer—karena wine merupakan turunan dari warna merah—namun nyatanya padu padan kedua warna ini sangat pas untuk dikenakan.

Terlebih jika kamu senang dengan warna gelap, maka cobalah untuk memakai kemeja panjang biru navy dan memasangkannya dengan sepatu boots warna merah anggur.

ZARA - Satin Shirt - Special Edition
Dr. Martens - 8 Eye Boot

Merah dan Biru

Meski keduanya termasuk ke dalam warna primer, namun memadukan merah dan biru merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan. Seperti mengenakan gaun biru dengan motif kotak-kotak dan memasangkannya dengan sandal heels warna merah, misalnya.

Trendyol - Square Neck Check Print Midi Dress
ZARA - Strappy Leather Sandals

Biru dan Putih

Ketika menggunakan warna biru yang cerah, maka cobalah untuk memadukannya dengan nuansa warna putih. Karena warna yang suci ini tidak akan pernah salah untuk dikombinasikan dengan warna apa pun.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka cukup kenakan blazer biru langit dan tambahkan kaus putih di dalamnya.

Marks & Spencer - V-neck Relaxed Longline T-shirt
H&M - Oversized Blazer

Biru dan Cokelat

Jika kamu merasa bahwa menggunakan pakaian polos sungguh membosankan, maka ini kesempatan yang baik untuk menambahkan motif ke dalam penampilanmu.

Tidak perlu repot-repot, kamu bisa memakai gaun biru dengan motif garis-garis kemudian menambahkan sandal bakiak warna cokelat yang elegan.

Marks & Spencer - Pure Cotton Striped Relaxed Shirt Dress
ZARA - Wooden Leather Clogs

Kuning dan Merah Muda

Saat ingin tampil beda dibanding biasanya, warna pink merupakan pilihan yang tepat untuk dikenakan. Pasalnya, warna ini akan membuatmu tampak lebih anggun namun tetap mengedepankan gaya.

Kamu bisa memakai kaus merah muda yang cantik dan memasangkan bucket hat kuning lemon yang cerah. 

Pomelo - Sustainable Reflective Logo Top - Pink
ZARA - Reversible Bucket Hat

Biru dan Hitam

Denim memang menjadi item yang paling nyaman untuk dikenakan. Selain itu, bahan pakaian yang satu ini juga bisa digunakan dalam suasana yang santai dan menyenangkan.

Jika ini merupakan gaya pakaian sehari-harimu, maka ambil celana jeans kesayanganmu dan padukan dengan sandal platform warna hitam yang elegan. Kemudian tambahkan clutch warna gelap agar lebih sempurna.

Levi’s - Lmc New Boyfriend S Yukidaruma Mij
warna primer
Bottega Veneta - Pouch Clutch Bag in Nero