Pantone Luncurkan Nuansa Warna Merah Baru yang Terinspirasi dari Haid

warna merah baru Pantone
Foto: www.dailymail.co.uk

#Breakingnews: Pantone baru saja meluncurkan sebuah nuansa merah baru yang terinspirasi dari warna merah menstruasi perempuan. Warna ini diberi nama “Period“. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari sebuah kampanye baru untuk mengakhiri stigma yang berhubungan dengan haid.

Untuk yang menyegarkan ingatan, Pantone adalah sebuah perusahaan yang memiliki sistem pengaturan warna terbesar di dunia dan sering kali menjadi referensi oleh pelaku industri desain di dunia. Jadi, desainer mode dan desainer grafis, misalnya, pasti tahu banget dengan merek ini.

Berkaitan dengan shade terbarunya ini, Pantone menggambarkannya sebagai “nuansa merah yang aktif dan berani”. Dengan adanya warna ini diharapkan mereka yang mengalami menstruasi “merasa bangga dengan siapa diri mereka.”

Hal ini berkaitan dengan stigma yang sering kali menempel pada perempuan yang mengalami menstruasi. “Banyak perempuan melewatkan hari sekolah, atau bahkan keluar dari sekolah,” karena stigma yang berkaitan dengan menstruasi, kata Jillian Popkins, dari ActionAid Inggris. Menurutnya, akibatnya banyak perempuan yang tetap hidup dalam garis kemiskinan seumur hidup mereka. “Tanpa stigma seputar menstruasi, akan lebih banyak perempuan kelaur dari kemiskinan, mewujudkan potensi mereka dan menguatkan komunitas mereka,” ujarnya.

Dalam peluncuran warna ini, Pantone bekerja sama dengan merek produk kewanitaan asal Swedia, Intima. Perusahaan asal Swedia ini sendiri menggambarkan warna ini sebagai “nuansa merah orisinal yang menggambarkan aliran yang kuat.”

Untuk kampanye ini juga, Intima melakukan donasi ke ActionAid, sebuah organisasi kemanusiaan yang bekerja sama dengan perempuan yang hidup dalam kemiskinan.

Sebagai informasi, sistem Pantone ini digunakan pertama kali pada 1963 di Amerika Serikat untuk mengatasi isus pencocokan warna yang begitu rumit di industri percetakan. Hingga saat ini, swatch book milik Pantone mempunyai spektrum dari 2.625 warna. Dan setiap tahun Pantone merilis “colour of the year” untuk mencerminkan periode tersebut. FYI, warna tahun 2020 adalah biru klasik dan tahun sebelumnya adalah millennial pink.

Selanjutnya: Ini mengapa kamu kalap dan ingin memakan segalanya saat haid.

podcast button