Butuh Inspirasi Karier? Tonton 13 Film dengan Tokoh Wanita Hebat Ini

wanita karir
Foto: Istimewa

Terkadang, dengan menonton sebuah film bisa menjadi salah satu cara untuk menginspirasi kehidupan kita. Termasuk untukmu yang memiliki mimpi dan passion yang besar dalam pekerjaan. Jika kamu sedang mencari inspirasi untuk menjadi seorang wanita karir yang hebat, maka berikut 13 rekomendasi film yang wajib ditonton.

Hidden Figures (2016)

wanita karir
Foto: www.imdb.com

Hidden Figures merupakan kisah perjuangan tiga perempuan yang menjadi kaum minoritas di Amerika Serikat. Sebagai keturunan Afrika-Amerika, Marry Jackson (Janelle Monaé), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer), dan Katherine Goble (Taraji P.Henson) kesulitan mengembangkan karirnya.

Namun akhirnya NASA menemukan bakat yang belum dimanfaatkan dari ketiga wanita karir dan ahli matematika ini. Mereka pun mendapatkan peran untuk menghitung peluncuran penting astronot John Glenn (Glen Powell) ke orbit, dan menjamin kepulangannya dengan selamat.

The Devil Wears Prada (2006)

wanita karir
Foto: www.imdb.com

Film bergenre komedi ini diadaptasi dari novel milik Lauren Weisburger dengan judul yang sama. The Devil Wears Prada mengisahkan tentang Andrea “Andy” Sachs (Anne Hathaway), seorang lulusan baru yang ingin bekerja sebagai jurnalis. Namun nasib membawanya bekerja di sebuah majalah fashion ternama sebagai asisten junior dari Miranda Priestly (Meryl Streep).

Selama menjalani pekerjaan ini, Andy sering kali dicemooh karena gaya berpakaiannya yang kuno. Tak hanya itu, pekerjaan Andy juga begitu menyita waktu dan mendapatkan banyak tekanan dari Miranda. Ada kabar bahwa tokoh Miranda terinspirasi dari Anna Wintour, pemimpin redaksi Vogue.

The Iron Lady (2011)

Erin Brockovich (2000)

wanita karir
Foto: www.imdb.com

Diangkat dari kisah nyata, film ini bercerita tentang Erin Brockovich (Julia Roberts), seorang ibu tunggal yang harus mengurus ketiga anaknya. Ia bekerja di sebuah firma hukum milik pengacaranya, yakni Edward (Albert Finney). Saat bekerja di sana, Erin diberikan berkas untuk menyelidiki kasus yang melibatkan sebuah perusahaan besar Pacific Gas & Electric Company (PG&E).

Berkat kecerdasan, kecermatan, dan kerja kerasnya, Erin pun akhirnya berhasil menggugat PG&E yang telah membuang limbah secara illegal dan membahayakan nyawa banyak orang.

Aruna dan Lidahnya (2018)

Foto: www.imdb.com

Aruna Rai (Dian Sastrowardoyo) merupakan wanita karir yang berprofesi sebagai seorang ahli epidemiologi yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus flu burung yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia.

Bersama teman-temannya, Bono (Nicholas Saputra) dan Nadezhda (Hannah Al Rashid), mereka bertiga mengunjungi Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang untuk menyelidiki kasus tersebut sekaligus berwisata kuliner.

Susi Susanti: Love All (2019)

Foto: www.imdb.com

Pecinta olahraga bulutangkis pasti sudah tidak asing dengan sosok Susi Susanti, seorang legendaris asal Indonesia. Susi Susanti (Laura Basuki) sudah terjun ke dunia badminton sejak usia 14 tahun. Di bawah bimbingan pelatihnya, Liang Chiu Sia, ia berhasil mendapatkan pengakuan internasional setelah memenangkan emas Olimpiade Barcelona pada tahun 1992.

Ketika terjadi gejolak ekonomi di Indonesia, Susi menggunakan kesempatan tersebut untuk membuktikan kepada dunia bahwa kepahlawanan tidak diukur dari tingginya kesuksesan, tetapi dari besarnya pengorbanan untuk tanah airnya.

Coco Before Chanel (2009)

wanita karir
Foto: www.imdb.com

Di awal 1900-an, para wanita masih identik dengan korset dan segala bentuk pakaian yang menyiksa. Dalam film ini, Coco Chanel yang diperankan oleh Audrey Tautou pun berhasil menjadi salah satu desainer yang mampu “membebaskan” wanita dari gaun-gaun tersebut.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Film Semi Barat dengan Adegan Panas

Selain kejeniusannya merancang baju, Coco juga memiliki keberanian yang besar untuk membuat perbedaan. Namun di balik kesuksesannya, wanita ini memiliki kehidupan masa lalu yang berat. Sewaktu kecil, ia ternyata dibuang oleh sang ayah ke sebuah panti asuhan.

Joy (2015)

Foto: www.imdb.com

Pada 1990, Joy Mangano (Jennifer Lawrence) harus berjuang untuk hidup dan berdamai dengan kehidupannya. Ia tinggal di New York dan bekerja sebagai agen pemesanan maskapai penerbangan. Ia tinggal bersama dua anak dan mantan suaminya yang tidak bekerja. Selain itu, ada juga nenek dan ibunya yang hanya menghabiskan waktu dengan menonton film.

Karena mengetahui kesulitan yang dialami Joy, Jackie (Dascha Polanco) menyarankan Joy untuk menciptakan sesuatu. Joy pun berhasil menciptakan alat pel inovatif yang memiliki teknologi peras otomatis. Iya, mirip seperti yang ada di rumah dan kamu pakai saat ini.

Wild (2014)

wanita karir
Foto: www.imdb.com

Karena kehidupannya yang rumit, apalagi setelah kematian ibunya yang terkena penyakit kanker, Cheryl Strayed (Reese Witherspoon) merasa terpukul hingga mengalami depresi. Demi mengatasi permasalahannya, Strayed mengonsumsi sejumlah heroin dan berhubungan seks dengan banyak pria.

Saat merasa berada di titik terendah dalam hidupnya, Strayed pun memutuskan untuk melakukan pendakian demi menebus semua kesalahannya. Sepanjang hampir 100 hari, ia telah melakukan perjalanan kurang lebih sepanjang 1.800 km di Pacific Crest Trail. Sepanjang pendakian, Strayed melakukan refleksi diri dan berusaha untuk menghadapi berbagai tantangan.

Legally Blonde (2001)

Foto: www.imdb.com

Elle Woods (Reese Witherspoon) berusaha melawan stigma terhadap gadis pirang. Pasalnya, menurut masyarakat Amerika saat itu, gadis pirang identik dengan wanita yang hanya menjual tampang tanpa memiliki pikiran yang cerdas. Meski begitu, Elle merupakan sosok yang pintar dan memiliki IPK 4,00 dalam jurusan fashion.

Namun sayang, sang kekasih, Warner (Matthew Davis) justru memandang sebelah mata terhadapnya karena Elle tertarik pada dunia fashion  dan kecantikan. Akhirnya, Elle pun berusaha membuktikan kehebatannya dengan menjadi seorang mahasiswa Harvard Law School.

Baca Juga :  13 Rekomendasi Film Korea Romantis yang Wajib Kamu Tonton

Julie and Julia (2009)

Foto: www.imdb.com

Di era 1950-an, Julia Child (Meryl Streep) memutuskan untuk pindah ke Paris mengikuti suaminya yang merupakan seorang diplomat. Ia pun mengikuti kelas memasak di sekolah kuliner ternama, Le Cordon Bleu. Awalnya, Julia sangat diremehkan karena ia merupakan satu-satunya murid wanita di kelas tersebut. Namun berkat kegigihannya, ia berhasil menulis sebuah buku berisikan resep hidangan.

Sekitar 50 tahun kemudian, adalah Julie Powell (Amy Adams), seorang penulis muda yang sedang merasa tidak puas dengan pekerjaannya. Ia pun memutuskan untuk mencoa 524 resep hidangan dalam buku Mastering the Art of Frech Cooking karya Julia Child. Julie juga mendokumentasikan perjalanan memasaknya dengan menuliskannya di blog.

Sunshine Cleaning (2008)

Foto: www.imdb.com

Rose Lorkowski (Amy Adams) adalah seorang single parent yang selalu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dengan bekerja sebagai pembersih rumah. Karena sang anak, Oscar (Jason Spevack) dikeluarkan dari sekolahnya, ia pun membutuhkan penghasilan lebih untuk menyekolahkan sang anak.

Akhirnya, Rose memutuskan untuk bekerja sebagai pembersih tempat kejadian perkara. Karena tidak banyak yang menginginkan pekerjaan ini, Norah (Emily Blunt), adiknya, akhirnya ikut menemaninya.

Intern (2015)

wanita karir
Foto: www.imdb.com

Jules Ostin (Anna Hathaway), merupakan pemimpin dari perusahaan online shop yang bernama About the Fit. Ia baru saja membuka lowongan untuk posisi program magang senior. Siapa sangka bahwa seorang pria tua berusia 70 tahun bernama Ben Whittaker (Robert DeNiro) berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut.

Meski awalnya Jules ragu dengan pria tua itu, namun berkat kerja Keras Ben, wanita karir ini pun mulai luluh. Keduanya pun menjadi teman dan saling memberikan dukungan, baik dalam aspek pekerjaan dan keluarga.