Studi Baru: Coronavirus Bisa Bertahan Hidup 9 Hari pada Permukaan Benda Mati

Foto: www.gettyimages.com

Sejak kasus pertama ditemukan pada Desember 2019 di Wuhan, dan dinyatakan sebagai “public health emergency” oleh Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO), coronavirus masih menjadi misteri. Misalnya, belum ada yang tahu sistem penularan virus tersebut. Atau, berapa lama bisa bertahan di atas permukaan tempat umum. Untungnya, dengan menggunakan data dari turunan virus sebelumnya, para peneliti dari Jerman berhasil memecahkan misteri yang terakhir ini.

Meski data yang digunakan adalah SARS dan MERS, para peneliti mengatakan hal tersebut juga bisa berlaku pada virus terbaru ini. “Berbagai Jenis coronavirus dianalisa, dan hasilnya sama,” kata Professor Eike Steinmann dari Ruhr-Universität Bochum.

Kesimpulan dari penelitian yang diterbitkan di Journal of Hospital Infections: bahwa coronavirus terbaru ini bisa bertahan sampai sembilan hari pada permukaan tidak hidup. Itu pada ruangan dengan suhu ruangan. Meski rata-rata virus bisa bertahan hidup sampai empat dan lima hari, mereka bisa hidup lebih lama. Dua hal yang menyebabkan usia mereka lebih panjang adalah suhu rendah dan kelembapan udara yang tinggi.

“Di rumah sakit, permukaan ini bisa berupa gagang pintu, tombol panggilan, meja di samping tempat tidur, kerangka ranjang, dan objek lain yang dekat dengan pasien, yang biasanya terbuat dari besi atau plastik,” jelas Professor Günter Kampf.

Beberapa tes dilakukan dengan berbagai cairan disinfektan memperlihatkan alat yang mengandung ethanol, hydrogen peroxide atau sodium hypochlorite (pemutih) efektif melawan coronavirus. Jika medium ini diaplikasikan dalam konsentrasi yang tepat, bisa mengurangi jumlah patogen dari satu juta menjadi 100.

Oleh karena masih belum ditemukan obat coronavirus, mencegah lebih baik daripada mengobati. Para ahli setuju bahwa mencuci tangan—sesering mungkin—merupakan salah satu tindakan pencegahan yang paling tepat. Jika tidak ada sabun atau air, gunakan hand-sanitizer yang mengandung minimal 60% alkohol. Dan gosok-gosok tangan selama 20 detik. Sebagai metode penghitung waktu: nyanyikan dua kali lagu “Selamat Ulang Tahun” dari awal sampai akhir.

Selanjutnya: pastikan makanan ini selalu tersedia agar badanmu tetap sehat.

podcast button