Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya

urutan film star wars | | Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya
Foto: Istimewa

Selama 42 tahun, Star Wars telah melahirkan 11 karya yang diakhiri di tahun 2019. Namun jika ini pertama kalinya kamu ingin menonton, sebaiknya ketahui terlebih dahulu urutan film Star Wars.

Supaya nantinya kamu tidak kebingungan terkait kronologis yang terjadi. Oleh karena itu, LIMONE telah merangkum urutan film Star Wars yang sesuai dengan latar peristiwanya.

Jangan lupa siapkan camilan sebelum menyaksikan para Jedi dan petualangan antariksa yang menarik ini.

Episode I: The Phantom Menace (1999)

Episode I The Phantom Menace 1999 | | Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya
Foto: www.imdb.com

Episode I The Phantom Menace adalah film yang menjadi bagian pembuka dari trilogi asli Star Wars.

Film ini menceritakan tentang federasi perdagangan yang mulai mengancam kedamaian Republik Galaktik yang melakukan invasi ke Planet Naboo.

Ksatria Jedi Qui-Gon Jinn (Liam Neeson) dan muridnya, Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor), diutus untuk bernegosiasi dengan Nute Gunray. Namun, seorang Sith Lord, Darth Sidious justru memerintahkan Gunray untuk membunuh kedua Jedi tersebut.

Episode II: Attack of the Clones (2002)

Episode II Attack of the Clones 2002 | | Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya
Foto: www.imdb.com

Episode kedua ini berlatar di 10 tahun setelah kejadian The Phantom Menace. Di mana Anakin Skywalker (Hayden Christensen) yang tumbuh dan mulai dilatih sebagai Jedi oleh Master Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor).

Tak disangka, Anakin pun mulai menjalin hubungan rahasia dengan Padme Amidala (Natalie Portman). Padahal terdapat peraturan bahwa Jedi tidak boleh memiliki ikatan.

Hal ini pun membuat Anakin harus menyembunyikan hubungan asmaranya di depan para ksatria Jedi, bahkan di depan gurunya.

Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Episode III Revenge of the Sith 2005 | | Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya
Foto: www.imdb.com

Film terakhir dalam trilogi prekuel Star Wars ini memiliki latar waktu tiga tahun setelah episode kedua.

Obi-Wan Keobi (Ewan McGregor) dan Anakin Skywalker (Hayden Christensen) memimpin misi untuk menyelamatkan  Kanselir Tertinggi Palpatine (Ian McDiarmid), yang diculik olek komandan Separatis Jenderal Grievous (Matthew Wood).

Mereka pun menyusup ke kapal Grievous dan melawan Sith Lord Count Dooku. Untungnya Palpatin pun berhasil diselamatkan.

Namun, Palpatine justru mencoba untuk memanipulasi Anakin. Bahkan hingga mmebuat Anakin memutuskan untuk berada di jalan kegelapan. 

Solo: A Star Wars Story (2018)

urutan film star wars
Foto: www.imdb.com

Urutan film Star Wars keempat ini mengisahkan tentang petualangan awal Han Solo (Alden Ehenreich), yang bergabung ke dalam pencurian di dunia kriminal. Kejadian ini 10 tahun sebelum peristiwa Star Wars.

Han dan Qi’ra (Emilia Clarke) merupakan anak yatim piatu yang melarikan diri dari geng lokal. Merepa menyuap petugas Imperial demi mendapatkan transportasi untuk kabur.

Sayangnya, Qi’ra harus tertangkap. Akhirnya, Han bersumpah untuk menyelamatkan Qi’ra dengan bergabung bersama Angkatan Laut Imperial, hingga memiliki nama belakang ‘Solo’.

Rogue One: A Star Wars Story (2016)

urutan film star wars
Foto: www.imdb.com

Film ini menceritakan tentang sekumpulan pemberontak yang berusaha untuk mencuri data Death Star.

Dipimpin oleh Jyn Erso (Felicity Jones), ia pun mendapatkan dukungan dari anggota lainnya, yakni Cassian Andor (Diego luna), Chirrut Imwe (Donnie Yen), Baze Malbus (Jiang Wen), Bodhi Rook (Riz Ahmed), dan K-2SO (Alan Tudyk).

Jyn merupakan putri dari Galen Erso (Mads Mikkelsen), ilmuwan yang merancang proyek Death Star, yaitu senjata yang dapat menghancurkan planet. Untungnya ia bertemu dengan Gerrera, seorang pilot kekaisaran yang berkhianat.

Gerrera pun memperlihatkan pesan hologram kepada Jyn. Di mana berisi ungkapan dari Galen terkait alasannya bergabung dengan proyek Death Star dan beberapa kelemahan yang sengaja ia aplikasikan pada proyek tersebut.

Episode IV: A New Hope (1977)

Episode IV A New Hope 1977 | | Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya
Foto: www.imdb.com

Sekelompok pemberontak berhasil memenangkan pertempuran melawan kerajaan Galaktik yang kejam.

Darth Vader (David Prowse) dan Putri Leia (Carrie Fisher) juga berhasil mencuri rancangan senjata Death Star, yang bisa menghancurkan seluruh planet milik kerajaan.

Mereka pun melarikan diri dengan pesawatnya dan berusaha untuk menjaga Death Star. Namun posisi Putri Leia justru terlacak oleh kerajaan, dan pasukan kerajaan pun menyerang sekaligus menggeledah seluruh isi pesawat Leia.

Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

urutan film star wars
Foto: www.imdb.com

Luke Skywalker (Mark Hamill), Han Solo (Harrison Ford), Putri Leia (Carrie Fisher), dan Chewbacca (Peter Mayhew) akhirnya bergabung dan harus menghadapi serangan pasukan Imperial. Mereka pun mencoba untuk melarikan diri.

Semenjak gurunya meninggal, Luke memutuskan untuk menemui Yoda, seorang Jedi Master. Hal ini bertujuan untuk memperdalam kekuatannya, sebab Luke ingin mengalahkan Darth Vader (David Prowse) dan pasukannya.

Episode VI: Return of the Jedi (1983)

urutan film star wars
Foto: www.imdb.com

Untuk melanjutkan perjalanannya menjadi Jedi, akhirnya Luke Skywalker (Mark Hamill) memutuskan menepati janjinya kepada Yoda, yakni kembali ke Dagobah System.

Sayangnya, Yoda merasa bahwa Luke belum bisa menjadi seorang Jedi selama ia belum bisa menghilangkan sifat dendam, amarah, dan agresif yang ada di dalam dirinya.

Episode VII: The Force Awakens (2015)

Episode VII The Force Awakens 2015 | | Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya
Foto: www.imdb.com

Luke Skywalker (Mark Hamill) yang menjadi seorang Jedi terakhir ternyata menghilang. Di waktu yang bersamaan, sebuah Organisasi First Order kembali bangkit dan berniat untuk memusnahkan Luke.

Namun kelompok Resistence yang dipimpin oleh Putri Leia (Carrie Fisher) menentang recana tersebut. Leia pun berusaha untuk mencari Luke.

Karena petunjuk yang didapatkan sangat sedikit, Leia dan pasukannya kesulitan untuk menemukan Luke. Apalagi musuh-musuh terus bermunculan dan selalu menghalangi mereka.

Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Episode VIII The Last Jedi 2017 | | Ingin Mulai Menonton Film Star Wars? Begini 11 Urutan Sesuai Kejadiannya
Foto: www.imdb.com

Pada film ini, pertarungan harus kembali terjadi. Kylo Ren (Adam Driver),  anak dari Leia (Carrie Fisher), yang memilih untuk menjalani kehidupan gelap memerintahkan pasukan Fist Order untuk menembak Luke (Mark Hamill).

Sayangnya, mereka gagal melukai Luka. Kylo pun melibatkan Luke dalam duel lightsaber, dan terus berusaha untuk menyerang.

Setelah menyerang Luke, Kylo baru menyadari bahwa Luke sesungguhnya tidak hadir secara fisik. Melainkan memproyeksikan citranya melalui The Force.

Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

urutan film star wars
Foto: www.imdb.com

Urutan film Star Wars terakhir ini mengisahkan tentang Kylo Ren (Adam Driver) yang berambisi untuk membuat First Order menjadi sangat kuat. Ia sangat ingin menyerang Resistance.

Dipimpin oleh Poe Dameron (Oscar Isaac) mulai mengumpulkan orang-orang untuk kembali membangun Resistance.

Tak hanya itu, Rey (Daisy Ridley) juga harus berhadapan dengan Kylo Ren dan membuat pertempuran antara light side dan dark side.