Tujuan Liburan Berikutnya: 10 Kota Tempat Tinggal Orang Terkaya di Dunia

Meski sobat missqueen, tidak ada salahnya punya pertanyaan: di manakah orang-orang terkaya di dunia tinggal?

Untuk yang penasaran dengan jawaban ini (sampai tidak bisa tidur), laporan dari Wealth-X’s 2019 World Ultra ini mungkin bisa mengakhiri misteri tersebut. Entah memang karena tugasnya atau kurang kerjaan, Wealth-X menganalisa data dari database yang berisikan lebih dari sejuta orang-orang terkaya di dunia. Hasilnya, mahluk fana super duper kaya tersebut (didefinisikan memiliki kekayaan bersih sebesar $30 juta atau lebih) ternyata sebagian besar tinggal di Amerika Serikat, di dua kota di Eropa, dan dua kota di Asia. Penasaran seperti apa kota-kota tersebut? Seperti yang dilaporkan oleh Business Insider, berikut daftarnya. Super duper ingin tahu seperti apa orang super duper ultra mega kaya hidup di sana? Pastikan menjadikan tempat ini menjadi tujuan liburanmu berikutnya!

10. Dallas, Texas, Amerika Serikat

Foto: www.shutterstock.com

Sejujurnya, setiap kali LIMONE mendengar “Dallas”, hampir selalu teringat dengan film Dallas Buyers Club (ingat ‘kan, berkat film ini Matthew McConaughey membawa pulang Oscar), yang merupakan biografi Ron Woodroof (McConaughey), seorang pasien AIDS di pertengahan tahun 1980an. Seperti dilaporkan, Dallas adalah rumah dari beberapa miliarder terkenal, termasuk Jerry Jones (pemilik NFL), Gerald Ford (salah satu direktur non-eksekutif Freeport-McMoRan) dan Andrew Beal (pengusaha dan pendiri Beal Bank).

9. Washington, DC, Amerika Serikat

Foto: www.shutterstock.com

Sering lupa kalau kota ini adalah ibukota AS, soalnya terlalu sering dengar Hollywood, Los Angeles, New York, dan Gotham City. Dilaporkan oleh New York Times bahwa dalam beberapa tahun belakangan orang kaya semakin kaya di kota tersebut. Penyebabnya? Perkembangan bisnis yang berhubungan dengan pemerintah dan perusahaan-perusahaan teknologi, semakin pesat.

8. San Fransisco, California, Amerika Serikat

Foto: www.shutterstock.com

Ingat San Fransisco, ingat film Mrs. Doubtfire. Atau Inside Out. Atau Sister Act (yep, di sinilah Whoopi Goldberg bersembunyi dari pacar mafianya itu). FYI, San Fransisco adalah salah satu kota termahal dan terkaya di Amerika. Ingin dapat label ‘orang kaya’? Bisa, asal kekayaanmu lebih dari $4 juta.

7. Chicago, Illinois, Amerika Serikat

Foto: www.shutterstock.com

Tahukah kamu bahwa Christopher Nolan mentransformasi Chicago menjadi Gotham City untuk film Dark Knight (2008)? Sementara pusat kota Chicago hancur lebur saat Autobots dan Decepticons berperang di Transformers: Dark of the Moon. Oh, oh Trump International Hotel & Tower Chicago juga terletak di kota ini. Perbedaan kaya dan miskin juga sangat kentara di kota ini, dengan 1% residennya memiliki penghasilan $600,000 per tahun, sementara 21% di daerah perkotaan berada di bawah garis kemiskinan.

6. Paris, Prancis

Foto: www.shutterstock.com

Akhirnya, pindah benua! Berkat bisnis mode dan gaya hidup mewah, banyak orang kaya berasal dari kota ini. Sebut saja Bernard Arnault, CEO dan pendiri LVMH. Bahkan tahun lalu, untuk pertama kalinya, Paris berhasil mengalahkan London sebagai salah satu kota terkaya berkat tax break yang diterapkan pemerintah Prancis.

5. London, Inggris

Foto: www.shutterstock.com

Ah, London—siapa sih, yang tidak ingin berlibur ke kota ini? Namun, kota ini dikenal sebagai salah satu ‘the world’s most expensive cities for a cup of coffee‘, lho. Tapi hei, siapa sih, yang tidak ingin berfoto di depan lambang stasiun Paddington? Notting Hill? Atau Peron 3/4 di King’s Cross? Pastinya, ini adalah tujuan utama penggemar Harry Potter, James Bond, atau Bridget Jones‘s Diary (atau Mark Darcy, atau Daniel Carver).

4. Los Angeles, Amerika Serikat

Foto: www.shutterstock.com

Mayoritas orang kaya di LA tinggal di daerah pantai seperti Malibu dan Santa Monica. Jadi, jika kamu ingin mengintip kediaman mereka, dua lokasi itu adalah tempat yang harus kamu bidik. Sementara, jika kamu ingin mengulang adegan gaun kuning ala La La Land, segeralah melipir ke Cathy’s Corner di Mt. Hollywood Drive.

3. Tokyo, Jepang

Foto: www.shutterstock.com

Yes, akhirnya ada kota yang bisa ditempuh dengan kurang dari 10 jam di dalam pesawat terbang! Bagi yang pernah atau sering bolak-balik ke kota ini, pasti sudah paham betapa mengeruk kantong liburan di negara ini. Akan tetapi, jika kamu seorang miliarder yang punya pesawat jet sendiri, sepertinya Tokyo bisa didatangi setiap bulan? Pssst, jangan lupa kurangi carbon footprint, ya! Dan ingat baik-baik bahwa Kyoto Protocol (perjanjian internasional untuk mengurangi emisi gas rumah kaca) disahkan di Kyoto, Jepang.

2. Hong Kong

Foto: www.shutterstock.com

Kota yang sedang rajin menjadi headline di berbagai media ini, diperkirakan rumah dari 93 miliarder; membuatnya menjadi kota dengan konsentrasi orang terkaya tertinggi di dunia. Dan tahun ini, bersama-sama dengan Paris dan Singapura, kota ini dinobatkan sebagai ‘kota termahal di dunia’. Seandainya kamu ingin tahu, orang-orang ultra kaya di sana tinggal di mansion, naik Porsche, hobi taruhan di balapan kuda dan makan di restoran Michelin, seperti Sushi Shikon. Tertarik mencoba makan di sana? Makan malam dengan enam menu pembuka, 10 buah sushi, semangkuk sup, dan makanan penutup “hanya” seharga $450 (atau sekitar Rp6 juta). *Krik, krik, krik.

1. New York City, New York, Amerika Serikat

Foto: www.shutterstock.com

Wealth-X menyatakan bahwa kota ini memang magnet untuk mereka yang mencari budaya vibran dan gaya hidup mewah. Jadi, jika kamu merasa termasuk ke dalam kategori tadi, silakan mencoba berkunjung ke kota ini, yang menurut Bob Dylan, “adalah sebuah kota di mana kamu bisa mati kedinginan di tengah hiruk pikuk kota dan tidak akan ada yang peduli.” Oh well, tapi semoga itu tidak terjadi sebelum mencicipi bagel, pizza, falafel, cheesecake, BEC sandwich, hot dogs dan Chinese food.

Jadi, kota mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu? Apa, lebih suka pantai? Coba lima pantai terindah di dunia ini.

podcast button