Malas Berolahraga? Dua Hal Ini Mungkin Bisa Membuatmu Lebih Semangat

malas berolahraga
Foto: www.gettyimages.com

Hampir mirip seperti mandi, terkadang bagian tersulit dari berolahraga adalah langkah memulainya. Saat rasa malas melanda, sepertinya mau langit runtuh sekalipun, akan tetap mager! Namun ada sebuah penemuan dari studi baru yang dilakukan Western University yang mungkin bisa membantu mengatasi tersebut. Yakni, memiliki partner olahraga dan memberikan diri sendiri hadiah bisa membuatmu tidak lagi malas berolahraga.

Apa yang Dilakukan Studi Ini?

Adalah sebuah aplikasi olahraga bernama Carrot yang mengindikasikan bahwa orang cenderung lebih rajin berolahraga ketika ada insentif finansial, meski jumlahnya sedikit. Menggunakan sistem poin, user yang memiliki jumlah langkah kaki mendapatkan poin yang lebih banyak. Dan poin ini bisa dipakai untuk mendapatkan diskon untuk beli bensin dan tiket bioskop.

Selain itu, aplikasi ini memulai membuat sebuah fitur yang memperbolehkan pasangan pengguna untuk mendapatkan poin lebih banyak. Para peneliti pun mulai membandingkan level aktivitas antara pengguna solo versus pengguna yang berpasangan.

Selama 24 minggu, data dari 60.000 pengguna menemukan bahwa fitur ini membuat pengguna yang memiliki pasangan melakukan 1.100 langkah lebih banyak.

Bagaimana Agar Tidak Malas Berolahraga?

Harus dicatat setelah 12 minggu, para pasangan yang menggunakan aplikasi ini tidak mendapatkan poin yang cukup banyak. Meski begitu, sistem hadiah ini efektif.

“Meski hadiahnya sangat kecil, tapi tetap memotivasi orang untuk berpartisipasi pada tantangan ini dan menyelesaikannya,” kata Emma Pearson, penulis utama studi ini. Perasaan memiliki seseorang yang memiliki tujuan yang sama dan mendapatkan hadiah setelahnya, membuat seseorang lebih termotivasi untuk berolahraga.

Menemukan dan menjaga motivasi berolahraga ini semakin penting terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana banyak gim yang masih tutup. “Ketika semakin sulit mengumpulkan orang dan membantu orang untuk meningkatkan level aktivitas fisik mereka, [motivasi ini] bisa membuat orang tetap terhubung secara virtual.”

Baca Juga :  FYI, DNA Tidak Terlalu Penting Saat Membicarakan tentang Kebugaran

Kesimpulannya, pertama: menggunakan aplikasi dengan reward-based systems mungkin bisa membantumu tidak lagi malas berolahraga. Kedua, menemukan pasangan yang bisa membantumu untuk tetap termotivasi. Jadi, saat kamu sedang malas berolahraga, coba lakukan dua hal tersebut. Aplikasi yang kamu pakai tidak memiliki sistem reward? Berikan dirimu sendiri reward. Ini pasti akan membuatmu lebih semangat!

Selanjutnya: Gim Tutup? Dua Alat Ini akan Tetapmu Bugar di Rumah.