Ingin Mengganti Warna Rambut? Coba Teknik Toning Agar Rambut Tidak Rusak

toning rambut
Foto: www.freepik.com

Untuk mengubah tampilan rambut, salah satu cara praktis yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan toning rambut. Meski hampir serupa dengan teknik bleaching dan cat rambut, namun terdapat perbedaan dari proses yang dilakukan.

Jika kamu tertarik untuk mengganti warna rambut, maka simak artikel ini sampai habis untuk menemukan kelebihan dari toning rambut dibandingkan dengan teknik pewarnaan rambut lainnya.

Apa Itu Toning Rambut?

toning rambut
Foto: www.freepik.com

Toning merupakan proses pewarnaan rambut yang menggunakan toner khusus atau zat pewarna alami tanpa kandungan amonia. Kandungan hydrogen peroksida atau bahan developer yang terkandung di dalam zat toner ini biasanya lebih sedikit dibanding teknik berwarnaan lainnya.

Proses toning juga dianggap lebih aman untuk rambut. Tak hanya itu, hasil warna dari toning juga akan mengubah rambut menjadi terkesan lebih lembut dan natural.

Apa Perbedaan Toning dengan Bleaching?

Foto: www.freepik.com

Meski tujuannya sama yakni untuk mengubah warna rambut, namun terdapat perbedaan teknik dari toning dan bleaching.

Pada bleaching, ini merupakan proses penghilangan warna asli rambut sehingga nantinya zat pewarna akan lebih mudah menyerap dan menghasilkan warna baru.

Untuk prosesnya, bleaching menggunakan bahan kimia yang mengandung hidrogen peroksida dan oksidan. Ketika keduanya bercampur, nantinya akan melunturkan rambut hitam, sehingga akan menghasilkan warna rambut yang oranye atau kekuningan.

Setelah melalui proses bleaching, nantinya kamu bisa dengan mudah mewarnai rambut. Namun sayangnya teknik pengangkatan warna rambut ini tidak disarankan untuk dilakukan sembarangan.

Apa Perbedaan Toning dengan Cat Rambut?

Foto: www.canva.com

Cat rambut merupakan proses pencampuran hidrogen peroksida dengan pigmen warna. Supaya lebih maksimal, pengaplikasian cat rambut biasanya dilakukan setelah melakukan proses bleaching.

Dalam penerapan, terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan dan hal ini bergantung dengan hasil yang akan diinginkan.

Jika ingin mengganti seluruh warna rambut, kamu bisa mengaplikasikannya secara merata. Sedangkan untuk highlight dan balayage, gunakanlah teknik foiling.

Disarankan untuk tidak keramas terlebih dahulu sehari sebelum pewarnaan rambut. Sebab minyak alami pada akar rambut akan membantu melapisi kulit kepala.

Bagaimana Proses Hair Toning?

toning rambut
Foto: www.canva.com

Proses toning sendiri adalah mengubah pigmen alami rambut dengan melapisi bagian luarnya tanpa membuka bagian kutikula. Hal ini bertujuan untuk membuat rambut tetap terasa lembut dan tidak rusak.

Biasanya hair toning hanya bertahan selama empat hingga enam minggu, ini tergantung dengan seberapa sering kamu keramas. Berikut langkah-langkah dari toning rambut:

Cari merek toner yang berkualitas

Hal yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah mencari referensi merek toner rambut yang berkualitas. Sebab hal ini dapat memengaruhi hasil akhir dan kesehatan rambut.

Baca Juga :  10 Kado Yang Cocok Untuk Diberikan Kepada Sahabat Perempuan

Jangan sampai kamu menggunakan produk yang tidak berkualitas, sebab nantinya hal tersebut bisa membuat mahkotamu menjadi rusak.

Tentukan warna toner

Kemudian, pastikan kamu telah menentukan warna toner yang sesuai dengan warna rambut. Rambut dengan elemen warna jingga disarankan untuk memilih toner biru.

Sementara untuk rambut yang berwarna kuning, akan lebih cocok untuk menggunakan toner ungu. Pemilihan warna toner ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir proses pewarnaan rambut.

Gunakan toner dengan benar

Setelah menyiapkan toner, campurkan produk tersebut dengan developer dan sesuai dengan instruksi kemasan. Biasanya rasio campuran toner ini akan berbeda di setiap merek.

Oleskan toner

Setelah tercampur rata, oleskan campuran toner dan developer ke seluruh bagian rambut. Pastikan kamu mengaplikasikannya dengan rata.

Bilas dengan air mengalir

Setelah menunggu sesuai instruksi, kamu bisa membilas rambut dengan air mengalir yang bersih. Kemudian gunakan kondisioner supaya lebih lembut dan berkilau.

Kelebihan Teknik Toning

Berikut beberapa kelebihan dari teknik toning:

Membuat rambut menjadi berkilau

Zat dari toner akan melapisi permukaan rambut yang dapat membuat warna alami rambut akan lebih berkilau. Selain itu, warna asli dari rambut juga terlihat semakin kuat.

Tidak merusak rambut

Selain itu, kandungan yang ada di dalam toner juga tidak akan membuat rambut menjadi kusam, kering, atau rontok. Soalnya bahan-bahan yang digunakan tergolong aman.

Warna rambut lebih natural

Kelebihan dari toning rambut juga akan membuat rambut menjadi lebih natural dan lembut. Sebab proses pewarnaannya tidak mengganggu kutikula rambut.

Tidak perlu melakukan bleaching

Teknik pewarnaan yang satu ini membuat kita tidak perlu melalui proses bleaching. Sehingga nantinya tidak akan memengaruhi kesehatan rambut.

Kekurangan Teknik Toning

Meski memiliki banyak kelebihan, namun teknik toning rambut juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya adalah:

Pilihannya terbatas

Warna toning memiliki pilihan warna yang lebih terbatas dibandingkan dengan bleaching atau teknik pewarnaan lainnya. Sehingga kamu tidak bisa mewarnai rambut dengan warna-warna terang.

Tidak akan bertahan lama

Biasanya hasil dari toning tidak akan bertahan lama, hanya berkisar antara empat hingga enam minggu.

Proses toning ini umumnya merupakan sebuah tahapan untuk menyempurnakan teknik pewarnaan lain sehingga akan menghasilkan warna rambut yang sesuai dengan keinginan.

Sehingga sering kali proses toning ini dilakukan dilakukan setelah teknik bleaching.

Lebih cocok untuk rambut yang diwarnai

Hasil dari toning, akan lebih mudah bertahan pada rambut yang telah diwarnai. Sementara pada virgin hair, hasil dari proses toning tidak akan bertahan lama.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk perawatan untuk rambut berwarna.

TRESemme Color Radiance & Repair for Colored Hair

Milkshake Colour Care Colour Maintainer Conditioner

Untuk melembutkan rambut yang diwarnai, cobalah untuk menambahkan Milkshake Colour Care Colour Maintainer Conditioner ke dalam perawatan rambut.

Sebab produk ini diformulasikan dengan protein susu, ekstrak buah, dan minyak bunga matahari. Sehingga kandungannya sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Olaplex No.4 Bond Maintenance Shampoo

Sampo yang satu ini dapat membersihkan sekaligus memperbaiki, melindungi, dan memperkuat rambut. Kelembapan yang maksimal pun bisa kamu peroleh dengan baik.

Keunggulan dari produk tersebut adalah bisa memperbaiki masalah rambut yang sering dialami, mulai dari rambut rusak, ujung yang bercabang, serta rambut yang diwarnai.

Sachajuan Hair In The Sun

Paparan sinar matahari juga dapat menimbulkan masalah rambut baru. Namun untungnya terdapat perawatan rambut yang dapat melindunginya dari sinar matahari.

Sachajuan Hair In The Sun hadir dengan teknologi yang dapat melindungi rambut dan warna rambut dari paparan sinar matahari. Produk ini juga berfungsi sebagai krim styling yang memberikan efek kilau pada rambut.

Dancoly orange flower Shining Color Conditioner

Untuk menjaga warna rambut dan mencegahnya supaya tidak cepat pudar, maka disarankan untuk menggunakan produk yang satu ini.

Selain itu, kandungan yang ada di dalam produk juga bisa melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

Rambut pun akan terasa lebih bercahaya setelah menggunakan kondisioner ini.