Harus Tetap Traveling dalam Situasi Pandemik? Wajib Lakukan Ini

tips tr
Foto: www.gettyimages.com

Bahkan meski pembatasan travel sudah diberlakukan di berbagai tempat di dunia dalam rangka memperlambat penyebaran COVID-19, bisa jadi ada satu hal yang membuatmu harus naik bus, kereta atau pesawat dan traveling ke tempat lain. Mau tidak mau. Hah. Mungkin karena pekerjaan yang mendesak, misalnya? Atau situasi emergensi keluarga? Jika hal ini kamu alami sekarang, ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan untuk memastikan kamu—dan orang-orang di sekitarmu—tetap sehat. Berikut adalah tips traveling sehat di era COVID-19.

CUCI TANGANMU

Oke, oke, mungkin kamu sudah bosan—atau malah tanganmu sudah kering karena terlalu sering mencuci tangan. Tapi hei, seperti kata nenek moyang, mencegah lebih baik daripada menerima penyakit. Jadi, seperti yang sudah diulang-ulang oleh pemerintah dan para ahli, cuci tanganmu dengan benar dengan menggunakan sabun dan air. Atau dengan hand sanitizer jika sulit menemukan air mengalir. Cuci tanganmu selama 20 detik dan pastikan semua sudut dan jari bersih.

HINDARI MENYENTUH WAJAH

Yeah, yeah, bahkan penelitiain juga mengakui bahwa karena ini merupakan sebuah kebiasaan yang sudah mendarah daging, jadi memang super sulit menghentikannya. Tidak bukan berarti, tidak ada jalan keluar. Ada beberapa trik sederhana yang bisa kamu lakukan. Pertama, usahakan menjadi mindful sehingga kamu bisa menghentikan diri sebelum memegang wajah. Lalu, sibukkan tanganmu dengan melakukan sesuatu. Merasa hidung, mata atau mulut gatal? Jangan hiraukan. Jika memang tingkat kegatalannya level 30, cuci tanganmu dan garuklah sesuka hatimu. Atau, gunakan sarung tangan.

BERSIHKAN SEMUA PERMUKAAN SEBELUM DAN SESUDAH TRAVELING

Poin yang satu ini sepertinya bisa kita tiru dari Naomi Campbell. Minggu lalu beredar foto-foto dari akun Twitter dan Instagram-nya yang memperlihatkan Campbell keluar rumah dengan menggunakan masker wajah. Eits, tidak hanya itu, masker yang dipakainya adalah masker profesional lengkap dengan seragam putih ala CSI, sarung tangan latex dan pelindung mata. Tepuk tangan untuk Naomi! Dan tidak sampai di situ, mengaku sebagai germaphobe, sebelum duduk di pesawat Naomi akan mengelap semua permukaan (layar TV, remote, meja, punggung kursi, jendela, dsb) dengan tisu antibakteri. Dan seperti yang sudah kita tahu bahwa COVID-19 bisa hidup di permukaan sampai 9 hari, jadi kita memang harus membersihkan setiap permukaan, termasuk ponsel dan celana jeans.

JAGA JARAK DARI ORANG LAIN

Uh-uh, hal ini memang mustahil terjadi di situasi normal. Namun, di kondisi pandemik seperti sekarang ini, percayalah—banyak pesawat yang terbang dengan hanya lima orang penumpang. Atau paling tidak, satu meter dari orang lain. Jadi, jika memungkinkan, mintalah kepada maskapai untuk bisa dudukkan sejauh mungkin dari orang lain.

BERITAHUKAN ORANG-ORANG TERDEKAT BAHWA KAMU BARU SAJA TRAVELING

Setiap orang yang kamu temui di tempat tujuanmu sebaiknya tahu bahwa kamu datang dari tempat lain dan sudah menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi publik. Dan jika setelah memberitahukan ini, mereka menjaga jarak—jangan baper, ya. Ini demi kebaikanmu—dan mereka, pastinya.

Jika tadi adalah tips traveling sehat, begini cara membicarakan COVID-19 dengan anak.

podcast button