Ini Cara Menenangkan Diri Jika Kamu Hanya Punya 1 Menit Istirahat

Foto: www.gettyimages.com

Punya waktu satu menit? Iya, satu menit saja sudah bisa membantu mengurangi kecemasan dan kepanikan tingkat tinggi yang sedang kamu alami saat ini akibat COVID-19. Meski memang penting untuk #stayathome, #tetap waras juga wajib hukumnya. Di dalam sebuah artikel, The Guardian memberikan beberapa tips untuk membuat level kepanikan kamu berkurang jika kamu hanya punya waktu satu menit, 10 menit dan istirahat 14 hari.

Jika kamu hanya punya waktu istirahat satu menit…

Tarik nafas dalam dan pelan dari hidung, hitung sampai tiga, tahan nafas dan keluarkan nafas dan hitung sampai enam. Melakukan hal ini sebanyak 10 kali akan mengurangi level hormon kortisol, kata psikolog dan penulis “Anxiety Attacks” Lucy Atcheson .

Jika kamu hanya punya waktu istirahat lima menit…

Belajar kata baru dan gunakan. Linda Blair, seorang psikolog, menyarankan untuk melihat “kata hari ini” di situs Merriam-Webster. Dengan melakukan ini, kamu merasa memiliki kontrol atas diri dan sekaligus kepercayaan diri. Atau lakukan meditasi selama lima menit. Atau, cium bunga hidup.

Jika kamu hanya punya waktu istirahat 10 menit…

“Tuliskan surat untuk dirimu sendiri tentang hal baik apa yang sedang kamu lakukan dan perkembangannya,” kata Atcheson. Ibaratnya, kamu sedang menulis sebuah surat untuk menyemangati seorang sahabat—dan kebetulan sahabat baik itu adalah dirimu sendiri. Atau, jika menulis surat menurutmu sudah so last century, lakukan gratitude journal yang memang lebih kekinian. Tuliskan tiga hal yang membuatmu bersyukur. Yep, kamu pasti punya tiga hal yang membuatmu merasa beruntung dan bersukacita. Gunakan waktu 10 menit ini memikirkan dan menuliskannya.

Jika kamu punya waktu istirahat 20 menit…

Lumayan lama ya, waktu kosongmu? Ketika memungkinkan, lakukan power nap a.k.a. tidur! Atau kalau tidak bisa tidur—it’s ok. Hanya dengan baring dan menutup mata sambil mengatur nafas, ini bisa membuatmu lebih tenang karena pikiran yang ada membuatmu cemas akan dinetralkan oleh tubuh. Jangan lupa pasang alarm. Dan saat 20 menit ini selesai, kembalilah beraktivitas seperti biasa.

Jika kamu punya waktu bekerja dari rumah selama 14 hari…

Miliki rutinitas yang sehat, mulai dari olahraga daring, baca buku, mencoba resep baru, berkomunikasi dengan orang secara virtual . Kurangi waktu di media sosial karena bisa membuat depresi dan kesedihan semakin parah.

Selanjutnya: ini cara mengetahui bahwa kamu terlalu lelah berolahraga.