Tips Membuat Masker Alpukat untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

masker alpukat
Foto: www.freepik.com

Alpukat memang menjadi buah kesukaan banyak orang. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah berwarna hijau ini juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan tubuh, seperti masker alpukat misalnya.

Masker yang berbahan dasar buah yang sehat ini memiliki banyak manfaat, baik bagi kulit maupun rambut. Selain itu, pembuatan masker alpukat juga tergolong mudah dan dapat kamu buat sendiri di rumah.

Masker Alpukat Untuk Rambut

masker alpukat
Foto: www.freepik.com

Memiliki kandungan minyak alami dan asam lemak menjadikan buah yang satu ini bisa digunakan untuk rambut. Meski minyak yang dihasilkan dari alpukat sangat bermanfaat bagi semua jenis rambut, namun akan sangat cocok jika digunakan pada rambut kering.

Selain kandungan minyaknya yang bermanfaat, buah ini juga kaya akan vitamin. Berkat hal itu, masker alpukat dapat menutrisi kulit kepala sekaligus membuat rambut menjadi lebih sehat.

Mineral dalam minyak alpukat mengandung kalium dan magnesium yang dapat menutup sel kutikula sekaligus membantu rambut terlihat halus dan berkilau. Serta bisa mencegah rambut mudah patah. Berikut resep masker alpukat untuk rambut yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

Alpukat dan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang mudah menyerap pada rambut dan dapat melindungi setiap helaian rambut. Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah alpukat, kemudian menumbuknya secara halus. Lalu tambahkan 2-3 sendok makan minyak kelapa dan aduk hingga rata.

Jika kamu menyukai masker yang cair, kamu dapat menambahkan lebih banyak minyak kelapa ke dalam masker alpukat tersebut.

Alpukat, minyak zaitun, dan lemon

Masker alpukat dengan campuran minyak zaitun dan lemon akan membantu mengurangi minyak berlebih serta ketombe pada rambutmu. Selain itu, rambut juga akan terasa lebih lembut karena menggunakan minyak zaitun.

Kamu dapat menggunakan satu buah alpukat yang telah dihancurkan kemudian menambahkan ¼ cangkir minyak zaitun dan satu sendok teh jus lemon. Lalu oleskan campuran masker ini dari akar hingga ujung rambut.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Skincare Routine Malam Yang Wajib Diterapkan

Alpukat, telur, dan minyak zaitun

Dengan kandungan proteinnya, telur dapat membantu untuk memperkuat rambut dan melindungi rambut bercabang akibat panas. Selain itu, tambahan minyak zaitun juga akan membuat helaian rambut menjadi lembap dan tidak kering.

Siapkan ½ buah alpukat lalu tambahkan satu butir telur dan satu sendok teh minyak zaitun. Kemudian haluskan semua bahan tersebut dengan garpu atau sendok.

Alpukat dan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membuat kulit kepala menjadi lebih tenang. Tak hanya itu, kandungan vitamin yang ada pada lidah buaya yang dicampur dengan alpukat juga akan membuat rambutmu menjadi sehat.

Untuk membuat masker alpukat ini, kamu dapat menyiapkan satu buah alpukat dan menambahkan dua sendok makan gel lidah buaya serta satu sendok teh minyak kelapa. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata kemudian oleskan pada rambutmu.

Alpukat dan pisang

Pisang memiliki kandungan siliki yang tinggi, sehingga berfungsi untuk menghaluskan rambut serta membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Siapkan ½ buah alpukat kemudian tambahkan satu buah pisang lalu hancurkan kedua bahan tersebut hingga rata. Disarankan untuk mengoleskan masker ini pada rambut yang basah.

Alpukat, madu, dan yoghurt

Meski memiliki tekstur yang lengket, namun madu dapat membuat rambutmu menjadi lembap sehingga sangat cocok untuk digunakan pada rambut kering. Selain itu, kandungan probiotik dalam yoghurt juga dapat membantu mengurangi ketombe.

Kamu bisa menyiapkan ½ alpukat, kemudian menambahkan satu cangkir yoghurt tanpa rasa, dua sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Haluskan empat bahan tersebut hingga menjadi pasta.

Alpukat dan oatmeal

Menambahkan oatmeal ke dalam masker alpukat ini dapat membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal. Siapkan ½ buah alpukat kemudian tambahkan ½ cangkir oatmeal yang sudah dimasak.

Setelahnya, haluskan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta dan oleskan ke rambut dari akar hingga ujung. Perlu diingat, sebelum menambahkan oatmeal ke masker alpukat, kamu perlu membiarkan oatmeal menjadi dingin hingga mencapai suhu ruangan.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Menanam Cabe Di Rumah

Kamu dapat mengaplikasikan resep masker alpukat ini ketika kondisi rambut kering. Karena rambut basah akan menolak minyak dan membuat masker sulit untuk meresap ke dalam rambut. Selain itu, kamu dapat membiarkannya selama 20 hingga 30 menit.

Masker Alpukat Untuk Kulit

masker alpukat
Foto: www.freepik.com

Selain bermanfaat bagi rambut, buah alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin yang terkandung dalam alpukat dapat membantu memperbaiki kondisi kulit seperti eksem dan jerawat.

Selain itu, nutrisi alpukat juga dapat meratakan warna kulit dan memperbaiki kulit pecah-pecah. Minyak alpukat juga dapat membantu mengurangi munculnya jerawat dan membuat kulit wajah terasa lebih kenyal dan lembap.

Dengan kandungan antioksidan, mineral, serta vitamin C dan E, membuat buah ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, meredakan peradangan, dan menghilangkan sel kulit mati.

Berikut resep masker alpukat yang dapat digunakan pada kulit:

Alpukat dan madu

Masker alpukat dan madu ini berfungsi untuk melembapkan wajahmu yang kering.

Untuk itu kamu dapat menyiapkan ½ buah alpukat, satu sendok teh minyak kelapa padat, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh air. Kemudian campurkan semua bahan tersebut dan haluskan hingga berbentuk menyerupai pasta.

Sebelum mengoleskannya pada wajah, kamu bisa menyiapkan kain hangat lalu usapkan ke wajahmu selama 20 detik. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajahmu.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengoleskan ke seluruh bagian wajah dan membiarkannya selama 15 menit sebelum membilasnya.

Alpukat dan yoghurt

Selain menggunakan madu, kamu juga bisa melembapkan kulit dengan campuran masker alpukat dan yoghurt. Siapkan ½ alpukat kemudian tambahkan satu sendok makan yoghurt tawar dan ½ sendok teh minyak alpukat.

Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan hingga membentuk pasta.

Setelah itu kamu dapat mengoleskan masker alpukat pada wajah dan membiarkannya selama 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dan aplikasikan pelembap supaya kulitmu menjadi lebih kenyal.

Baca Juga :  9 Alat  Yang Wajib Disiapkan Saat Ingin Manicure Pedicure Di Rumah

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu dapat melakukan uji coba sebelum menggunakannya pada area wajah. Oleskan sedikit alpukat ke bagian siku atau pergelangan tangan.

Kemudian jika kulitmu terasa gatal, kemerahan, atau bengkak, maka kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan masker alpukat ini.

Rekomendasi Produk Masker Alpukat

Berikut produk rekomendasi yang mengandung alpukat:

Kiehl’s Avocado Nourishing Hydrating Mask

Diformulasikan dengan ekstrak buah alpukat, minyak alpukat, dan minyak primrose membuat produk ini dapat mempertahankan kelembapan kulit dan membantu menghidrasi kulitmu. Dengan tekstur yang lembut dan unik, masker ini dapat membuat kulit terasa lembut dan kembali segar.

Etude House Repair My Hair Avocado Hair Pack

Masker rambut yang berbahan dasar alpukat ini akan memberikan perawatan intensif untuk rambut kasar dan kusut. Kamu dapat menggunakan produk ini setelah keramas dan membiarkannya selama 5-10 menit sebelum dibilas.

Freeman Purifying Avocado + Oatmeal Clay Mask

Kombinasi alpukat dengan oatmeal, membuat masker ini dapat menutrisi sekaligus melembapkan kulit wajah. Produk ini memiliki tekstur clay yang dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah.

Origins Drink Up Intensive Overnight Hydrating Mask with Avocado & Swiss Glacier Water

Masker malam ini akan menjaga kulit agar tetap lembut, halus, dan terhidrasi dengan kandungan alpukat dan air glets Swiss, yang dianggap sebagai salah satu air paling murni dan kaya akan mineral. Produk ini juga dapat menutrisi kulit sepanjang hari.

Good Avocado Creambath Emulsion

Dengan kandungan minyak alpukat yang bermanfaat untuk melindungi sekaligus memelihara keseluruhan rambut, produk ini cukup mudah untuk digunakan. Kamu bisa mengaplikasikannya setelah keramas kemudian membiarkannya selama 10-15 menit sebelum dibilas.