Orang dengan Tipe Kepribadian Ini Bisa Semakin Stres Saat Bekerja dari Rumah

tipe kepribadian bekerja dari rumah
Foto: www.gettyimages.com

Ah, memang enak banget bekerja dari rumah! Tidak dilarang pakai daster (meski para ahli menyarankan berpakaian rapi adalah satu cara jitu untuk tetap produktif). Dan pastinya, kamu tidak perlu bertemu seseorang yang selalu membuatmu merinding. Ooops. Akan tetapi ada satu hal yang perlu kamu tahu: sebuah penelitian memperlihatkan bahwa ada tipe kepribadian tertentu yang akan menjadi semakin produktif ketika bekerja dari rumah. Dan ada tipe yang malah bisa stres. Huh?

Diterbitkan di European Journal of Work and Organizational Psychology, para peneliti ini melibatkan 403 pekerja dewasa dan diteliti level otonomi/independensinya, tekanan dan kestabilan emosionalnya. Hasilnya, para orang pintar ini menemukan ada satu tipe kepribadian yang menjadi super duper berkembang ketika bekerja jarak jauh. Drum rolls please…. Yakni, mereka yang memiliki kestabilan emosional dan tingkat independensi/otonomi yang tinggi. Uh-uh, mereka ini akan tetap produktif bahkan ketika bekerja dari rumah atau dari mana pun yang jauh dari kantor. Sementara itu, mereka yang memiliki level otonomi yang tinggi dengan level kestabilan emosional yang rendah, kemungkinan akan merasa tertekan dan stres.

Itulah sebabnya, ketika mendengar imbauan “bekerja dari rumah”—setiap orang bisa memiliki reaksi yang berbeda-beda. Alhasil, mempengaruhi kesejahteraan emosional mereka. “Jika sesuatu yang membuat stres terjadi di kantor, orang yang memiliki kestabilan emosional tinggi akan tetap positif dan rileks, dan berusaha mencari solusinya. [Sementara] individu dengan stabiltas emosional rendah bisa frustrasi dan path semangat, sehingga emosinya terkuras dan tidak mampu menangani masalah,” kata Sara Perry, Ph.D, dalam sebuah rilisan pers. “Jika seseorang tidak bisa menghadapi stres dengan baik di kantor, maka kemungkinan mereka juga tidak bisa mengatasinya saat di rumah.”

Jadi, jika saat ini kamu sedang menjalankan sistem bekerja dari rumah karena wabah COVID-19, coba tetap jalin komunikasi dengan teman kantor untuk mengurangi stres. Intinya, pastikan rumah tidak menjadi sarang stres hanya karena kamu bekerja dari rumah, ya!

Selanjutnya: tanaman cantik ini bisa mengurangi stres.

podcast button