Termasuk Tipe Apakah Anakmu? Dandelion, Tulip atau Anggrek?

Foto: www.shutterstock.com

Terdengar seperti kode-kode rahasia. Atau, seperti nama samaran dari seseorang. Akan tetapi seandainya kamu belum tahu ini adalah tiga tipe anak modern: dandelion, tulip dan anggrek. Eh? WTH? Berikut penjelasannya, dan kenali kira-kira termasuk tipe manakah si kecil di rumah.

Tipe Dandelion

Cantik ya, namanya. Dan sama seperti bunganya, jika bayi kamu termasuk “mudah” dan gampang berkembang di mana pun, berarti dia termasuk ke dalam kategori ini. Menurut sebuah studi di jurnal Translational Psychiatry, “Dandelion lebih ekstrover dan tidak terlalu pencemas tapi pada saat yang bersamaan mereka kurang responsif terhadap rangsangan mood yang positif.”

Bagaimana membantu mereka berkembang maksimal:  “Mereka sepertinya tahan banting tapi sebenarnya paling peka terhadap ancaman dan hinaan,” tulis Dr. W. Thomas Boyce, seorang pediatrik dan penulis buku The Orchid and The Dandelion: Why Some Children Struggle and How All Can Thrive Dan ingat: mereka tetaplah anak-anak, jadi selalu butuh dukungan dan cinta dari orangtua. Kamu mungkin harus bisa mengorek lebih dalam untuk mengetahui perasaannya yang sebenarnya. Dan ajarkan pentingnya berempati.

Tipe Anggrek

Menurut seorang psikolog, anak-anak yang termasuk dalam kategori ini dikenal memiliki “reaktivitas emosional yang tinggi.” Mereka cenderung super sensitif, sangat hati-hati, pencemas dan “rapuh”. Reaksi mereka terhadap kejadian-kejadian biasa bisa terkesan ekstrim. Para ahli berpendapat bahwa hampir 20% anak-anak adalah tipe anggrek.

Bagaimana membantu mereka berkembang maksimal: Sama seperti bunganya yang super sensitif dan butuh perlakuan super hati-hati, anak-anak tipe anggrek pun memiliki tendensitas yang sama. Akan tetapi jika “dirawat” dengan benar, mereka bisa tumbuh dengan menjadi kepribadian yang indah.  Dr. Dona Matthews, seorang psikolog perkembangan, menuliskan bahwa anak-anak anggrek tumbuh lebih negatif di lingkungan buruk, dan berkembang lebih baik dibandingkan yang lain (baik dari sisi kognitif, akademik, dan kesehatan) di lingkungan yang optimal. “Jika kamu adalah orangtua dari anak seperti ini, kamu memiliki tanggung jawab untuk melakukan hal yang benar ketika ada kesempatan,” tulisnya. Berikan dia keseimbangan: biarkan dia menghadapi kesulitan untuk mendapatkan life skills, tapi tidak ada salahnya juga melindungi dia dari situasi-situasi yang membuatnya terlalu cemas.

Tipe Tulip

Tipe tulip berada di antara dandelion dan anggrek. Tidak terlalu rapuh seperti anggrek tapi lebih sensitif dari dandelion. Hasilnya? Mereka cenderung tidak bisa diprediksi.

Bagaimana membantu mereka berkembang maksimal:  Anak-anak tulip akan tumbuh maksimal jika ada struktur dan rutinitas, misalnya jam makan malam yang sama setiap malam di tempat yang sama, dengan orang yang sama. “Rutinitas seperti ini dan kesamaan hidup yang sama dari satu hari ke hari yang lain, tiap minggu, akan sangat bermanfaat untuk anak dengan kerentanan seperti ini,” kata Thomas Boyce kepada NPR. Ketika hidup kesehariannya teratur, maka dia akan lebih bisa menghadapi naik-turunnya kehidupan secara general.

Jadi, termasuk tipe manakah buah hati kamu?

podcast button