Untuk Perempuan: Ini Mengapa Tidur Bisa Memengaruhi Berat Badan dan Kesehatan

tidur berkualitas
Foto: www.freepik.com

Ada super banyak alasan mengapa kita perlu memiliki tidur berkualitas. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa ada relasi yang super, super erat antara tidur dan diet. Terutama bagi perempuan.

Apa yang Ditemukan Peneliti?

Dalam sebuah survei yang melibatkan perempuan dengan usia 20 sampai 75 tahun, para peneliti dari Columbia University Irving Medical Center menemukan bahwa kurang tidur bisa membuat pola makan berantakan. Uh-uh.

Meski hal ini selaras dengan hasil-hasil penemuan sebelumnya, tapi studi ini juga fokus pada kualitas tidur terhadap diet secara lebih luas dan detail.

Untuk mengetahui kualitas tidur para partisipan, para peneliti ini merekam durasi tidur dan berapa lama waktu dibutuhkan hingga akhirnya mereka tidur dan insomnia. Para partisipan ini juga diwajibkan melaporkan apa saja yang mereka makan.

Hasilnya? Studi ini menemukan bahwa perempuan yang mengalami insomnia parah mengonsumsi lebih banyak makanan, dan lebih sedikit lemak tak jenuh. Ini jika dibandingkan dengan partisipan lain. Sementara mereka yang sulit mengantuk mengonsumsi lebih banyak kalori.

“Kualitas tidur buruk bisa mengakibatkan makan dan asupan kalori berlebih karena sinyal lapar terstimulasi atau sinyal kenyang tertekan,” kata Faris Zuraikat, Ph.D., salah satu peneliti.

Mengapa Wanita Sulit Memiliki Tidur Berkualitas?

Jika kamu penasaran mengapa wanita (khususnya) perlu memperhatikan dampak kebiasaan tidur terhadap pola makan, ini ada kaitannya dengan pola tidur perempuan..

“Para perempuan khususnya rentan mengalami gangguan tidur dalam hidup mereka,” kata Brooke Aggarwal, EdD, salah satu peneliti. Mengapa? “Karena mereka memikul tanggung jawab memelihara anak dan keluarga dan, nantinya, mengalami hormon menopausal.”

Dan makan dan kurang tidur seperti sebuah lingkaran setan. “Ada juga kemungkinan bahwa pola makan buruk memiliki dampak negatif pada kualitas tidur perempuan. Makan berlebih bisa menyebabkan, contohnya, ketidaknyamanan saluran pencernaan, sehingga susah tidur atau tidur nyenyak,” jelas Zuraikat.

Dan seperti kita tahu, kebiasaan makan buruk bisa menjadi faktor pemicu berbagai penyakit kronis seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Sementara kurang tidur juga bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Jadi apa yang bisa kita lakukan? Terdengar klise, tapi kita perlu memiliki gaya hidup yang lebih sehat agar memiliki tidur yang berkualitas.

Selanjutnya: Apa bahaya makan sebelum tidur? Ahli gizi ini menjelasannya.

podcast button