Apakah Hanya Wajah yang Membutuhkan Produk Anti-Aging?

tanda penuaan
Foto: www.gettyimages.com

Ah, mungkin karena usia yang makin bertambah atau rasa khawatir parah yang melanda saat social distancing dan pandemik, sepertinya wajah kita terlihat semakin kusam dan makin banyak kerutan di sekitar wajah. Tanda-tanda penuaan dini sedang terjadi—jadi, sepertinya kita harus kembali rajin memakai produk anti-aging.

Namun, berbicara tentang anti-aging, apakah memang hanya wajah yang memperlihatkan tanda-tanda penuaan? Pasalnya jika dipikir-pikir, ada banyak kulit di tubuh.

“Sebenarnya tidak,” jelas dr. Novita Ingriani,M.Biomed AAM, Founder, dan Head Doctor di Doctors Inc Clinic dan Advance Aesthetic Doctor di Le Beaute Clinic, Jakarta. “Tanda-tanda penuaan tidak hanya diperlihatkan pada bagian wajah saja, tapi juga bagian tubuh lainnya. Hanya saja wajah merupakan identitas diri secara visual pada diri manusia yang menjadi tolak ukur. Wajah menjadi bagian tubuh yang paling sering diperhatikan dan menjadi tolak ukur dalam dunia kecantikan,” jelasnya.

Dengan kata lain, “bukan hanya wajah saja yang memerlukan produk anti-aging, tetapi juga kulit di bagian tubuh lainnya,” jelasnya.

Bagaimana Proses Penuaan pada Kulit?

Foto: www.istockphoto.com

Jika kamu butuh diingatkan, seiring bertambahnya usia, maka kulit akan kehilangan elastisitas dan kekencangannya karena produksi kolagen berkurang. Dan tanda-tanda penuaan dini di antaranya, timbul garis-garis halus/keriput, kulit akan lebih kering, flek pada wajah dan kulit kusam.

Novita juga menjelaskan bahwa proses penuaan pada kulit sangat bertahap. “Dan prosesnya juga tergantung pada pola hidup, pola makan dan cara kamu merawat kesehatan kulit. Pada masing-masing-masing orang tanda penuaan tidak akan sama,” tegasnya.

Dan salah satu area yang paling terlihat sedang mengalami proses tersebut adalah kulit leher, tetapi tetap saja yang menjadi perhatian banyak orang adalah wajah.

“Saat melihat wajah di cermin, kamu mungkin tidak memperhatikan tanda-tandanya, karena yang menjadi fokus tanda penuaan hanya pada bagian wajah. Hasilnya, kita sering kali lupa untuk merawat bagian tubuh lainnya,” terangnya.

Oleh karena sekarang kita sudah diingatkan, jadi jangan lupa untuk merawat kulit di bagian tubuh yang lain, ya.

Apakah Boleh Menggunakan Produk yang Sama untuk Wajah dan Area Kulit Lainnya?

tanda penuaan dini
Foto: www.istockphoto.com

Sebuah pertanyaan: apakah boleh menggunakan produk yang sama untuk wajah dan area kulit lainnya?

“Untuk pemakaian skincare, biasanya sama. Hanya, sesuaikan dengan jenis kulit masing-masing atau gunakan produk sesuai rekomendasi dokter kecantikan kamu,” ujarnya.

“Akan tetapi untuk perawatan leher atau décolletage, biasanya dilakukan tindakan lain yang menggunakan alat bantu seperti laser dengan basis Radiofrekuensi (RF) atau Ultrasound. Untuk hal ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter perihal perawatan lanjutan lainnya,” sarannya.

Dan jika kamu bertanya-tanya, produk anti-aging seperti apa yang sebaiknya digunakan… ini saran beliau.

“Sebaiknya hindari bahan-bahan yang mengandung zat yang tidak direkomendasikan atau dilarang. Gunakanlah produk yang berfungsi melembapkan dan mengandung SPF. Pakai juga produk yang memberikan hasil firming atau mengencangkan, serta yang mendorong regenerasi sel kulit baru dan collagen remodeling,” bocornya.

Selanjutnya: pilih mana laser dengan Radiofrekuensi atau Ultrasound? Baca penjelasan lengkap ahli kulit ini.

podcast button