12 Tanaman Bonsai Unik yang Akan Mempercantik Rumahmu

tanaman bonsai
Foto: www.unsplash.com

Selama pandemi ini, banyak orang yang mulai mencoba untuk merawat tanaman hias. Selain untuk mempercantik rumah, tanaman hias juga dapat membuat rumahmu terasa lebih nyaman. Salah satu tanaman hias yang populer adalah tanaman bonsai yang merupakan miniatur dari pohon besar yang dapat kamu simpan di dalam rumah. Jika kamu mulai tertarik untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah, maka berikut tips menanam pohon bonsai yang bisa kamu terapkan.

Apa Saja Jenis-jenis Tanaman Bonsai?

tanaman bonsai
Foto: www.unsplash.com

Berikut jenis-jenis tanaman bonsai yang bisa kamu pilih.

Bonsai Bougenville

Foto: www.pinterest.com

Tanaman bonsai yang satu ini sering disebut dengan bunga kertas yang memiliki bunga berwarna pink keunguan. Bougenville menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam di Indonesia, karena memiliki bunga yang cantik. Bonsai ini akan membuat pekarangan rumahmu terlihat lebih cantik dan indah.

Bonsai Beringin

tanaman bonsai
Foto: www.pinterest.com

Jenis tanaman yang satu ini sangat populer karena tidak mudah mati dan memiliki bentuk akar dan batang yang cukup besar. Jenis bonsai ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik terhadap lingkungannya sehingga membuat tanaman ini dapat bertahan hidup dan tidak mudah mati.

Bonsai Pinus

Foto: www.pinterest.com

Bonsai yang satu ini merupakan tumbuhan yang memiliki beragam jenis. Untuk itu kamu bisa memilih sendiri bentuk pohon pinus yang cocok untuk disimpan di rumahmu. Namun butuh waktu ekstra untuk merawat bonsai pinus, pasalnya kamu harus secara teratur memotong dahan pohon yang sudah tinggi. Selain itu, pastikan pohon ini selalu terkena cahaya matahari agar tidak tumbuh terlalu besar.

Bonsai Ginseng 

tanaman bonsai
Foto: www.pinterest.com

Tanaman yang satu ini berasal dari salah satu varietas pohon ara. Bonsai ini memiliki akar tebal yang terlihat di atas permukaan tanah. Keunggulan dari bonsai gingseng adalah pohon ini mudah untuk dirawat, sehingga sangat cocok untukmu yang baru pertama kali merawat tanaman bonsai. 

Bonsai Azalea

Foto: www.pinterest.com

Memiliki bunga yang cantik dengan merah muda, merah, atau putih, membuat tanaman bonsai ini digemari oleh kebanyakan orang. Ketika mekar, maka bunga azalea akan terlihat sangat menakjubkan. Namun, ketika belum waktunya mekar pun, daun dari azalea tetap dapat menarik perhatian. 

Bonsai Jade Plant

tanaman bonsai
Foto: www.pinterest.com

Bagi pemula yang ingin mulai merawat tanaman bonsai, kamu bisa memilih bonsai jade plant karena bonsai ini tidak terlalu sulit untuk dirawat. Pohon ini termasuk dalam keluarga sekulen yang dapat menyimpan air dengan waktu yang cukup lama. Memiliki daun berwarna hijau tua dan mengkilap, membuat tanaman ini akan terlihat indah jika disimpan di rumahmu.

Bonsai Buxus

Foto: www.pinterest.com

Tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan budidaya bonsai. Boxwood merupakan tanaman yang dapat dirancang dengan berbagai gaya sesuai keinginanmu, entah itu berbentuk lingkaran atau persegi. Memiliki daun yang lembut, membuat tanaman ini akan membuat rumahmu terlihat lebih sejuk.

Bonsai Buttonwood

tanaman bonsai
Foto: www.pinterest.com

Karena memiliki bentuk yang kurang menarik, tanaman bonsai ini sering kali diabaikan oleh banyak orang. Meski begitu, sebenarnya tanaman ini sangat bermanfaat dan mudah untuk dibudidayakan. Kamu juga bisa membentuk batang dan daun dari jenis bonsai ini sesuai selera.

Bonsai Cedar

tanaman bonsai
Foto: www.pinterest.com

Bonsai yang satu ini lumayan sulit untuk ditemukan, hal ini disebabkan karena pohon ini membutuhkan perawatan yang khusus. Namun, tanaman ini memiliki bentuk yang cantik dan daun yang halus, serta memerlukan cahaya matahari penuh agar bisa tumbuh. Sangat pas untuk diletakkan di pekarangan rumahmu.

Bonsai Maidenhair

Foto: www.pinterest.com

Tanaman ini sangat sulit ditemukan karena tidak banyak ditanam di Indonesia. Memiliki daun dan batang yang berbeda di antara bonsai lainnya, membuat bonsai maidenhair atau ginkgo ini menjadi unik. Untuk merawatnya, tanaman bonsai ini memerlukan asupan cahaya yang banyak sehingga cocok untuk diletakkan di luar rumah.

Bonsai Cherry Blossom

Foto: www.pinterest.com

Memiliki daun yang unik dengan warna yang cantik menjadi salah satu kelebihan dari tanaman bonsai ini. Untuk merawatnya, tanaman ini perlu dipupuk secara berkala agar tumbuh dengan indah hingga mendapatkan warna yang cerah. Kamu bisa merasakan nuansa musim semi dengan meletakkan tanaman ini di pekarangan rumah.

Bonsai Asem

tanaman bonsai
Foto: www.pinterest.com

Bonsai yang satu ini memerlukan perawatan yang cukup sulit karena kamu perlu memangkas rantingnya secara rutin agar tidak saling menutupi. Jenis bonsai ini merupakan tanaman dengan batang yang cukup besar. Meski perawatannya tidak mudah, namun jika kamu teliti dan berhasil merawat tanaman ini, tentunya bonsai asem akan membuat rumahmu terlihat indah.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Bonsai?

tanaman bonsai
Foto: www.freepik.com

Jika kamu tertarik untuk memiliki tanaman bonsai, maka kamu dapat melakukan beberapa cara di bawah ini agar tanaman favoritmu terawat dengan baik.

Mengenali tanaman bonsai

Kamu perlu mengenali terlebih dahulu tanaman bonsai apa yang akan kamu pilih. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, iklim, dan keadaanmu. Selain itu, kamu juga dapat memilih apakah kamu lebih senang menyimpan pohon bonsai di dalam ruangan atau di luar ruangan. 

Membeli pohon bonsai

Setelah mengetahui jenis bonsai yang akan kamu pilih, kini saatnya kamu membeli pohon bonsai. Jika kamu ingin menanamnya dari awal, kamu bisa membeli bibit bonsai dengan memerlukan waktu sekitar tiga sampai lima tahun untuk tumbuh besar. Namun jika kamu senang yang lebih praktis, maka kamu dapat membeli pohon bonsai yang sudah tumbuh. 

Membentuk dan menata pohon bonsai

Langkah selanjutnya akan menghabiskan waktu dan tenagamu. Selain itu, menata dan membentuk pohon bonsai juga membutuhkan kreativitas yang tinggi. Kamu bisa mulai memangkas pohon bonsai dengan memperhatikan ukuran cabang. Jika terdapat dua cabang dengan tinggi yang sama, maka kamu bisa memotong salah satu cabangnya. Kemudian kamu bisa membentuk pohon bonsai dengan membungkusnya menggunakan aluminium hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu.

Merawat bonsai

Kamu bisa mulai merawat bonsai dengan menyiramnya sesuai dengan jenis yang kamu miliki. Karena setiap bonsai memiliki teknik penyiraman yang berbeda-beda. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan campuran tanah dan pot. Biasanya, perlu mengganti pot setiap dua tahun untuk memastikan bonsai dapat tumbuh. Pupuk yang diberikan pada tanaman ini juga dapat disesuaikan dengan jenis bonsai yang kamu miliki.  

Selanjutnya: 8 Tanaman Hias Gantung untuk Kamu yang Tidak Punya Halaman.