Sulit Konsentrasi Saat Bekerja dari Kantor? Mungkin Ini Penyebabnya

sulit konsentrasi
Foto: www.gettyimages.com

Jika kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang sudah kembali bekerja dari kantor hari ini, mungkin ada banyak hal yang membuatmu sulit konsentrasi. Keinginan untuk mencuci tangan setiap lima menit, misalnya. Atau, memakai masker membuatmu sadar dengan bau mulut (FYI, ini cara mengatasinya). Bagaimana agar kamu bisa lebih konsentrasi saat bekerja? Sebuah penelitian baru menyimpulkan beberapa faktor yang bisa membuatmu lebih fokus, produktif dan nyaman saat bekerja di kantor—terutama di era new normal ini.

Apa yang Membuat Kita Sulit Konsentrasi?

Dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelegence), para peneliti yang adalah ahli AI dari RMIT University mencari tahu apa yang bisa membuat pekerja lebih konsentrasi dan nyaman saat bekerja di kantor.

Bekerja sama dengan para psikolog, para peneliti ini melibatkan 31 staf dari dua perusahaan selama empat minggu. Selama periode tersebut, berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi kinerja para partisipan dicatat. Mulai dari level kebisingan, temperatur dalam ruangan, kualitas udara, kelembapan, dan tekanan udara.

Hasilnya? Seperti yang bisa diduga ada banyak hal yang bisa membuat seseorang lebih konsentrasi. Data memperlihatkan bahwa area bekerja menentukan prestasi. Contohnya, sering kali orang memiliki posisi favorit, sebut saja di dekat jendela, pintu atau dapur. Dan jika mereka tidak duduk di lokasi favorit itu, bisa jadi konsentrasi mereka berkurang, serta lebih sensitif terhadap temperatur.

Oh, berbicara tentang temperatur, suhu udara di dalam ruangan adalah salah satu faktor super penting yang membuat orang bisa nyaman atau sebaliknya, sulit fokus. Menurut penelitian ini, mayoritas orang setuju bahwa suhu di bawah 22,5C terlalu dingin. Ah, leganya akhirnya ada yang sependapat dengan kita!

Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Selain posisi dan suhu udara, sulit konsentrasi juga dipengaruhi oleh kualitas tidur malam sebelumnya. (Duh!). Dan oh: jumlah rapat. Semakin banyak rapat, semakin sulit seseorang fokus dan menyelesaikan pekerjaannya. (Duh, duh!)

Terakhir, yang menjadi faktor penyumbang sulit konsentrasi adalah level CO2. Itulah sebabnya penelitian ini menyarankan untuk melengkapi ruangan kantor dengan sistem pendingin dan ventilasi yang baik. Plus, “tanaman dalam ruangan untuk mengurangi CO2,” kata Dr Mohammad Saiedur Rahaman, penulis utama penelitian ini.

Hikmah yang bisa kita ambil dari studi: 1) sampaikan hasil studi ini kepada bosmu, dan 2) temukan tempat favoritmu sekarang juga, dan 3) tidurlah yang cukup.

Selanjutnya: Baca tips dari psikolog ini tentang cara menjaga kesehatan mental saat sedang mencari pekerjaan setelah di-PHK.

podcast button