Mengapa Rambutmu Lepek—dan Tips Mengatasinya dari Seorang Ahli

rambut lepek
Foto: www.gettyimages.com
Last updated:

Entah kenapa, meski bekerja dari rumah dan intensitas terpapar polusi berkurang, rambutmu tetap saja lepek. Ugh, seandainya ada cara ampuh untuk mengatasinya sehingga ada satu hal (lagi) di dalam hidup yang membuatmu bahagia, di tengah situasi pandemik seperti sekarang ini. Untuk itu, LIMONE menghubungi seorang ahli guna mencari tahu mengapa rambut lepek dan bagaimana cara mengatasinya di rumah.

Ini Penyebab Rambutmu Selalu Lepek

rambut lepek

Dokter kecantikan, Catherine Soebroto Dipl. CIBTAC dari klinik kecantikan dr Belle mengatakan kulit kepala terdiri dari kurang lebih sekitar 100.000 pori-pori. Di setiap pori-porinya selalu keluar satu helai batang rambut. Dan di setiap pori-pori selalu ada kelenjar minyak. “Nah, karena begitu banyaknya kelenjar minyak di kulit kepala, itu sebabnya rambut di kepala selalu berminyak setiap beberapa hari,” ungkapnya.

Meski begitu, menurutnya penyebab rambut berminyak pada setiap orang berbeda-beda. “Tapi yang membedakan satu orang itu lebih berminyak daripada orang lain yaitu hormonal, jumlah kelenjar minyaknya (apakah banyak atau sedikit), terus makanan yang dimakan,” jelasnya. “Apabila kita memakan makanan yang berminyak, biasanya minyak itu akan keluar melalui pori-pori rambut atau pori-pori muka.”

Selain itu, Dokter Catherine memaparkan penyebab lainnya yaitu penggunaan produk yang tidak tepat, seperti sampo dan kondisioner. “Sebaiknya kita menggunakan produk yang memang khusus untuk rambut berminyak. Seringkali yang terjadi adalah rambut kita berminyak tapi kita pakai sampo untuk rambut kering. Akibatnya rambut kulit kepala cenderung mengeluarkan minyak lebih banyak lagi,” paparnya saat ditemui di klinik tempatnya bekerja.

Bagaimana dengan faktor banyak pikiran, stress? “Stres atau faktor psikis itu salah satu faktor terbesar dari keluarnya minyak di kepala. Sama dengan stres menyebabkan jerawat, stres juga merangsang minyak dikulit kepala menjadi lebih cepat,” jawabnya.

Tips Mengatasi Rambut Lepek Akibat Berminyak

Foto: www.gettyimages.com

Sudah terpecahkan ya, misteri penyebab rambut lepek! Berikutnya, Dokter Catherine membocorkan beberapa tips simpel untuk terbebas dari kepelikan tersebut.

Hindari Makanan Berminyak

Catherine menyarankan cara pertama mengatasinya dengan menghindari makanan yang bisa merangsang keluarnya minyak. “Hindari makanan yang membuat kelenjar minyak lebih aktif, seperti makanan yang berminyak. Mengonsumsi berlebihan makanan yang berminyak akan membuat tubuh mengeluarkan minyak melalui pori-pori wajah, atau kulit kepala.” Ujarnya. Tidak hanya itu, hindari juga makanan pedas dan dairy product seperti cokelat, keju, susu, karena “semua itu merangsang kelenjar minyak.”

Keramas Dua Hari Sekali

Menurut Dokter Catherine, wanita yang terlahir dengan kelenjar minyak yang besar harus rajin keramas. “Kalau memang tipe rambutnya berminyak, kita harus rajin-rajin keramas. Misalnya setiap hari atau dua hari sekali,” sarannya.

Lho, bagaimana dengan mitos terlalu sering keramas akan menghasilkan lebih banyak minyak? “Kamu harus rajin-rajin keramas, tidak perlu takut keramas.” tegasnya.

Menurutnya, keramas atau tidak keramas—orang yang rambutnya cenderung berminyak, akan tetap berminyak. “Keluarnya minyak pada setiap orang juga berbeda-beda. Kalau cuaca panas, pasti minyak akan keluar lebih banyak daripada ketika kita berada di ruangan ber-AC. Jadi tetap usahakan selalu keramas setiap hari atau dua hari sekali untuk rambut berminyak,” sarannya.

“Maksimal sih, dua kali sehari, karena kalau terlalu panjang minyak akan bertumpuk di kulit kepala yang akan menyebabkan ketombe dan kulit kepala menjadi gatal,” tekannya.

Ini Produk yang Harus Kamu Pakai untuk Rambut Berminyak

Foto: www.gettyimages.com

“Hindari sampo-sampo yang mengandung deterjen. Ciri sampo yang mengandung deterjen yaitu ketika kita gunakan busanya akan banyak sekali,” ucapnya.

“Hindari sampo juga yang mengandung moisturizer seperti almond oil. Sesuatu yang mengandung oil dari biji-bijian itu sebaiknya dihindari,” tambahnya melengkapi. “Jadi pilih produk sampo yang tertulis untuk rambut berminyak, yang tujuannya untuk mengeringkan.”

Bagaimana dengan kandungan pada serum dan kondisioner? “Sama halnya dengan sampo, pilihlah serum atau kondisioner yang tidak mengandung oil, tapi water base. Sebaiknya kita pilih yang memiliki kandungan seperti timun yang berfungsi mengeringkan kelenjar minyak.”

Begini Cara Aplikasikan Produk Perawatan Rambut

rambut lepek
Foto: www.gettyimages.com

Well, misteri berikutnya: adakah tata cara atau ritual tertentu saat keramas? Menurutnya, gunakan sampo secukupnya. “Tidak perlu terlalu banyak karena bukan berarti semakin berbusa itu semakin baik. Jadi kira-kira aja, kalau misalnya rambutnya panjang kita keluarkan setengah telapak tangan. Tetapi kalau rambut kita pendek, kurangi jumlahnya,” sarannya.

Lalu ada yang bilang nih, bahwa rambut berminyak tidak membutuhkan kondisioner. Untuk anggapan satu ini, Dokter Catherine berpendapat bahwa baik tipe rambut kering atau berminyak dianjurkan untuk menggunakan kondisioner. Pasalnya, kondisioner berguna untuk melembapkan batang rambut.

“Jadi batang rambut kita harus selalu lembap. Dan batang rambut dengan kulit kepala dan akar rambut itu sangat berbeda; yang mengeluarkan minyak adalah kulit kepala dari pori-pori yang akan diteruskan ke batang rambut,” sambungnya. “Biasanya minyak dari pori-pori tidak sampai pada ujung rambut, sehingga walaupun kita rambutnya berminyak dan kulit kepala cenderung berminyak, ujung rambut itu pasti cenderung kering.”

Dan pakai kondisioner saat keramas, hanya pada ujung-ujung rambut saja.

Dia berpesan untuk menggunakan produk-produk yang tujuannya untuk melembapkan hanya mulai dari pertengahan rambut ke bawah.

“Itu ‘kan tujuannya untuk membikin batang rambut menjadi licin. Tapi kita salah pakai saat memakainya di kulit kepala. Otomatis kulit kepala akan terangsang untuk mengeluarkan minyak,” jelasnya.

Ini Tips agar Rambut Sehat Berkilau

rambut lepek
Foto: www.unsplash.com

Dokter Catherine membeberkan ciri-ciri rambut sehat, yakni rambut menutupi kulit kepala alias tidak terlihat pitak. Selain itu, ketika dicabut dengan tangan, rambut tidak mudah lepas. Plus, ujung rambut tidak bercabang, kulit kepala tidak berketombe, rambut tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap yang biasanya itu timbul dari minyak dari kulit kepala.

Adakah cara untuk memiliki rambut idaman seperti itu? Dokter Catherine memaparkan pastikan keramas menggunakan produk yang tepat. “Kalau berminyak ya, harus gunakan sampo khusus berminyak. karena biasanya sampo khusus berminyak tidak mengandung oil,” sarannya.

“Kalau rambut kering ya, pakai produk untuk rambut kering karena justru mengandung banyak oil di dalamnya. Terus jangan terlalu menggunakan alat-alat yang terlalu panas ke rambut seperti hair dryer dan catok setiap hari,” sarannya. “Usahakan rambut selalu tergerai, mungkin dikuncir atau diikat beberapa saat. Tapi, jangan sampai sepanjang hari, jadi biarkan ada waktu-waktu tertentu untuk tergerai,” dia menganjurkan.

Hal Penting Lain yang Harus Kamu Ketahui

rambut lepek
Foto: www.shutterstock.com

Mengucir rambut bisa menyebabkan rambut berminyak: mitos atau fakta?

Dengan tegas, Dokter Catherine mengatakan menguncir tidak berpengaruh pada keluarnya kelenjar minyak. Di sisi lain, dirinya mengingatkan bahwa terlalu sering mengucir rambut akan menyebabkan akar rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

Hair styling penyebab rambut lepek: mitos atau fakta?

Menurutnya, menggunakan hair styling tidak menyebabkan rambut berminyak. “Jadi sebenarnya hair dryer, catok itu bukan penyebab rambut berminyak. Justru akan menyebabkan rambut kering karena keratin rambut akan rusak ketika kena panas lebih dari 100 derajat,” ujarnya.

Pemiliki kulit berminyak juga memiliki rambut berminyak: mitos atau fakta?

“Jadi, apabila kita lahir dengan kelenjar minyak yang besar, otomatis semua kelenjar minyak di tubuh kita besar. Kelenjar minyak yang besar akan menampung minyak yang banyak di dalam kulit wajah, ataupun di kepala. Jadinya, kulit terlihat lebih berminyak, kulit kepala pun semakin berminyak,” ungkapnya.

Setelah berhasil memecahkan misteri penyebab rambut lepek, cobain masker rambut terbaik ini yang akan membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Dan ini panduan mengatasi rambut kering dan kusam di rumah.