Ingin Smoothing Rambut? Ketahui Tips Penting Ini Dulu

smoothing rambut
Foto: www.rawpixel.com

Memiliki rambut lurus nan indah, menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang. Sehingga teknik meluruskan rambut yang ditawarkan salon pun masih banyak digemari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah smoothing rambut.

Namun, tidak jarang beberapa individu justru tidak mengetahui perbedaan smoothing dan rebonding. Meski sama-sama termasuk ke dalam jenis perawatan yang menggunakan bahan kimia kuat, namun kedua teknik ini berbeda. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui serba-serbi smoothing rambut dan perbedaannya dengan rebonding.

Perbedaan Rebonding dan Smoothing Rambut

smoothing rambut
Foto: www.unsplash.com

Terdapat beberapa perbedaan anatara kedua teknik meluruskan rambut ini, yakni:

Rambut lurus yang dihasilkan

Walaupun keduanya dilakukan dengan penggunaan bahan kimia yang kuat, namun rambut lurus yang dihasilkan dari proses smoothing akan terasa lebih halus dan lembut, sehingga seperti memiliki rambut lurus alami. Sedangkan rambut lurus hasil dari rebonding cenderung bertekstur lebih kaku dan tegak.

Ketahanan rambut

Meski memiliki hasil rambut yang terlihat lebih natural, namun hasil rambut smoothing tidak dapat bertahan lama. Dalam waktu 4-5 bulan, biasanya rambut akan kembali ke bentuk semula. Sementara hasil rambut rebonding akan lebih tahan lama, bahkan cenderung permanen.

Teknik dan bahan

Teknik yang digunakan ketika memilih proses rebonding adalah dengan membuat obat meresap pada kutikula rambut yang kemudian dapat mengubah stuktur alami rambut, sehingga menjadi lurus namun sedikit kaku.

Sementara proses smoothing dengan menggunakan obat yang mengandung protein yang biasa disebut dengan keratin, yang dapat mengubah stuktur alami rambut dan membuatnya menjadi lebih halus dan lurus secara natural.

Lama waktu

Untuk menghasilkan rambut lurus yang alami, biasanya smoothing menggunakan obat kimia yang lebih ringan. Sehingga memerlukan proses yang lebih lama dan akan menghabiskan waktu sekitar 3,5 jam di salon.

Baca Juga :  Inspirasi 2021: 16 Pilihan Warna Rambut untuk Kamu yang Berkulit Hitam Manis

Sementara untuk proses rebonding, tentu akan dilakukan dengan lebih cepat sekitar 2-3 jam. Namun teknik ini menggunakan bahan kimia yang lebih kuat sehingga akan menimbulkan risiko rambut yang rusak.

Jenis rambut

Untukmu yang memiliki rambut yang keriting dan tebal, maka lebih disarankan untuk melakukan proses perawatan rebonding.

Namun, apabila rambutmu cenderung halus dan bergelombang, cobalah untuk memilih teknik smoothing. Ketika kamu memilih teknik yang satu ini, tentunya dapat mengurangi efek bahan kimia yang bisa merusak rambut.

Tips Persiapan Rambut Sebelum Smoothing

Foto: www.unsplash.com

Berikut beberapa tips sebelum melakukan smoothing.

Persiapkan rambut

Sebelum melakukan teknik meluruskan rambut yang satu ini, sebaiknya beri jeda antara jadwal smoothing dengan jadwal keramasmu. Pastikan jangan mencuci rambut satu hari sebelum meluruskan rambut, karena minyak alami rambut akan melindungi kulit kepala dari kerasnya obat kimia yang digunakan.

Pilihlah salon yang terpercaya

Meski menawarkan harga yang murah, jangan sampai kamu melakukan smoothing di sembarang salon. Pastikan memilih salon yang terpercaya agar rambutmu tetap sehat dan tidak rusak.

Memilih smoothing keratin

Demi mempertahankan kesehatan rambut, ada baiknya kamu memilih smoothing keratin yang dapat melindungi batang ramut dari paparan kimia dan sinar matahari. Zat keratin yang digunakan dalam teknik ini akan membuat rambut akan tetap sehat dan berkilau.

Mencermati bahan yang digunakan

Sebelum melakukan teknik meluruskan rambut, pastikan kamu menanyakan terkait bahan smoothing yang digunakan. Untuk itu, jangan ragu bertanya kepada penata rambut tentang karakteristik bahan dan tingkat keamanannya.

Membatasi intensitas smoothing

Ada baiknya kamu membatasi intensitas smoothing maksimal setiap enam bulan sekali. Karena, jika terlalu sering maka rentan menyebabkan kerusakan rambut. Disarankan untuk memberi jeda waktu yang cukup agar rambut bisa beradaptasi dengan bahan-bahan yang digunakan dalam proses meluruskan rambut.

Baca Juga :  Ingin Rambut Terlihat Bervolume? Cobalah 5 Jenis Hair Extension Ini

Perawatan Rambut Setelah Smoothing

smoothing rambut
Foto: www.freepik.com

Setelah melakukan smoothing, tentu saja hal yang perlu kamu lakukan adalah merawat rambut agar tetap sehat dan tahan lama.

Jangan langsung keramas

Setelah meluruskan rambut, usahakan untuk tidak langsung keramas. Tunggulah minimal tiga hari supaya manfaat bahan smoothing benar-benar meresap dan lebih tahan lama. Karena dalam waktu tiga hari, rambutmu akan beradaptasi dengan bahan smoothing rambut.

Mencuci rambut dengan air dingin

Air hangat akan mengganggu khasiat bahan pelurus yang digunakan dalam proses smoothing. Untuk itu disarankan agar mencuci rambut dengan menggunakan air dingin demi mempertahankan bentuk rambut.

Gunakan produk perawatan rambut khusus

Pastikan kamu menggunakan produk perawatan rambut, mulai dari sampo dan kondisioner yang efektif untuk merawat rambut pasca-smoothing. Hal ini akan membuat rambut akan terlihat sehat, berkilau, dan tahan terhadap paparan bahan kimia.

Selain itu, gunakan serum dan vitamin rambut setelah meluruskan rambut tentu penting untuk dilakukan. Produk ini dapat menjaga kelembapan alami dan memberikan nutrisi bagi rambut.

Hindari mewarnai rambut

Setelah meluruskan rambut, sebaiknya hindari proses pewarnaan rambut. Karena hal tersebut akan membuat rambutmu kembali terpapar bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut lebih parah, mulai dari rambut kering, rapuh, kusam, dan rontok.

Melindungi rambut dari paparan sinar matahari

Gunakan serum atau vitamin yang mengandung SPF untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan topi, hoodie, atau payung untuk melindungi rambut. Tentunya hal ini bertujuan untuk membuat hasil smoothing menjadi tahan lama.

Produk Rekomendasi Perawatan Rambut

Berikut rekomendasi produk perawatan rambut

The Body Shop Fuji Green Tea Hair Scrub

L’Oreal Paris Total Repair 5 Mask Hair Care

Masker rambut ini diformulasikan dengan double action yang dapat membantu memperbaiki batang rambut dari dalam dan melindungi batang rambut dari luar. Berkat kandungan pro-keratin dan ceramide, menjadikan produk ini dapat melawan lima tanda kerusakan, mulai dari patah, kering, kusam, rapuh, dan bercabang.

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Mencampurkan ekstrak minyak argan, lidah buaya, alpukat, dan tamarind, menjadikan produk ini dapat mencegah kerusakan dan kerontokan dengan efektif. Selain itu, Sensatia Botanicals juga menjamin bahwa masker ini bisa merawat kulit kepala berminyak dan merangsang pertumbuhan rambut.

Kérastase Résistance Serum Extentioniste

Serum ini dapat membantu melindungi kulit kepala dari kerusakan. Untuk memberi kekuatan pada helaian rambut, cukup teteskan dan pijat dengan lembut kulit kepalamu. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka cobalah gunakan serangkaian dari Kérastase Résistance.

Moroccanoil Treatment Original

Perawatan rambut multifungsi ini diformulasikan dengan minyak argan yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Rambut kering dan kusut pun akan teratasi dengan baik ketika mengenakan produk ini.