Ternyata, Makanan Ini Bisa Mengganggu Hormon

Foto: www.canva.com

Ah, siapa sih, yang tidak suka buah (jawabannya: banyak)! Meski begitu, kayaknya kita semua setuju bahwa buah adalah salah satu unsur penting dalam pola makan sehat. Eits… tapi sebuah pernyataan cukup mengejutkan datang dari seorang ahli kesehatan bernama Amy Shah, MD. Menulis di MindBodyGreen, dokter ini mengatakan bahwa ada baiknya untuk mempertimbangkan lagi mengonsumsi smoothie di pagi hari. Wadaw!

“Saya tahu ini sebuah pernyataan yang kontroversial. Buah adalah produk natural, dan dipenuhi dengan phytonutrients dan antioksidan—saya tahu itu,” katanya, tapi, “satu jenis makanan yang sehat buat seseorang belum tentu sehat untuk orang lain—karena alasan inilah, saya mencoba untuk tidak pernah melabeli satu makanan jahat dan satu makanan baik.”

Lebih lanjut, menurutnya buah-buahan yang mengandung kadar gula tingkat bisa membuat insulin melonjak, yang dapat mempengaruhi level hormon kortisol dan estrogen. “Tubuh kita merespon buah dengan sangat cepat—terutama jika dalam bentuk jus, misalnya. Ketika insulin melonjak, tubuh dengan cepat menyerap gula dan menyimpannya. Akan tetapi jika terlalu banyak lonjakan dan terjadi secara kronis, maka akan terjadi resistensi insulin dan meningkatkan level kortisol dan estrogen,” jelasnya.

Aw! Eh, tapi itu bukan berarti kita berhenti mengonsumsi, lho. Banyak ahli setuju bahwa buah adalah salah satu hal super penting dari pola makan yang sehat. Akan tetapi jika kamu jadi khawatir meminum smoothie terutama di pagi hari, Amy menyarankan untuk “menambahkan lebih banyak sayuran hijau dan sedikit buah agar rasanya tetap enak.”

Jadi, bagaimana menurutmu? Smoothie apa yang akan buat besok pagi? Nah, jika tadi tentang buah, menurut para ahli ini adalah jenis sayuran yang paling tidak sehat.

podcast button