Tanya Ahli: Bagaimana Cara Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil?

skincare yang aman untuk ibu hamil
Foto: www.freepik.com

Perawatan wajah atau skincare adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari rutinitas sehari-hari. Dengan melakukan perawatan wajah dengan tepat maka kulit akan terawat dan menjadi lebih sehat. Namun, bagaimana dengan ibu hamil? Sebagian ibu hamil justru tidak menggunakan produk perawatan wajah karena khawatir akan berdampak pada kandungannya. Apakah produk kecantikan berbahaya dipakai ibu hamil? Bagaimana cara memilih skincare yang aman untuk ibu hamil?

Untuk mengetahui jawabannya, kamu dapat menyimak penjelasan dari dr. Corry Khathreen, Sp.KK, dokter spesialis kulit dari Maharis Clinic, yang akan menerangkan pentingnya perawatan wajah dan memilih skincare yang aman untuk ibu hamil. 

Apa Itu Skincare?

Foto: www.pexels.com

Menurut Dokter Khathreen, skincare merupakan serangkaian perawatan kulit yang bertujuan untuk membuat kondisi kulit tetap berada dalam keadaan sehat, lebih baik, dan dapat meningkatkan penampilan. 

“Perawatan wajah penting untuk dilakukan, karena semakin bertambahnya usia seseorang maka metabolisme tubuh kita juga pasti akan menurun sehingga proses aging yang mulai berlangsung. Itu yang disebut proses aging dipengaruhi oleh faktor dari dalam atau faktor internal,” jelasnya.

Tak hanya itu, Dokter Khathreen juga menjelaskan bahwa selain proses aging, faktor lainnya juga berasal dari eksternal seperti dampak radikal bebas pada kulit. Hal ini disebabkan oleh pemaparan sinar matahari yang secara terus-menerus dan kronis, sehingga menimbulkan masalah kulit seperti flek, jerawat, serta kutil pada kulit. 

“Oleh karena itu sangat diperlukan yang namanya perawatan pada kulit untuk menjaga integritas kulit tetap berada dalam keadaan baik dan sehat. Misalnya dengan menggunakan tabir surya,” ujarnya.

Baca Juga :  Apa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Keguguran?

Perawatan wajah perlu dilakukan oleh semua orang, baik tua maupun muda, karena tidak ada ketentuan usia untuk melakukan perawatan wajah. Namun Dokter Khathreen mengingatkan bahwa perawatan wajah yang akan dilakukan perlu menyesuaikan dengan jenis kulit dan masalah yang ada pada kulit wajah masing-masing individu.

Apakah Boleh Melakukan Perawatan Wajah Ketika Hamil?

skincare yang aman untuk ibu hamil
Foto: www.freepik.com

“Ketika sedang hamil tidak dilarang menggunakan skincare. Hanya saja harus disesuaikan dengan kondisinya, misalnya ibu hamil menggunakan skincare yang memiliki kandungan bahan-bahan yang aman buat ibu hamil dan si bayi,” ungkapnya.

Perubahan hormon yang terjadi ketika dalam kondisi hamil akan menyebabkan timbulnya masalah-masalah pada kulit. Sehingga sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan wajah ketika dalam keadaan hamil. Selain itu, ibu hamil juga dapat menggunakan seluruh rangkaian produk perawatan wajah, asalkan sesuai dengan masalah serta kondisi kulit. 

“Apabila misalnya si ibu hamil berjerawat, kita obati dengan bahan yang aman untuk ibu hamil. Apabila memang tidak ada masalah pada kulit ibu hamil, maka dapat menggunakan tabir surya dan pelembap saja sudah cukup,” terangnya.

Bagaimana Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil?

Foto: www.rawpixel.com

Untuk memilih skincare yang aman bagi ibu hamil yakni dengan cara melihat bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan wajah dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit yang dimiliki oleh sang ibu. Namun terdapat beberapa bahan-bahan yang harus dihindari ketika menggunakan perawatan wajah saat masa kehamilan.

“Salah satunya adalah vitamin A dan turunannya seperti retinoid, tretinoin, dan adapalen, serta penggunaan salicylic acid dosis tinggi dan glycolic acid dalam dosis tinggi. Karena ada beberapa literatur penelitian yang mengatakan bahwa penggunaan bahan-bahan tersebut dapat membawa dampak buruk bagi bayi,” tuturnya.

Baca Juga :  Tanya Dermatolog: Bagaimana Cara Menghilangkan Minyak di Wajah?

Dokter Khathreen juga menambahkan bahwa hal tersebut masih dalam penelitian lebih lanjut. Untuk itu penggunaan produk perawatan wajah yang digunakan ketika hamil perlu dalam pengawasan dokter kulit.

Selanjutnya: Panduan Lengkap Perawatan Anti-Aging.