Panduan Lengkap Skincare Routine Malam Yang Wajib Diterapkan

skincare routine malam
Foto: www.canva.com

Selain pagi hari, penggunaan skincare routine malam juga harus dilakukan. Sebab ini dapat memberikan manfaat baik bagi kulit, apalagi jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat.

Untuk mengetahui bagaimana skincare routine malam yang perlu diaplikasikan, simak artikel ini sampai habis. Karena dr. Rachel Marsella Rahardjo., SpDV, seorang dokter spesialis dermatologi dan venereology dari Bekasi Skin Centre, Primaya Hospital Bekasi Utara, dan Eka Hospital Bekasi.

Apa Itu Skincare?

skincare routine malam
Foto: www.pexels.com

Dokter Rachel menyampaikan bahwa skincare adalah suatu rangkaian perawatan kulit yang digunakan secara rutin untuk meningkatkan penampilan dan fungsi kulit. “Penggunaan skincare bertujuan agar kulit, terutama kulit wajah bisa tetap terjaga kesehatannya,” ujarnya.

“Kulit wajah yang sehat memiliki warna kulit yang merata, segar, dan bercahaya. Selain itu teksturnya juga kenyal, halus, lembut, dan tidak memiliki masalah kulit seperti ruam merah, komedo, atau flek,” tambahnya.

Selain itu, skincare juga berfungsi untuk mengobati berbagai masalah kulit yang dialami. Seperti jerawat, bekas jerawat, bintik hitam, atau keriput.

Adakah Perbedaan antara Skincare Routine Malam dan Pagi?

Foto: www.xframe.io

Menurut Dokter Rachel, skincare biasanya diaplikasikan pada pagi dan sore hari. Prinsip dasar dalam penggunaan produk perawatan wajah terbagi dalam beberapa bagian, yakni:

  • Membersihkan (cleansing)
  • Eksfoliasi
  • Melembapkan (moisturizing)
  • Mengoleskan tabir surya (protection and prevention)
  • Correction

Spesialis Dermatologi dan Venereologi ini juga mengungkapkan bahwa sebelum melakukan perawatan kulit, sebaiknya ditentukan terlebih dahulu jenis dan masalah yang ada pada kulit.

“Secara umum, jenis kulit dibagi menjadi kulit normal, kering, dan berminyak. Hal ini penting untuk menentukan produk perawatan wajah apa saja yang harus dipakai,” jelasnya.

Bagaimana Skincare Routine Malam dan Pagi?

skincare routine malam
Foto: www.pexels.com

Untuk penggunaan skincare, terdapat beberapa tahapan yang bisa dilakukan yakni:

Membersihkan wajah

“Pemakaian skincare dimulai dengan membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit,” saran Dokter Rachel.

Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan sisa krim yang digunakan pada malam hari. Serta membersihkan kotoran, debu, keringat setelah beraktivitas, dan menghapus riasan yang digunakan.

Lakukan eksfoliasi

Setelah wajah bersih, maka selanjutnya dapat dilakukan tahapan eksfoliasi. Gunakan produk berbentuk cairan yang mengandung acid atau scrub.

“Tahapan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah dapat terlihat lebih bersih dan cerah. Perawatan ini juga bisa mengoptimalkan kerja dari bahan aktif yang terkandung dalam produk skincare yang digunakan sehari-hari, agar nantinya bisa meresap dengan baik ke dalam lapisan kulit,” terangnya.

Baca Juga :  Bocoran Cara Pakai Aloevera Yang Tepat dari Dokter Kulit

Mengoleskan pelembap

Langkah berikutnya adalah mengoleskan moisturizer atau pelembap pada seluruh kulit wajah. “Fungsinya adalah untuk melembapkan, menghaluskan, dan menutrisi kulit,” ungkap Dokter Rachel.

Sebab, kulit yang terhidrasi dengan baik akan memiliki perlindungan yang optimal terhadap polusi atau bahan kimia.

Gunakan tabir surya

Tahap terakhir dari pemakaian produk perawatan wajah di pagi hari adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya.

“Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Oleskan pada 30 menit sebelum keluar rumah dan ulangi penggunannya setiap dua jam atau setelah berkeringat,” katanya.

Tabir surya ini akan bermanfaat untuk mencegah sunburn, menurunkan risiko terkena kanker kulit, dan membantu mencegah penuaan kulit.

Gunakan krim malam

Sementara pada skincare routine malam, tahap terakhir adalah menggunakan krim dan serum. “Produk ini bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, serta memberikan fungsi anti-aging pada kulit wajah,” katanya.

Bagaimana Cara Memilih Produk Skincare Routine Malam?

skincare routine malam
Foto: www.canva.com

Dalam pemilihan bahan aktif pada produk skincare routine malam hari, sangat perlu untuk diperhatikan kondisi dan keluhan kulit. Seperti jerawat, noda hitam, atau keriput.

“Bahan aktif dalam serum seperti hyaluronic acid dapat berfungsi untuk melembapkan wajah. Sedangkan alpha arbutin dan vitamin C dapat mencerahkan wajah. Dan retinol untuk mencegah penuaan dini,” paparnya.

Sedangkan contoh bahan aktif krim malam seperti retinoid, peptide, serta hidrokuinon, yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit wajah.

“Serta meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit, sehingga kulit pun akan lebih lembap, elastis, dan noda hitam akan tersamarkan dengan baik,” lanjutnya.

Selain itu, terdapat hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk perawatan wajah malam hari.

“Perhatikan bahwa bahan aktif tersebut dapat meningkatkan sensitivitas kulit atau tidak, sehingga sangat wajib untuk mengoleskan tabir surya di pagi harinya, terutama jika beraktivitas di luar ruangan,” sarannya.

Bahan Apa Saja yang Harus Dihindari Ketika Memilih Skincare?

Foto: www.canva.com

Dokter Rachel mengingatkan bahwa produk-produk perawatan wajah yang memiliki kandungan retinoid dan hidrokuinon, sering kali menyebabkan berbagai macam efek samping.

“Seperti kulit kering, merah, pelebaran pembuluh darah, dan warna kulit yang berubah menjadi biru kehitaman (ochronosis),” katanya.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan krim dengan kandungan bahan aktif tersebut, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Menjaga Kesehatan Kulit?

Foto: www.freepik.com

Selain penggunaan produk perawatan wajah, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Di antaranya adalah:

  • Menerapkan pola makan dengan gizi seimbang
  • Tidak merokok dan mengonsumsi alkohol
  • Minum air putih yang cukup
  • Berolahraga secara teratur
  • Tidur cukup

Kesimpulan

Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, rangkaian perawatan kulit merupakan hal yang perlu dilakukan. Sebab ini dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan meningkatkan penampilan.

Baca Juga :  Ini Panduan Lengkap Memilih dan Memakai Serum dari Dua Ahli Kulit

Sangat penting untuk mengetahui jenis dan masalah yang dialami pada kulit. Hal ini dapat membantumu untuk menentukan produk perawatan wajah apa yang harus digunakan.

Untuk rangkaian produk perawatan yang dilakukan pada pagi dan malam hari sebetulnya sama, yakni terdiri dari pembersihan, eksfoliasi, dan pelembap. Tetapi pada langkah terakhir di pagi hari, kamu perlu menambahkan tabir surya.

Sedangkan langkah terakhir di malam hari, wajib ditambahkan krim dan serum. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, sekaligus memberikan anti-penuaan pada kulit.